Saturday , July 4 2020
Home / Indeks Berita / Program Kotaku di 364 Kelurahan Senilai Rp 10, 22 triliun Dimaksimalkan

Program Kotaku di 364 Kelurahan Senilai Rp 10, 22 triliun Dimaksimalkan

 

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku)

NASIONAL – Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo terkait percepatan Program Padat Karya Tunai (PKT) yang bertujuan untuk mempertahankan daya beli masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi akibat Pandemi COVID-19.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  menyiapkan Program PKT/cash for work) tahun 2020 dengan anggaran sebesar Rp 10, 22 triliun yang tersebar di 34 Provinsi.

BACA JUGA :   Setia Luncurkan UNO Di Kota Melbourne

Salah satu program PKT yang dilaksanakan melalui Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR bersinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan Kelompok Masyarakat adalah melakukan perbaikan kualitas kawasan permukiman kumuh di perkotaan melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Di tengah kondisi pandemi virus COVID-19, program Kotaku dioptimalkan untuk mencegah penyebaran virus tersebut hingga tingkat RW dan RT.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Program Kotaku merupakan wujud kolaborasi antara Kementerian PUPR dan Pemda dalam mendorong dan memberdayakan masyarakat, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya. “Setiap tahapan pelaksanaan Program Padat Karya dilakukan sesuai dengan Protokol COVID-19, seperti menjaga jarak fisik, menggunakan masker, dan menghindari kerumunan,” kata Menteri Basuki.

BACA JUGA :   Alumni FEB Universitas Pancasila Gelar PIC WEEK

Program Kotaku pada tahun 2020 dilaksanakan tersebar di 364 kelurahan seluruh Indonesia dengan anggaran Rp 382 miliar. Program Kotaku merupakan pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat untuk mendukung program 100-0-100 yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

Sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19, program Kotaku disamping menjalankan program reguler seperti perbaikan saluran drainase, perbaikan jalan lingkungan, pembangunan septic tank biofil komunal, juga dilaksanakan kegiatan pembagian masker, penyediaan alat cuci tangan, penyemprotan disinfektan, dan pembagian sembako.

BACA JUGA :   Metropolitan Mall Cileungsi Mulai Beroperasi

Di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah telah dilaksanakan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan dan pembagian tempat serta alat pencuci tangan di wilayah Kelurahan Bangke yang mencakup rumah warga, kantor Kelurahan, sekolah dan tempat ibadah dan penyediaan tempat cuci tangan di 80 titik se-wilayah Kelurahan Bangkle.

Penyemprotan cairan disinfektan lewat program Kotaku juga dilaksanakan di wilayah Kelurahan Cepu, Kabupaten Blora yang diikuti dengan pembagian masker kepada warga di Kelurahan Tempelan,  Kabupaten Blora.

BACA JUGA :   Gerakan Peduli Rumah untuk rakyat

Kegiatan serupa berupa penyerahan santunan kepada dhuafa dan pembagian masker juga dilaksanakan oleh tim Kotaku di Yogyakarta dan sekitarnya termasuk di Kabupaten Kulon Progo, Sleman, dan Bantul. Penyerahan bantuan lewat program Kotaku juga telah dilakukan melalui pengadaan 100 Alat Cuci tangan kerja sama dengan UPK serta BKM Desa Jabaran Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur dan penyerahan bantuan alat deteksi suhu, masker, dan sarung tangan kepada Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Selanjutnya di Sulawesi, kegiatan serupa juga telah dilakukan di Sulawesi Utara yakni di Kota Tomohon dan bekerja sama dengan LKM Mawar Kelurahan Taas, Kota Manado untuk melakukan pencegahan Covid-19 di Kelurahan Taas. Sementara di Provinsi Sulawesi Selatan dilakukan gerakan sosial pembagian sembako warga terdampak Covid-19 KPP Kelurahan Katangka, Kabupaten Gowa dan di Kelurahan Gunung Sarai Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Di Provinsi Sulawesi Selatan, kegiatan serupa juga telah dilaksanakan di sejumlah kelurahan di Kota Palu.

BACA JUGA :   Conwood Gandeng Arsitek Tampilkan Desain Yang Beda di ARCH:ID

Di Provinsi Kalimantan Timur, pelaksanaan program Kotaku yang telah dilaksanakan untuk mencegah penyebaran COVID-19 yakni penyemprotan disinfektan di Kota Samarinda serta penyerahan sembako sebanyak 205 paket di Kota Samarinda dan Kelurahan Muara Rapak Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Check Also

CIMB Niaga Syariah

CIMB Niaga Syariah dan YPI Al-Azhar Sediakan Program Pembiayaan Edu Xtra

INFO PERBANKAN – Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 171

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link