Home / Breaking News / Rayakan Dies Natalis Ke-61 Secara Virtual, Untar Bangun Reputasi Internasional

Rayakan Dies Natalis Ke-61 Secara Virtual, Untar Bangun Reputasi Internasional

untar
Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan (tengah)

UMUM – Mengangkat tema “Membangun Reputasi Internasional : Untar untuk Indonesia”, Universitas Tarumanagara (Untar) merayakan ulang tahun ke-61 pada Kamis (1/10). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan kali ini diadakan melalui aplikasi media daring dan disiarkan di kanal Youtube. Perayaan ulang tahun atau Dies Natalis ke 61 tersebut, bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila, dan pembukaan Research Week 2020.

Meskipun diadakan melalui virtual, tidak mengurangi antusias Sivitas Akademika Untar, yang tetap menjaga semangat Integritas, Professionalisme, dan Entrepreneurship untuk terus berkarya serta terus menjadikan Pancasila sebagai nilai yang diimplementasikan dalam kegiatan pengajaran, pengabdian kepada masyarakat, penelitian, publikasi, dan  kegiatan-kegiatan lain.

BACA JUGA :   Kurangi Kemacetan, Pekerjaan Konstruksi Tol Pondok Aren – Serpong Dimulai

Ketua Umum HUT Untar Dr. Rasji, S.H., M.H, dalam laporannya mengatakan, pihaknya mengucapkan selamat dan mendoakan agar Untar  terus maju di tingkat Nasional maupun Internasional.  Rangkaian acara HUT ini, kata dia, meliputi kegiatan Research Week yang merupakan agenda tahunan  pemberian penghargaan kepada para dosen untuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, lomba  konten kreatif digital yang diikuti para mahasiswa, dosen, serta karyawan, dan akan diselenggarakan Pengukuhan Guru Besar Fakultas Hukum pada pertengahan Oktober nanti.

Ketua LPPM Universitas Tarumanagara Ir. Jap Tji Beng, MMSI., Ph.D., menambahkan, ditengah pandemi, Research Week 2020 terus dijalankan meskipun membutuhkan banyak penyesuaian yang perlu dilakukan dalam waktu singkat.

BACA JUGA :   BTN Eksekutor Terbesar Pembiayaan Perumahan

“Research Week 2020 tetap memiliki semangat dan antusiasme yang tinggi, hal ini terlihat dari jumlah karya yang masuk meningkat sekitar 80 persen dari tahun lalu. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terelenggaranya Research Week 2020,” kata Jap Tji Beng.

Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara yang diwakili oleh Sekretaris Pengurus Yayasan Tarumanagara Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H. mengatakan bahwa dalam menghadapi tantangan yang ada, Untar harus mampu beradaptasi dan melakukan perubahan-perubahan terhadap kemajuan zaman, “Pendidikan memerlukan kolaborasi dengan berbagai pihak (sinergi) seperti Universitas, Industri, Perusahaan, dan  lainnya untuk dapat tetap mengedepankan kualitas pendidikan.

“Saat ini mulai berkembang  penyelenggaraan pendidikan tanpa tatap muka dengan tenaga pengajar dari sekumpulan para profesor dunia.  Jadi tanpa memiliki gedung megah,  sebuah lembaga pendidikan tetap dapat menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas. Akhir kata kami ingin mengucapkan selamat dan sukses atas Dies Natalis ke-61 Universitas Tarumanagara,” ujar Dr. Ariawan.

BACA JUGA :   Adira Finance Perkenalkan Transaksi Aman Melalui Aplikasi Adiraku

Sementara itu, Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menegaskan, Sivitas Akademika Universitas Tarumanagara perlu menjalankan nilai Integritas, Professionalisme, Entrepreneurship, dan Budi Luhur dalam berbagai aspek kehidupan. Untar, sambung dia, terus meraih berbagai prestasi dan reputasi, baik nasional maupun internasional. Mahasiswa dan dosen telah berkolaborasi menghasilkan karya-karya terbaiknya, secara khusus bidang penelitian dan publikasi ilmiah. Capaian ini sangat mendukung tercapainya reputasi Untar saat ini.

“Oleh karenanya, Untar memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada penyumbang karya. Selamat ulang tahun kepada Universitas Tarumanagara, dan terus sukses untuk kita semua, menjadi perguruan tinggi yang karyanya dirasakan oleh masyarakat luas, sesuai dengan tagline: Untar untuk Indonesia,” sambut Rektor diikuti upacara pemotongan tumpeng.

Rektor berpesan agar Sivitas Akademika Untar dapat mengejawantahkan nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran di Untar. “Nilai-nilai luhur Pancasila diimplementasikan dalam berbagai kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Untar, dipadukan nilai-nilai Untar yaitu Integritas, Professionalisme dan Entrepreneurship yang berbudi luhur,” pungkas Rektor

BACA JUGA :   Di Tengah Pandemi, Pemakaman Islam Al Azhar Tambah Hewan Kurban

Selain memberikan hadiah kepada para pemenang lomba konten kreatif inovatif, dalam perayaan Dies Natalis ke-61 turut diberikan penghargaan Research Week dalam rangka meningkatkan kinerja para dosen dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kategori-kategori penghargaan antara lain:  terdiri dari kategori artikel jurnal terindeks bereputasi (Scopus, ISI Thomson/ Web of Science, EBSCO, DOAJ, Copernicus), kategori artikel jurnal terindeks SINTA penerbit Untar dan non-Untar, kategori Prosiding terindeks Scopus dan WOS, kategori penerima Hibah RISTEK-BRIN, kategori Hak Cipta, kategori desain industry dan merek dagang, kategori keynote/ invited speaker,  kategori Buku dan Book Chapter, dan kategori artikel di media bereputasi. Universitas Tarumanagara memberikan penghargaan kepada para dosen yang telah memberikan kontribusi berharga kepada Untar, dalam bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kekayaan intelektual, dan publikasi ilmiah.

Check Also

BSPS

Anggaran Program Bedah Rumah Di Kalbar TA 2021 Sebesar Rp 2,46 Triliun

PROPERTI – Program Padat Karya Tunai (PKT) TA 2021 mengalokasikan anggaran Rp 23,24 triliun, salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 178

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link