Tuesday , August 4 2020
Home / Indeks Berita / Sambut “World Youth Skills Day” AkzoNobel Latih 150 Anak Muda Hadapi New Normal

Sambut “World Youth Skills Day” AkzoNobel Latih 150 Anak Muda Hadapi New Normal

AkzoNobel Indonesia bersama SOS Children’s Villages, membantu generasi muda untuk dapat siap menghadapi fase New Normal

Sekitar Kita  : Pandemi COVID-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia saat ini mulai memasuki fase nee normal. Wabah covid-19 ini juga telah membawa situasi paling tragis. Selain menjaga kesehatan, dan keberlangsungan ekonomi, kaum generasi muda juga harus menyiapkan diri untuk dapat bertahan dari dampak ekonomi pandemi virus ini.

Generasi muda harus mendapatkan manfaat edukasi yang layak, baik finansial, kesempatan kerja, kesehatan serta kesejahteraan, apalagi  di usia mereka yang sedang tumbuh berkembang.

BACA JUGA :   Gandeng Aeon, Japanese Retail Facility Hadir Di Little Tokyo Jababeka

Menyambut Hari Ketrampilan Pemuda sedunia (World Youth Skills Day) yang diperingati setiap tahun pada 15 Juli, AkzoNobel Indonesia bersama SOS Children’s Villages, membantu generasi muda untuk dapat siap menghadapi fase New Normal, dengan mengadakan sesi mentoring secara virtual bertemakan “Ketangguhan Sikap dalam Menjalani ‘Kenormalan Baru’ pasca Covid-19”.

Untuk sesi pertama telah diadakan pada Juni 2020 lalu di Yogyakarta, dan sesi kedua diselenggarakan pada awal Juli di 9 lokasi SOS Children Village’s Indonesia (Jakarta, Yogyakarta, Flores, Lembang, Semarang, Bali, Medan, Meulaboh, dan Banda Aceh). Kegiatan ini melibatkan 9 komunitas, dengan peserta mencapai lebih dari 150 anak muda Indonesia.

BACA JUGA :   Melantai Di BEI, SATU Bidik Dana Hasil IPO Sebesar Rp 58,5 Miliar

“Kami memahami fase kenormalan baru, mau tidak mau turut mempengaruhi generasi muda. Paling berdampak adalah dalam memiliki keahlian dan kesulitan mendapatkan pekerjaan nantinya. Sebagai bagian dari pilar AkzoNobel ‘People, Planet, Paint’, menggandeng SOS Children’s Villages kami menyelenggarakan pelatihan untuk memberdayakan generasi muda agar siap menghadapi dinamika era kenormalan baru,” ujar  Indra Laban, Presiden Direktur PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia).

Menjadi bagian dari inisiatif “Let’s Colour” yang dinaungi oleh AkzoNobel Cares, kemitraan dengan SOS Children’s Villages membantu mengubah kehidupan anak-anak dan generasi muda di seluruh dunia dengan memanfaatkan edukasi dan pengembangan untuk memberikan dampak positif terhadap masalah pengangguran pada anak muda.

BACA JUGA :   Progres Proyek Point 8 Positif, 2017 Serah Terima

“Kami sangat senang berkolaborasi dengan AkzoNobel sebagai mitra yang peduli dengan kesejahteraan anak-anak serta generasi muda,” kata Gregor Hadi Nitihardjo, National Director SOS Children’s Villages Indonesia.

Saat ini, tambah Gregor,  kita semua menghadapi tantangan baru yaitu mempersiapkan generasi muda untuk memasuki era kenormalan baru setelah pandemi. SOS Children’s Villages selalu berkomitmen untuk memberikan bekal kepada anak-anak mencapai pribadi tangguh yang mampu berkontribusi di masyarakat. Para ahli dari AkzoNobel membantu kami dalam membangun semangat positif anak-anak saat sesi virtual mentoring, sekaligus melatih kemampuan, keterampilan dan pengalaman untuk mencapai ketangguhan sikap.”

World Skills Day” tahun ini tengah dihadapkan pada tantangan. Diperkirakan hampir 70% pelajar dunia di berbagai level edukasi terpapar akan kebijakan kurikulum sekolah yang saat ini tutup akibat krisis pandemi. Sebelum terjadi krisis ini, generasi muda usia 15-24 tahun 3 kali lebih mudah terpapar pangangguran daripada orang dewasa, dan sering ada pada periode transisi sekolah-kerja yang berkepanjangan.

BACA JUGA :   Peduli Penyandang Disabilitas PT Metropolitan Land Tbk, Bangun Ability Hub

Saat pandemi Covid-19 berakhir generasi muda diharapkan dapat berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi, sehingga perlu dibekali dengan keahlian yang mumpuni. “Melalui pembekalan ini generasi muda diharapkan lebih pandai dan tangguh dalam menghadapi tantangan yang dinamis di masa depan,”ujarnya dalam keterangan pers yang diterima redaksi (Selasa/14/07/2020).

Di Indonesia, kemitraan ini telah sukses diimplementasikan dan dari tahun ke tahun telah menginspirasi dan memberdayakan generasi muda di Indonesia untuk fokus pada target dan membantu mereka mencapainya dengan memberikan pembekalan sebelum memasuki dunia kerja. AkzoNobel memberikan pelatihan dan pengalaman kerja melalui painter academies, sekaligus mengembangkan keahlian profesional serta individual. Pelatihan ini membantu peserta agar nantinya mampu mendapatkan pekerjaan yang baik dan mengubah kehidupan menjadi lebih positif.

BACA JUGA :   Kartika Residence Hunian Dengan Kemudahan Akses dan Fasilitas

Vandy Makki, sebagai fasilitator utama sesi online dan juga selaku AkzoNobel HR Director Indonesia & Papua New Guinea menyampaikan, “AkzoNobel Indonesia terus mengembangkan berbagai cara baru dalam berkomunikasi dan memberdayakan anak muda sehingga program ini dapat terus berlangsung. Merespon pandemi yang terjadi dan bagaimana ini membawa kita semua memasuki era kenormalan baru, kami mencoba untuk menyajikan sesi mentoring online untuk anak muda di seluruh Indonesia. Dalam sesi ini kami membekali mereka dengan kemampuan mengenai dunia bisnis, cara untuk beradaptasi dan berani menghadapi kegagalan.”

Sehubungan dengan kemitraan ini, AkzoNobel Indonesia telah menyelenggarakan beberapa pelatihan keterampilan (soft-skills) untuk generasi muda pada tahun 2019. Dengan pengawasan ketat dari para pembimbing dan fasilitator oleh SOS Children’s Villages, pada Februari awal tahun ini, telah diselenggarakan sesi untuk mengkomunikasikan sembilan kompetensi yang dibutuhkan agar menjadi karyawan yang lebih baik seperti, inisiatif, fleksibilitas, kerjasama tim, keinginan untuk belajar, kejujuran, cara berkomunikasi dengan baik, ketahanan, pengelolaan diri sendiri, dan pembawaan diri.

BACA JUGA :   Ini Dia, 61 Peraih IPBA Ke XII Tahun 2017

“Kami percaya dengan pembaruan kemitraan hingga Oktober 2020 di Indonesia, komunikasi yang lebih intens diperlukan untuk memberdayakan generasi muda melalui program ini. Dengan menerapkan sesi virtual, kami percaya kemitraan ini bisa semakin efisien sekaligus menjangkau masyarakat dan area yang lebih luas lagi,” tambah Vandy Makki.

 

Check Also

sholat ied

Kementerian PUPR Salurkan 95 Hewan Kurban ke 12 Provinsi

SEKITAR KITA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali menyalurkan hewan kurban berupa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 172

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link