Terdampak Proyek Sirkuit MotoGP Mandalika, Warga Dapat Rusus

Rusus dibangun sebanyak 120 unit di lokasi baru

0
Progres pembangunan sirkuit Mandalika, NTB

PROPERTI – Sebanyak 120 unit rumah khusus dibangun Kementerian PUPR, guna merelokasi hunian masyarakat Kampung Ujung Desa Kuta yang terdampak pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika di Nusa Tenggara Barat. Rusus tipe 36 tersebut dibangun dengan struktur Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) di lahan baru seluas dua hektar di Ngolang Desa Kuta dan sejumlah fasilitas pendukung.

Direktur Rumah Khusus Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Yusniewati menjelaskan, relokasi warga ini laksanakan dengan pembangunan rumah khusus untuk 120 kepala keluarga. Pembangunan Rusus dilaksanakan secara multiyears hingga tahun 2022 mendatang. Saat ini, pihaknya sudah melakukan relokasi sementara warga ke kampung yang tidak jauh dari tempat tinggal mereka sebelumnya.

“Jarak lokasi lahan baru tersebut, kami siapkan di Ngolang Desa Kuta sekitar empat kilometer dari kampung sebelumnya. Untuk memberikan kenyamanan warga, kami sudah siapkan lahan seluas dua hektar dengan fasilitas penunjang seperti taman bermain, tempat ibadah dan saluran air bersih,” jelas Yusniewati.

Dikatakan Yusniewati , konsep rumah khusus relokasi warga ini adalah rumah tumbuh. Kementerian PUPR telah mendesain rumah relokasi dengan struktur Risha tipe 36. “Jadi, Rusus yang akan kami siapkan ini adalah dengan struktur Risha tipe 36. Yang pasti, setiap unit rumah memiliki dua kamar, ruang keluarga, toilet dan dapur serta ruang rumah tumbuh. Kami berharap tahun depan seluruh Rusus ini bisa selesai dibangun,” tandasnya.

Hal tersebut disampaikan Yusniewati saat mendampingi Kunjungan Kerja Reses Komisi V DPR RI ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (11/10) lalu. Dalam kegiatan tersebut, juga hadir Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Nusa Tenggara I Ditjen Perumahan Rini Dyah Mawarty.

Sebagaimana diketahui, Sirkuit Jalan Raya Internasional Mandalika adalah sirkuit balap yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4,31 km dengan 17 tikungan. Sirkuit ini masuk dalam agenda atau kalender MotoGp 2022.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 181

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link