Wednesday , January 27 2021
Home / Breaking News / Tingkatkan Performa Layanan Elektronik, PPDPP Siapkan Sistem e-FLPP 2.0

Tingkatkan Performa Layanan Elektronik, PPDPP Siapkan Sistem e-FLPP 2.0

Rapat Koordinasi Invonasi Teknologi Informasi PPDPP

PEMBIAYAAN – Dengan menerapkan protokol kesehatan untuk menanggulangi penyebaran COVID-19, PPDPP menggelar Rapat Koordinasi Inovasi Teknologi Informasi PPDPP, tanggal 25 – 26 November 2020 di Hotel Intercontinental Bandung dengan menyertakan 42 bank pelaksana penyalur KPR FLPP Tahun 2020.

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah dalam rangka mempersiapkan Sistem e-FLPP 2.0 yang akan segera dioperasikan. Sistem e-FLPP merupakan fasilitas layanan yang diterapkan oleh PPDPP dalam melaksanakan proses bisnis penyaluran FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) kepada bank pelaksana secara elektronik.

BACA JUGA :   Megapolitan Gelar Penarikan Undian Bagi Pembeli

Sistem ini pertama kali diluncurkan oleh Menteri PUPR pada tahun 2016, dan pernah memperoleh penghargaan Top 99 SINOVIK (Sistem Inovasi Pelayanan Publik) Tahun 2018 yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (PANRB). Melalui Sistem e-FLPP maka proses pengujian dan pencairan dana FLPP bagi calon debitur yang diajukan oleh bank pelaksana dapat dilakukan secara elektronik dan otomatis, sehingga dipastikan cepat, tepat, dan akurat.

Pada pengembangan sistem e-FLPP 2.0 sebagai versi terbarunya, PPDPP meningkatkan performa layanannya dengan menyediakan kebutuhan dokumen yang diperlukan bank pelaksana dapat dibuat secara otomatis oleh sistem, sehingga bank pelaksana tidak perlu lagi mengunggah dokumen yang dipersyaratkan.

BACA JUGA :   Dukung Program Sejuta Rumah, BNI Turut Salurkan KPR FLPP Di 2018

Adapun fitur dan layanan yang tersedia secara otomatis oleh sistem antara lain Pemilihan ID DKS dan ID Debitur terkoneksi dari Sistem Host to Host Pengujian dan mendukung Multi DKS; Dokumen digital surat permintaan pembayaran dan rekapitulasi debitur; Dokumen Digital lembar hasil pengujian; Dokumen Digital pembayaran dana FLPP; Nomor Surat Dokumen Digital; Tanda tangan digital; Dashboard kuota, target dan realisasi FLPP; Dashboard ketersediaan dana FLPP per bulan dan Tahun Berjalan. Sehingga dapat dipastikan layanan penyaluran FLPP dapat menuju 1 hari kerja.

Selain itu, dalam melakukan pengesahan dokumen, sistem e-FLPP 2.0 telah menerapkan tandatangan elektronik yang dapat diakses melalui smartphone. Direktur Operasi PPDPP,  Martanto Boedi Joewono, dalam laporan kegiatannya menyampaikan bahwa keamanan tanda tangan elektronik yang diterapkan tersebut telah bekerjasama dengan Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara, yang merupakan standar keamanan tertinggi di Indonesia. “Tanda tangan elektronik merupakan isu  yang menarik, apabila ada pihak yang ingin meretas, setidaknya dibutuhkan waktu minimal 10 tahun untuk mengenkripsi” ujar Martanto.

BACA JUGA :   2018, Bank BTN Siap Salurkan FLPP Dan SSB

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (DJPI), Heri Eko D. Poerwanto memberikan apresiasi kepada PPDPP atas inovasi teknologi terus dikembangkan. Menurut Eko, kehadiran inovasi seperti SiKasep (Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan) yang diterapkan PPDPP pada tahun 2020 ini mampu memberikan solusi di tengah Pandemi COVID-19 saat ini yang mengharuskan adanya pembatasan kontak fisik.

Keberhasilan sistem tersebut, kata dia, dibuktikan dengan realisasi penyaluran dan berbagai penghargaan yang diterima oleh PPDPP di tahun 2020. “Publik dan stakholder sudah mengapresiasi inovasi yang dikembangkan PPDPP. Pengembangan e-FLPP 2.0 ini dapat menjawab tantangan penyaluran FLPP Tahun 2021. Saya pikir ini terobosan luar biasa, kemajuan yang pesat setelah penyaluran FLPP selama 10 tahun ini,” ujar Heri Eko.

BACA JUGA :   PUPR Dukung Bangun Rumah Guru Di Gowa

Heri Eko meminta pada bank pelaksana untuk dapat segera beradaptasi terhadap pengembangan teknologi yang terus dilakukan PPDPP. Heri Eko juga menekankan bank pelaksana untuk segera menuntaskan kebutuhan MoU (Memorandum of Understanding) dalam persiapan PKO (Perjanjian Kerjasama Operasional) penyaluran FLPP Tahun 2021 yang akan dilaksanakan pada Desember 2020 mendatang.

Direktur Utama PPDPP, Arief Sabaruddin memastikan bahwa melalui kegiatan ini, seluruh bank pelaksana penyalur FLPP telah dapat menerapkan tandatangan elektronik. Arief juga menuturkan bahwa penyaluran FLPP hingga saat ini telah mencapai angka di atas 100% dikarenakan adanya top up kuota pada bank pelaksana.

Check Also

FLPP

Melalui 4 Program, Subsidi Perumahan 2021 Sebanyak 222.876 Unit

NASIONAL – Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 berupaya adanya peningkatan akses rumah layak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 175

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link