Thursday , 2 April 2020
Home / Indeks Berita / Masih Terjangkau, Sewa Kantor Premium di Jakarta Peringkat 55 Di Dunia

Masih Terjangkau, Sewa Kantor Premium di Jakarta Peringkat 55 Di Dunia

Properti di Indonesia lebih murah

BERITA PROPERTI – Lima kota di Asia Tenggara masuk ke daftar peringkat 86 penyewaan kantor premium termahal di dunia, berdasarkan data dari JLL, konsultan real estate global. Singapura berada di peringkat ke-14 dengan sewa efektif bersih dan biaya hunian mencapai US$ 117 per tahun per kaki persegi.

Harga ini setengah lebih sedikit dari harga sewa perkantoran premium di pusat distrik Hong Kong, yang merupakan submarket termahal menurut edisi kelima dari Premium Office Rent Tracker (PORT) JLL, laporan yang membandingkan biaya hunian untuk bangunan kantor premium di seluruh pasar real estate terkemuka di dunia. Harga sewa di lima kota lainnya di Asia Tenggara secara umum lebih rendah: Kota Ho Chi Minh (#38, $ 78/sq ft), Jakarta (#55, $ 60/sq ft), Manila (#66, $ 54/sq ft), Bangkok ( #77, $ 46/sq ft) dan Kuala Lumpur (#85, $ 30/sq ft).

BACA JUGA :   Topping Off Tower Gardenia Apartemen Green Park View

Sementara itu secara global di sektor perbankan, industri keuangan terus menjadi penghuni utama ruang kantor premium, perusahaan-perusahan teknologi – khususnya platform online – memainkan peran yang lebih besar dalam mendorong permintaan ruang kantor premium. Di Singapura, menurut Singapore Economic Development Board (EDB), 80 dari 100 perusahaan teknologi global teratas, dan lebih dari 4.000 perusahaan baru yang tumbuh di dalam negeri dan internasional dari seluruh dunia telah beroperasi di Singapura.

Mereka termasuk perusahaan-perusahaan internet seperti Google, Facebook dan LinkedIn, perusahaan-perusahaan ekonomi baru yang bergerak di bidang e-commerce atau bisnis online seperti Shopee, Razer dan Grab, serta produsen perangkat keras teknologi seperti Acer, Apple, Dell dan Siemens.

BACA JUGA :   Cari Rumah? Yuk Ke Indonesia Property Expo 2016

Kepala Riset JLL Indonesia, James Taylor mengatakan, sebagai negara dengan populasi nomor empat terpadat di dunia dan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia adalah pasar pertumbuhan besar bagi perusahaan-perusahaan teknologi dan operator ruang kerja bersama. “Permintaan dari perusahaan-perusahan seperti ini meningkat tajam pada periode 2017 hingga 2019 dan diharapkan pertumbuhan lebih lanjut di tahun 2020,” kata dia dalam keterangan tertulis.

Kota-kota besar lainnya di Asia Tenggara, termasuk Jakarta dan Kota Ho Chi Minh, sekarang bersaing dengan Singapura untuk menjadi Silicon Valley berikutnya. Secara khusus, ekosistem perusahaan start-up teknologi yang tumbuh dengan cepat mengalihkan perhatian sebagian penanam modal dan investor ekuitas swasta dari Singapura. Pada akhirnya, mereka dapat bersaing dengan Singapura yang memiliki posisi sebagai pusat investasi dan inovasi di Asia.

BACA JUGA :   IPEX 2017 Digelar, Bank BTN Targetkan Kredit Rp 2,5 T

Sebelumnya, Associate Director SpaceStock, Dessy Ika menjelaskan optimisnya bahwa sektor perkantoran di Indonesia, khususnya Jakarta akan terus berkembang dan mencapai puncaknya hingga tahun 2022 mendatang. Alasannya kata Dessy, karena didukung oleh kondisi perekonomian dan suhu politik dalam negeri yang sudah makin kondusif pasca pemilihan presiden.

“Kami sedang banyak permintaan ruang-ruang perkantoran. Memang sejumlah konsultan mengeluhkan sulitnya mencari konsumen disektor perkantoran. Namun karena branding SpaceStock yang sudah kuat, membuat namanya selalu muncul diurutan pertama di internet, jika sedang mencari ruang perkantoran,” urai Dessy.

Check Also

Bedah rumah

The HUD Institute Beri Masukan Sektor Perkim Untuk RUU Omnibus Law

EKONOMI – Pro kontra Omnibus Law semakin santer terdegar di berbagai media Tanah Air. Wacana …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 169

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link