Appernas Jaya Minta Tindak Tegas Mafia Tanah di BPN

Sofyan Djalil akui ada mafia tanah di BPN

0
Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil (kiri) bersama Ketum Appernas Jaya Andre Bangsawan

UMUM – Disinyalir adanya keterlibatan oknum-oknum di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam praktek kejahatan mafia tanah ternyata terbukti. Bahkan, Menteri Agraria dan Tata Ruang dan Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil mengakui ada stafnya yang terlibat dan ikut dalam kasus penyerobotan tanah.

Dalam diskusi virtual bertema Peran Komisi Yudisial dalam Mengawasi Silang Sengkarut Kasus Pertahanan di Peradilan, Jumat, (8/10) kemarin, Sofyan Djalil tak memungkiri jajarannya ikut terlibat dalam praktek mafia tanah. Oleh karena itu, Sofyan berjanji akan melakukan pembersihan terhadap oknum mafia tanah yang ada di dalam jajarannya Kantor BPN.

“Saya akui betul, di BPN orang bilang bagian dari mafia tanah. Maka dari itu, ayo kita perangi bersama, begitu juga di internal kita. Mereka yang terlibat, akan kita pecat sehingga program pembersihan internal ini dapat berjalan dengan baik,” ujar Sofyan Djalil dengan tegas.

Dirinya mencontohkan, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN di Jakarta yang terbukti ada main dengan mafia tanah dan dia menegaskan orang itu kini sudah dipecat dan sedang diproses hukum. Sofyan juga mengakui komplotan mafia tanah akan ada di mana-mana, terlebih lagi bila di suatu wilayah harga tanahnya makin mahal.

Ketegasan Sofyan Djalil dalam mengatasi dan memberantas oknum mafia tanah di Kantor BPN mendapat dukungan dari Ketua Umum Aliansi Pengembang Perumahan Nasional (Appernas) Jaya Andre Bangsawan. Dirinya juga membenarkan pernyataan Sofyan Djalil bahwa oknum mafia tanah ada di Kantor BPN.

“Saya bahkan pernah mengalami sendiri bagaimana mafia tanah ini beraksi. Kejadiannya di Pekan Baru, Propinsi Riau beberapa waktu lalu. Kami sudah berusaha untuk bertemu dengan oknum Kepala BPN sana, tapi tidak pernah mau ditemui dengan berbagai alasan. Ini membuktikan bahwa mafia tanah memang banyak berkeliaran di Kantor BPN,” jelas Andre Bangsawan kepada propertynbank.com, Sabtu (9/10).

Oleh karena itu, sambung Andre Bangsawan, dirinya meminta agar Menteri ATR/BPN untuk segera membasmi mafia tanah di jajarannya. Andre juga berharap ketegasan dan perintah Menteri ATR/BPN harus harus diikuti oleh seluruh jajarannya, terutama Kepala BPN yang ada di daerah-daerah dan segera menindak lanjuti bawahannya bila terbukti bekerjasama dengan mafia tanah.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 181

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link