Property & Bank

Astra Property Luncurkan Kampanye #EarthLifeMAtters

Earth
Foto : istimewa,(Astra Property)

Propertynbank : Perubahan iklim akibat pemanasan global memberi berbagai dampak terhadap kehidupan di muka bumi. Untuk itu diperlukan langkah kongkrit yang memerlukan tindakan dan dukungan nyata untuk mengantisipasi kerusakan lingkungan hidup.

Astra Property melalui salah satu projeknya yakni Menara Astra menggelar kampanye bertajuk #EarthLifeMAtters yang digelar sejak tanggal 19 September hingga 14 Oktober 2022.

Kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi serta mengajak karyawan dan publik agar terus peduli dan turut berpartisipasi pada gerakan sustainability atau yang saat ini lebih dikenal dengan istilah ESG (Environmental, Social, Governance).

Presiden Direktur Astra Property, Djap Tet Fa mengatakan,“ Menjalankan sustainability initiatives memerlukan komitmen dan konsistensi dari berbagai pihak, tidak hanya tim pengelola gedung Menara Astra namun juga semua stakeholders yang terlibat. Dimulai dari sekarang, dari diri sendiri, dan se-sederhana mungkin, namun dilakukan bersama-sama maka niscaya menciptakan dampak positif yang besar,” katanya.

Pada acara kick off kampanye #EarthLifeMAtters yang dilaksanakan pada Senin 19 September 2022, Menara Astra juga melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Octopus, yang akan bertindak sebagai waste management partner Menara Astra. Melalui Octopus, Menara Astra mempraktikkan pemilahan sampah sebelum kemudian dikelola sesuai jenis sampahnya sehingga tidak dibuang ke TPA atau yang biasa disebut zero to landfill.

“Melalui kampanye #EarthLifeMAtters dan kerjasama bersama Octopus, Menara Astra berharap seluruh penyewa gedung dan karyawan yang bekerja di Menara Astra dapat turut berpartisipasi dalam pengelolaan sampah agar bersama-sama dapat memberikan efek positif bagi lingkungan dan komunitas,”pungkas Djap Tet Fa .

4 Pilar  #EarthLifeMAtters

Lebih jauh diungkapkan Djap Tet Fa, kampanye #EarthLifeMAtters mengkomunikasikan 4 pilar program sustainability Astra Property yang dilakukan oleh Menara Astra, yakni #EverySwitchMAtters terkait energy saving atau langkah penggunaan energi secara bijak, #EveryWasteMAtters terkait waste management atau manajemen pengelolaan limbah padat, #EveryDropMAtters terkait water saving atau penggunaan air secara bijak, dan #EveryPeopleMAtters terkait community development

Sebagai langkah edukasi dan memantik kepedulian publik, pada beberapa area di Menara Astra terdapat stand informasi mengenai sustainability initiatives yang dijalankan, antara lain di area lantai dua retail, area depan foodcourt ZEST dan area Sky Lobby lantai 3.

Menara Astra sebagai gedung perkantoran yang sudah mendapatkan sertifikat Green Mark dengan peringkat Platinum yang merupakan peringkat tertinggi dari BCA (Building & Construction Authority) Singapura, menerapkan beberapa standar yang ditetapkan, diantaranya terkait konservasi energi, konservasi air, kualitas udara, dan kenyamanan ruangan.

Salah satu hal yang menjadi perhatian dalam menentukan peringkat Green Mark Platinum adalah penggunaan air bersih. Dengan merancang rain water harvesting system untuk memanfaatkan air hujan dan water recycling system untuk me-recycle air limbah, Menara Astra dapat menghemat penggunaan air PDAM hingga 46% dari keseluruhan pemakaian gedung (data Januari hingga Juli 2022).

Karenanya, saat berada di toilet, pengunjung pun akan diingatkan untuk menghemat air melalui sticker informasi yang dipasang pada cermin dan bilik toilet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *