Property & Bank

Kebutuhan Rumah Masih Tinggi, BCA Berikan Kemudahan Dengan KPR

BCA
Executive Vice President Consumer Loan Division PT Bank Central Asia Tbk, Welly Yandoko (paling kiri) menjawab pertanyaan wartawan

Propertynbank.com – PT Bank Central Asia Tbk (Bank BCA) menargetkan pertumbuhan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebesar 12% di tahun 2023. Oleh karena itu, untuk mewujudkan target tersebut, Bank BCA akan mengoptimalkan seluruh pelayanan hingga terus memperkuat kerjasama dengan pengembang maupun broker properti.

Executive Vice President Consumer Loan Division PT Bank Central Asia Tbk, Welly Yandoko mengatakan, pihaknya optimis masyarakat akan lebih mengutamakan penggunaan pembiayaan KPR dibanding skema yang lain saat membeli rumah. Tak heran jika Bank BCA, kata dia, mematok target penyaluran KPR senilai Rp 122 triliun pada tahun 2023.

“Penyaluran KPR BCA sepanjang semester pertama 2023 tumbuh sekitar 11%, atau sebesar Rp 114 triliun jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022 lalu. Ini menunjukkan bahwa penyaluran KPR BCA masih on the track. Sehingga kami pun optimis menyalurkan KPR sesuai dengan target,” tegas Welly saat berbincang dengan sejumlah media beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Kolaborasi Pemerintah dan BCA di Desa Wisata Bukit Peramun Belitung Diganjar Rekor MURI

Menurut Welly, pasar properti yang masih bagus dan potensial ditambah dengan masih tingginya backlog perumahan, membuat KPR masih berprospek untuk terus tumbuh. Data dari Susenas BPS tahun 2021 menyebutkan, tak kurang dari 12,7 juta rumah tangga yang belum memiliki rumah dengan pertambahan keluarga baru sekitar 800 ribu setiap tahunnya.

Lebih lanjut dijelaskan Welly, kawasan Jabodetabek masih mendominasi penyaluran KPR BCA sepanjang semester pertama 2023. Hingga akhir Juni 2023 saja, pihaknya mencatat penyaluran KPR BCA dengan serapan berkisar 45-50% di kawasan Jabodetabek saja. Setelah itu menyusul diposisi kedua dari kawasan Surabaya, Jawa Timur sekitar 12-15% dan kota-kota besar lainnya seperti Bandung, Semarang dan daerah lainnya.

“Sektor properti tetap tumbuh karena rumah merupakan kebutuhan primer, meskipun ada keraguan dari masyarakat saat memasuki tahun politik. Namun, kita sudah punya pengalaman dari beberapa agenda tersebut, tetap aman dan tidak ada gejolak yang berlebihan. BCA akan terus berkomitmen membantu masyarakat memiliki hunian melalui skema KPR yang meringankan konsumen,” tegas Welly.

BCA Optimalkan Platform

Untuk meningkatkan pelayanan, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Jahja Setiaatmadja beberapa waktu lalu mengatakan, BCA terus mengembangkan platform perbankan transaksi dengan memperkuat ekspansi ekosistem digital, melalui kolaborasi dengan mitra strategis serta melakukan berbagai inovasi layanan digital. “Keberhasilan BCA dalam menyalurkan kredit termasuk KPR, berkat adanya inovasi digital dan pengembangan ekosistem bisnis,” katanya.

Sebagai salah satu pemain utama penyaluran KPR, Bank BCA menyediakan pilihan suku bunga yang menarik bagi masyarakat. Selain itu, BCA juga akan terus berusaha untuk meningkatkan penetrasi ke segmen pasar yang relatif belum tergarap saat ini, khususnya segmen muda dan payroll BCA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *