Property & Bank

Disaksikan 1.000 ASN seluruh Indonesia, BP Tapera Perkenalkan Tapera Mobile

tapera mobile
Peluncuran Tapera Mobile

Propertynbank.com – BP Tapera melakukan soft launching Tapera Mobile bersama perwakilan humas 38 Kementerian/Lembaga di seluruh Indonesia pada hari, Rabu (2/8) di Grand Kemang, Jakarta dan diikuti secara online 1.000 partisipan ASN seluruh Indonesia. Tapera Mobile adalah aplikasi yang disiapkan oleh BP Tapera untuk memenuhi kebutuhan dari peserta Tapera dan masyarakat pada umumnya.

Melalui Tapera Mobile, peserta Tapera maupun masyarakat bisa mendapatkan info finansial Peserta Tapera yang mencakup saldo tabungan, nilai pemupukan, simulasi nilai pemupukan serta info Pemanfaatan yang mencakup pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Bangun Rumah (KBR), Kredit Renovasi Rumah (KRR) dan KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), simulasi pembiayaan perumahan, status pengajuan pembiayaan perumahan, dan lokasi perumahan.

Komisioner BP Tapera, Adi Setianto mengatakan, Tapera Mobile diluncurkan dan diperkenalkan kepada seluruh humas Kementerian Lembaga dengan harapan dapat menjadi gerbang informasi bagi masyarakat Indonesia. Tapera Mobile, kata dia, dikembangkan untuk menjawab kebutuhan dari peserta dan masyarakat Indonesia terkait dengan pembiayaan perumahan.

Baca Juga : Percepat Penyaluran Rumah Tapera, BP Tapera Perluas Jangkauan Bagi Pekerja Informal

“Aplikasi ini dihadirkan untuk mempermudah proses bisnis penyaluran pembiayaan perumahan Rumah Tapera serta pengelolaan tabungan kepesertaan Tapera. Kami mengharapkan BP Tapera mendapatkan masukan dari para pengguna, penilaian dan koreksi sehingga ketika grand launching Tapera Mobile dilakukan nantinya, akan menjadi aplikasi yang lebih mumpuni,” tegas Adi Setianto.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Herry TZ dan Ketua Umum Bakohumas, sekaligus Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong tampak hadir secara offline dalam acara softlaunching Tapera Mobile.

Usman Kansong mengimbau seluruh humas Kementerian/Lembaga menjadi corong komunikasi untuk menyebarluaskan informasi terkait perumahan dan program BP Tapera. “Pada era digital ini, semua menjadi lebih mudah. Kami berharap semua informasi yang didapatkan hari ini dapat ditayangkan di media publikasi tempat Bapak/Ibu beraktivitas,” ujar Usman Kansong.

Apresiasi Untuk Tapera Mobile

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Herry TZ memberikan dukungan atas peluncuran Tapera Mobile. Masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mendapatkan pembiayaan perumahan. Selain itu, Herry TZ juga memberikan apresiasi kepada BP Tapera atas tiga penghargaan dalam ajang Contact Center World Awards in Asia Pacific yang merupakan The Global Association for Contact Center & Customer Engagement Best Practices. “Sebagai lembaga baru, BP Tapera mampu meraih penghargaan bergengsi ini. Hal ini patut untuk diapresiasi dan semoga kedepannya BP Tapera dapat terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat,” puji Herry.

Update Program BP Tapera 2023

Dalam kesempatan yang sama, BP Tapera juga mengadakan sosialisasi terkait dengan program terkini BP Tapera 2023. Tercatat BP Tapera telah merealisasikan Rumah Tapera FLPP per 31 Juli 2023 sebanyak 120.169 unit senilai Rp13,46 triliun yang tersebar di 9.096 perumahan yang dibangun oleh 6.176 pengembang dari 38 Bank Penyalur di 33 provinsi dan 386 kabupaten/kota.

Baca Juga : Mudahkan Pekerja Informal Miliki Rumah, BTN Luncurkan Tabungan BTN Rumah Tapera

Sedangkan untuk Rumah Tapera telah tersalurkan dalam periode yang sama sebanyak 2.970 unit rumah senilai Rp337,02 miliar. ”Kami berupaya optimal untuk terus mewujudkan rumah yang berkualitas, tepat sasaran dan dihuni dengan terus melakukan inovasi dan layanan prima,” ungkap Adi Setianto menambahkan.

Sementara itu, terkait dengan pengembalian tabungan BP Tapera telah melakukan pengembalian tabungan bagi para peserta pensiun ahli waris sebesar Rp1,79 Triliun untuk 444.536 pensiun PNS.

Pada momen ini, diadakan diskusi panel terkait dengan update program BP Tapera 2023 meliputi Pengembalian Tabungan PNS, Pengelolaan Tabungan Aman & Tepat Waktu, serta Rumah Tapera yang Tepat Kualitas & Sasaran. Panel diskusi ini disampaikan oleh Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera, Eko Ariantoro, Deputi Komisioner Bidang Pemupukan Dana Tapera, Gatut Subadio, dan Deputi Komisioner Bidang Pemanfaatan Dana Tapera, Ariev Baginda Siregar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *