Property & Bank

Heatgard, Cat Pelapis Penolak Panas Turunkan Suhu Permukaan 10°C-20°C

Heatgard
Heatgard cat penolak panas

Propertynbank.com – Peningkatan suhu yang melanda Indonesia mengakibatkan kondisi di dalam rumah lebih panas dan gerah, solusinya dapat menggunakan cat penolak panas Heatgard pada dinding samping, fasad maupun atap metal rumah.

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sebagian besar negara-negara di Asia Selatan terdampak gelombang panas atau heatwave. Di Indonesia, suhu maksimum harian tercatat mencapai 37,2°C di stasiun pengamatan BMKG di Ciputat, meskipun secara umum suhu tertinggi yang tercatat di beberapa lokasi berada pada kisaran 34°C-36°C.

Hingga kini cuaca panas masih sangat terasa di Indonesia, pada 5 Mei 2023 lalu BMKG juga mengeluarkan peringatan dini potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang berpeluang melanda sebagian wilayah.

Baca Juga : Tidak Hanya Kedap Air, Aquaproof Juga Tawarkan 5 Pilihan Tren Warna

Secara karakteristik fenomena, suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat dari adanya gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun, sehingga potensi suhu udara panas seperti ini juga dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya. Secara klimatologis, dalam hal ini untuk Jakarta, bulan April – Mei – Juni adalah bulan-bulan dimana suhu maksimum mencapai puncaknya, selain Oktober-November.

Untuk menghadapi cuaca panas yang melanda, BMKG menghimbau agar masyarakat tidak panik dan tetap waspada. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan antara lain cegah dehidrasi dengan minum air putih yang banyak, jangan menunggu hingga haus, hindari kontak dengan sinar matahari secara langsung, gunakan topi atau payung serta gunakan sunscreen ketika beraktivitas di luar rumah.

Selain itu juga bisa dengan memakai baju berbahan ringan dan longgar, atur menu makanan, perbanyak sayur dan buah, membuat kondisi di dalam rumah menjadi sejuk. Cuaca panas yang melanda belakangan ini membuat suasana rumah, sebagai tempat berkumpul bersama keluarga, menjadi tidak nyaman dan gerah. Salah satu solusi mewujudkan kondisi di dalam rumah menjadi nyaman adalah dengan menggunakan Heatgard cat pelapis penolak panas pertama di Indonesia yang dapat menurunkan suhu permukaan yang dilapisinya 10°C-20°C.

Chandra Kurniawan Marketing Manager PT Adhi Cakra Utama Mulia mengatakan, Heatgard ini sangat cocok diaplikasikan pada bidang penyebab utama panas dalam rumah, pada bidang ekspos seperti dinding samping dan atap rumah. Dinding samping terutama pada rumah hoek (rumah pojok atau rumah sudut) merupakan bidang yang cukup luas dan bisa terjemur sinar matahari hingga 6 jam, kadang kala panas pada dinding tersebut juga dapat tersimpan hingga malam hari. Selain dinding samping, atap metal yang posisinya paling atas dari bagian rumah merupakan bahan material yang menyerap panas dan meneruskan panas tersebut ke dalam rumah.

“Heatgard merupakan salah satu inovasi Aquaproof, dengan Reflect & Insulate Technology. bekerja menolak panas matahari sehingga suhu di permukaan luar bangunan menjadi lebih rendah 10°, dan meredam panas matahari yang masuk sehingga suhu di dalam bangunan menjadi lebih sejuk. Cat penolak panas dengan warna-warna terang umumnya lebih optimal memantulkan panas matahari, seperti Heatgard yang tersedia dalam 3 pilihan warna yang cerah yaitu putih, abu dan krem yang ketiganya sama-sama memberikan kemampuan penolak panas dan ketahanan yang baik serta warna yang tidak mudah pudar,” ungkap Chandra.

Baca Juga : Aquaproof Sealband, Perekat Instan Multiguna Menutup Kebocoran

Pengujian efektivitas penurunan suhu pada bidang yang dilapisi Heatgard telah dilakukan. Pemilik rumah dan berbagai pelaku bangunan seperti kontraktor, arsitek, developer, tukang telah melihat pengujian ini secara langsung dalam booth Aquaproof pada event Mega Build yang diselenggarakan di JCC Senayan pada Februari 2023 lalu.

Pengujian dilakukan dengan membandingkan atap metal yang dilapisi Heatgard warna abu dengan atap metal yang dilapisi cat biasa warna abu, kemudian paparan panas diwakili lampu infrared sebagai pengganti sinar matahari. Suhu awal masing-masing atap metal menunjukkan angka yang sama yaitu 31°C, kemudian setelah diberi paparan panas dalam kurun waktu 5 menit, terlihat jelas atap metal yang dilapisi Heatgard 49,8°C dan atap metal tidak dilapisi Heatgard 68,2°C; selisihnya sebesar 18,4°C.

Cara Penggunaan Heatgard

Selain itu, salah satu akun Instagram @rumahnumma juga telah membuktikan secara langsung melalui video penggunaan Heatgard pada dinding samping rumahnya. Kondisi dinding samping langsung terjemur matahari tanpa dihalangi bangunan lain, serta posisi rumah yang menghadap barat yang berarti rumah terpapar matahari hingga sore. Dalam video yang sudah ditonton lebih dari 5 juta kali tersebut, setelah penggunaan Heatgard sebagai lapisan terluar, suhu dinding turun dari 32°C menjadi 26°C, kondisi di dalam rumah jadi sejuk dan adem.

“Selain penolak panas, Heatgard juga sudah anti bocor sehingga ketahanan bangunan yang sudah dilapisi Heatgard sudah tidak perlu diragukan. Baik musim kemarau maupun musim hujan, Heatgard akan senantiasa melindungi bangunan. Penggunaan cat pelapis penolak panas Heatgard juga dapat mengurangi pemakaian listrik sehingga lebih hemat energi dan biaya. Bagi pemilik bangunan berupa pabrik maupun gudang atau bangunan berbahan metal, Heatgard juga dapat bekerja menghambat karat,” tutup Chandra.

Baca Juga : Membuat Beton Lebih Kedap Air, Ini 4 Keunggulan Betonmix Produksi Aquaproof

Cara penggunaan Heatgard sama seperti cat pada umumnya yaitu bersihkan semua bagian yang mudah lepas dan terkelupas dengan kape atau sikat kawat sehingga bidang yang akan diaplikasikan memiliki daya lekat yang baik terhadap cat. Kemudian aplikasikan Heatgard menggunakan kuas atau roll tanpa perlu dicampur air.

Pengecatan dilakukan sebanyak dua lapis atau lebih sampai mendapatkan ketebalan sesuai daya sebar yang dianjurkan, yakni 1 liter untuk 1 m²; dengan selang waktu minimal 1 jam setiap pelapisan. Untuk bidang seperti atap seng yang bergelombang dapat melapisi Heatgard menggunakan airless spray. Area sudutan dan pertemuan dua bidang juga dapat diperkuat dengan Aquaproof Polyester Mesh. Heatgard tersedia dalam dua ukuran kemasan yaitu 4 liter dan kemasan besar 20 liter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *