Property & Bank

Penuhi Komitmen, Cordova Riverview Edupartment Bogor Mulai Diserahterimakan

Cordova Riverview Edupartment
Prosesi serah terima kunci unit apartemen Cordova Riverview Edupartment, Bogor

propertynbank.com – Pilar Corporation mulai melakukan serah terima unit apartemen di Cordova Riverview Edupartment, Bogor, proyek apartemen yang sebelumnya bernama Dekost Indonesia. Pilar Corporation bergabung dengan PT Amanah Indonesia Realty pada Agustus 2022 untuk menyelesaikan pembangunan apartemen tersebut.

Secara bertahap, serah terima dilakukan kepada 162 pembeli sejak, Kamis, 29 Desember 2022. Unit-unit yang diserah terimakan berada di Tower Carmona, yang menjadi tower pertama di Cordova Riverview Edupartment. Dalam pengembangannya, Pilar Corporation bergerak cepat menyelesaikan pengerjaan apartemen mid-rise 7 lantai di tahun ini juga.

Untuk mempercepat proses pembangunannya, Pilar Corporation melakukan pemutakhiran konsep pengembangan yang berorientasikan sungai dengan mengusung tema “Smart and Peace of Mind”. Dengan konsep yang sama, Pilar Corporation juga sukses membangun Cordova Edupartment Semarang yang berada di lingkungan kampus Universitas Diponegoro, Semarang.

Chairman Pilar Corporation sekaligus Direktur Utama PT. Amanah Indonesia Realti, JE. Robbyantono mengatakan, Cordova Riverview Edupartment, Bogor dibangun dengan konsep baru hunian yang menyasar mahasiswa dan civitas akademika Institut Pertanian Bogor (IPB) University, karena lokasinya sangat dekat dengan Kampus IPB. Hanya 900 meter atau 5 menit dengan mengendarai motor.

Cordova Edupartment, sambung  Robby, memiliki beragam fasilitas, mulai dari educative & art facility, sport facility, hingga masjid modern untuk menunjang wawasan, kreativitas dan kenyamanan ibadah para penghuninya. Sementara, tower Carmona yang mulai diserah terimakan, diperuntukkan khusus untuk penghuni perempuan. Penandatanganan Kerja Sama dengan IPB University juga dilakukan di saat yang sama, Kamis, 29 Desember 2022.

”Setelah masa pandemi kemarin, banyak perubahan perilaku masyakarat termasuk mahasiswa dan  serta orangtua yang ingin anaknya tinggal/kos yang baik, higienis, lingkungan sehat, dan punya tetangga yang baik. Dan akan lebih baik lagi jika menunjang pembelajaran anaknya sebagai mahasiswa,” kata Robby.

Dikatakan Robby, Cordova Riverview Edupartment merupakan hunian mahasiswa semi mixed-use development pertama di Indonesia yang dilengkapi komersial area, area sosialisasi (hangout), termasuk masjid sebagai epicentrum aktivitas mahasiswa.

Selain huniannya yang sangat proper, imbuh dia, pihaknya juga menyediakan fasilitas-fasilitan lain. Ada wall climbing, fitness center, jogging track, archery range, 3-on-3 Basketball, indoor swimming pool, masjid, start up office space, mini market, free wifi area, atm center, laundry, Amphitheatre, reading park, dan digital library.

Kerjasama dengan IPB University

Untuk mendukung dan mewujudkan visi membangun generasi penerus seutuhnya, pengembang Cordova Riverview Edupartment menjalin kerja sama strategis secara kelembagaan dengan IPB University. Perjanjian itu dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, penerapan inovasi dan kegiatan lainnya.

”Wujud konkrit kerja sama itu antara lain: pemberian beasiswa sejumlah 6 unit apartemen (tempat tinggal) bagi mahasiswa IPB berprestasi, kerja sama pelatihan dan pengembangan entrepreneurship dengan Direktorat Bisnis IPB University, kesempatan magang di PT. Amanah Indonesia Realti bagi mahasiswa/i  IPB University, dan beberapa kerjasama lainnya,” ungkap Robby.

Menurut Prof. Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc.F.Trop., IPU, Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB yang mewakili Rektor IPB University menandatangani Mou tersebut mengatakan, konsep yang dikembangkan Cordova Riverview Edupartment ini sangat tepat untuk kebutuhan hunian mahasiswa di jaman now ini.

”Sebab apartemen tidak sekedar hunian, tapi juga menjadi pusat pembinaan soft skill bagi mahasiswa. Sebab mahasiswa kan tidak 24 jam di kampus. Nah ketika berada di luar kampus ada yang bertanggung jawab menyediakan kegaiatan-kegiatan yang sifatnya positif,” kata Dodik seusai acara serah terima unit Cordova Riverview Edupartment.

Dodik berharap, konsep yang baik ini dapat segera direalisasikan, karena dengan adanya apartemen mahasiswa ini, IPB University merasa sangat terbantu dan menjadi solusi tepat bagi hunian mahasiswa yang aman, nyaman, sekaligus punya banyak nilai tambah.

Di samping itu, pengembang juga menggandeng Yayasan Alumni Bisnis Cendekia (ABC) untuk membuka kelas-kelas di ruang serba guna masjid untuk membangun mental enterpreneuship dan training-training lain. Juga menjalin kerja sama dengan himpunan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Lanskap.

Di acara ini, pengembang juga menandatangani komitmen wakaf sebanyak 3 unit hunian apartemen kepada Nazhir wakaf  IPB, tepatnya di Tower Denia, Tower Almeria, dan Tower Huelva.

”Kami berharap, dengan menjalin kerja sama strategis secara kelembagaan dengan IPB University, maka visi kami membentuk mahasiswa yang tinggal di sini jadi manusia-manusia yang utuh dan unggul sebagai generasi penerus bangsa Indonesia dapat terwujud,” kata Robby.

Selain itu, kata Robby, pihaknya juga telah membuat dan mewakafkan jalan untuk warga sepanjang 75 meter sebagai wujud manfaat keberadaan apartemen terhadap masyarakat sekitar.

Progres Penjualan Cordova Riverview Edupartment

Pada kesempatan yang sama, Direktur Business Development Pilar Corporation Arief B. Hartono menjelaskan, saat ini penjualan Tower Carmona sudah 100 persen (sold out) dan saat ini sedang dipasarkan Tower kedua yaitu Tower Denia yg penjualannya sudah mencapai 50%. Tipe yang tersedia adalah unit studio, yaitu 16 m2  semigross dengan harga tunai Rp250 jutaan.

Cordova Riverview Edupartment
Kerjasama Cordova Riverview Edupartment dengan IPB University

Dikatakan Arief, Cordova Riverview Edupartment juga memasarkan area komersial terpusat 3 lantai, yang terdiri dari area food court, co-working space, dan cofee shop. Kemudian setiap tower ada unit-unit komersial sekitar 40 kios yang juga dipasarkan. Sebagian besar pembelinya adalah orangtua mahasiswa dan investor yang melihat captive sewanya nyata (mahasiswa dan civitas akademika IPB University)

Bersamaan dengan serah terima perdana ini Cordova Riverview Edupartment mulai dipasarkan juga unit eksklusif Garden Floor  yang berada di Tower Carmona dan Tower Denia yaitu unit khusus dan sangat terbatas yg memiliki taman secara esklusif dan teras dengan luasan 20 m2 – 36 m2 Semigross sehingga pemilik unit ini dapat merasakan tinggal di apartemen namun terasa seperti memiliki/tinggal di landed house.

”Segmen end-user kami mahasiswa, tapi target market pembelinya adalah orangtua mahasiswa dan investor. Rata-rata pembelian dengan cara cash atau soft cash (in-house) maksimal 36 bulan. Sementara sewa rata-rata Rp 1,750 juta sampai Rp 2 juta. Dengan potensi kenaikan harga unit dan pendapatan sewa tersebut, investor akan mendapatkan Return on Investment (ROI) mencapai 51% dalam waktu 3 tahun. Pengembang juga telah menunjuk Estate Management, PT Pilar Alam Properti yang juga sebagai Building Management dari Cordova Edupartment Semarang sehingga para pembeli/investor dapat menitipkan pengelolaan sewanya kepada Estate Management,” kata Arief.

Sebagai informasi, Cordova Riverview Edupartment Bogor dikembangkan di atas lahan seluas 18.131 m2 yang akan dikembangkan 7 tower dengan total unit 1.346, dan ada satu tower Cordova Suite yang merupakan service apartemen untuk mengakomodasi sewa harian saat masa wisuda IPB University, dimana keluarga wisudawan kesulitan cari hotel terdekat.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *