Property & Bank

6 Langkah Mendorong Investasi Berwawasan Lingkungan Untuk Keberlanjutan

investasi berwawasan lingkungan
Salah satu kawasan di pusat kota Jakarta

Propertynbank.com – Pemerintah terus berupaya mendorong investasi berwawasan lingkungan, dengan tujuan mencapai peralihan dan pengurangan emisi karbon, sehingga dapat memastikan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Agus Justianto, mengutip dari Republika, Senin (19/2/2024). ”Pemerintah bersama para pihak, terutama dunia usaha, akan terus mendorong investasi untuk transisi dan dekarbonisasi sektor energi menjadi jalan pembentuk peradaban pembangunan Indonesia yang berkelanjutan serta peluang investasi lainnya berwawasan lingkungan,” kata Agus.

Agus menjelaskan bahwa pemerintah akan memperkuat aspek perencanaan dan pengendalian untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan, salah satunya melalui penggunaan sistem informasi dokumen lingkungan hidup, Amdalnet. Persetujuan lingkungan, yang dikenal sebagai Analisis Dampak Lingkungan (Amdal), menjadi persyaratan penting dalam proses perizinan usaha.

Baca Juga : Ini 5 Negara Paling Banyak Investasi Properti di Indonesia, Singapura Juaranya

Selain itu, terkait investasi berwawasan lingkungan, Agus juga menyoroti bahwa pemerintah sedang meningkatkan peluang ekonomi karbon untuk mengendalikan emisi gas rumah kaca dalam pembangunan nasional. Pasar karbon dan nilai ekonomi karbon akan menjadi bagian integral dari upaya penanggulangan isu perubahan iklim.

“Ekosistem ekonomi karbon yang transparan berintegritas, inklusif, dan adil, harus diciptakan. Tentunya tantangan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan akan terus bertambah. Atas hal tersebut saya berharap insan pers nasional dapat terus berkomitmen dan menyampaikan informasi yang mencerdaskan bangsa,” ungkapnya.

Agar pertumbuhan tersebut tercapai, Agus menyatakan bahwa Indonesia perlu menyiapkan teknologi, investasi, dan tata kelola yang tepat.

Dalam konteks sektor kehutanan, Agus menjelaskan bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga telah memastikan adanya tata kelola pengelolaan yang baik melalui penerapan Sistem Verifikasi dan Legalitas Kayu (SVLK). Menurut data dari KLHK, terdapat peningkatan jumlah industri pemegang sertifikat SVLK dari 2.742 pada tahun 2017 menjadi 5.462 pada tahun 2023.

Langkah-langkah Agar Investasi Berwawasan Lingkungan

Pemerintah yang mendorong investasi berwawasan lingkungan biasanya mengambil langkah-langkah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan serta menjaga kelestarian lingkungan. Beberapa langkah yang mungkin diambil guna mendorong investasi berwawasan lingkungan termasuk:

1.Insentif Pajak. Pemerintah dapat memberikan insentif pajak bagi perusahaan yang melakukan investasi dalam teknologi ramah lingkungan atau yang memenuhi standar tertentu dalam pengelolaan limbah dan sumber daya.

2.Regulasi Lingkungan. Pemerintah dapat mengimplementasikan regulasi yang ketat terhadap industri-industri yang berpotensi mencemari lingkungan, sambil memberikan kemudahan bagi industri yang mematuhi standar lingkungan yang ketat.

3.Subsidi atau Dana Hibah. Pemerintah dapat memberikan subsidi atau dana hibah bagi proyek-proyek yang bertujuan untuk mengurangi emisi karbon, memperbaiki kualitas air dan udara, atau mengembangkan energi terbarukan.

Baca Juga : Kuartal Ketiga Tahun 2023, Investasi Asia Pasifik Turun 22 %

4.Pendidikan dan Kesadaran. Kampanye pendidikan dan kesadaran lingkungan yang dipimpin pemerintah dapat membantu mengubah pola pikir masyarakat dan pelaku bisnis untuk lebih memperhatikan dampak lingkungan dari kegiatan ekonomi.

5.Kemitraan Publik-Swasta. Pemerintah dapat memfasilitasi kemitraan antara sektor publik dan swasta dalam pengembangan proyek-proyek infrastruktur berwawasan lingkungan, seperti transportasi umum ramah lingkungan atau pembangkit energi terbarukan.

6.Pengembangan Infrastruktur Berkelanjutan. Investasi berwawasan lingkungan dalam infrastruktur yang mendukung transportasi publik, pengelolaan air bersih, dan pengelolaan limbah dapat menjadi prioritas pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan.

7.Inovasi Teknologi. Pemerintah dapat mendukung penelitian dan pengembangan teknologi baru yang ramah lingkungan, seperti teknologi energi terbarukan, teknologi pengolahan limbah yang efisien, dan teknologi penghematan energi.

Dengan mengambil langkah-langkah seperti ini, pemerintah dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi investasi berwawasan lingkungan, yang pada gilirannya dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi lingkungan. (Nabilla Chika Putri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *