Property & Bank

Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy Raih Financial Top Leader 2023

Fidri Arnaldy
Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy

Propertynbank.com – Fidri Arnaldy selaku Direktur Utama Bank DKI tak henti-hentinya memberikan kontribusi yang luar biasa kepada Bank DKI. Fidri berhasil memimpin Bank DKI dengan mengakselerasi pertumbuhan bisnis secara konsisten dan berbagai langkah inovasi kearah digitalisasi. Tak salah jika Fidri Arnaldy mendapatkan banyak penghargaan.

Terbaru, Fidri Arnaldy diapresiasi oleh redaksi Warta Ekonomi sebagai Pemimpin Terbaik Industri Finansial tahun 2023 – Best Leader for Sustainability Acceleration Through Business Expansion and Implement Non-Cash Transactions, (Category: KBMI 2, BPD). Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy langsung menerima penghargaan tersebu pada ajang Indonesia Financial Top Leader Awards 2023 yang diselenggarakan secara daring pada Rabu (31/05) lalu.

Mendapatkan apresiasi tersebut, Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy mengucapkan terima kasih serta turut mendedikasikan penghargaan yang diraih kepada pemegang saham dan segenap pemangku kepentingan. Penghargaan tersebut, kata dia, diraih atas sinergi dan kolaborasi dari pemegang saham, dukungan nasabah dan seluruh pekerja.

Baca Juga : Bukukan Laba Bersih Tertinggi Sepanjang Sejarah, Bank DKI Raih Top BUMD 2023

“Kepemimpinan yang kuat dan efektif memainkan peranan kunci dalam mendukung Visi Indonesia Emas 2045, bahwa leadership bukan hanya melibatkan pengambilan keputusan dan pengarahan, tetapi juga melibatkan kemampuan untuk memotivasi, menginspirasi, dan membimbing anggota tim menuju tujuan bersama yang diinginkan,” ujar Fidri. Sebelumnya dirinya juga dinobatkan The Iconomics sebagai salah satu dari 50 The Best CEO Category Regional Bank dan merupakan satu-satunya CEO/Direktur Utama yang berasal dari BPD.

Fidri menegaskan pentingnya mempersiapkan generasi tangguh sebagai legacy agar Bank DKI terus berkembang secara berkelanjutan. Dalam upaya pemastian kinerja Bank DKI yang berkualitas secara jangka panjang, kata dia, Bank DKI telah mengoperasikan Learning Center Bank DKI sebagai pusat pengembangan sumber daya manusia berkompeten, meluncurkan Command Center untuk maksimalisasi tata kelola IT, serta menambah jaringan kantor cabang baru di luar wilayah Jakarta, yaitu Semarang, Lampung, dan Sidoarjo

Sebagaimana diketahui, dibawah kepemimpinan Fidri Arnaldy, Bank DKI mampu meraih predikat sebagai 20 Bank Terbaik dan satu-satunya BPD di Indonesia yang masuk dalam jajaran World’s Best Banks atau Bank Terbaik di Dunia Tahun 2022 versi majalah Forbes.

Sementara itu, CEO & Chief Editor Warta Ekonomi, Muhammad Ihsan mengatakan, pengembangan inovasi bisnis dan strategi adaptasi yang dilakukan pemimpin perusahaan industri keuangan dalam kegiatan bisnis perusahaan sangatlah penting di dalam menopang pertumbuhan ekonomi dan pengembangan potensi pemulihan ekonomi nasional.

”Oleh karena itu, Warta Ekonomi memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pemimpin perusahaan industri keuangan yang dengan konsisten melakukan inovasi, adaptasi, dan pengembangan bisnis dalam kegiatan perusahaannya melalui penghargaan Indonesia Financial Top Leader Awards 2023.” kata Ihsan.

Hadir sebagai keynote speaker, Ketua Kamar Dagang Industri Indonesia (Kadin), Arsjad Rasjid mengapresiasi seluruh pemenang dari industri keuangan yang berhasil melakukan akselerasi digital pada layanan keuangan di Indonesia. “Pada era industri 5.0 akselerasi digitalisasi adalah kunci pertumbuhan dan daya saing industri keuangan,” imbuhnya.

Kinerja Positif Dipimpin Fidri Arnaldy

Fidri Arnaldy memimpin Bank DKI dalam kondisi ekonomi yang penuh tantangan, namun kinerja keuangan yang dibukukan Perseroan tetap positif. Bank DKI menutup tahun 2022 dengan mencatat laba bersih tertinggi sepanjang sejarah berdirinya Perseroan sebesar Rp939,11 miliar atau tumbuh 29,11%. Total aset tumbuh menjadi sebesar Rp78,88 triliun, yang didukung oleh pertumbuhan Kredit sebesar 23,53% dan pertumbuhan DPK sebesar 12,82% pada Desember 2022.

Baca Juga : Dukung Digitalisasi Keuangan, Bank DKI Hadir di FEKDI Tahun 2023

Berlanjut pada Kuartal I 2023, kinerja gemilang terus ditorehkan dengan mencatat pertumbuhan laba bersih sebesar 17,77% menjadi Rp233,20 miliar pada Maret 2023 dibanding Rp198,01 miliar di Maret 2022. Kredit Bank DKI juga mengalami peningkatan sebesar 24,68% menjadi Rp48,37 triliun pada Maret 2023, dari Rp38,80 triliun pada periode yang sama di tahun sebelumnya, sedangkan kinerja dana pihak ketiga (DPK) pun tumbuh 16,27% menjadi Rp67,13 triliun pada Maret 2023 dari Rp57,74 triliun di Maret 2022. Sehingga mendorong peningkatan aset 12,38% menjadi Rp79,93 triliun pada Maret 2023, dari Rp71,13 triliun pada Maret 2022. Fidri juga mampu meningkatkan dan menjaga Tingkat Kesehatan Bank (TKB) Bank DKI kategori 2 (Baik) selama 2 tahun berturut-turut.

Bank DKI juga adaptif dalam mengembangkan layanan perbankan digital untuk memperluas akses keuangan masyarakat, diantaranya menghadirkan super apps JakOne Mobile, simple apps JakOne Pay, JakOne Abank dan layanan perbankan digital lainnya seperti Cash Management System, serta pengembangan aplikasi digital lending untuk fasilitas kredit serta pembiayaan. Dalam hal pelayanan transaksi non-tunai berbasis kartu, Bank DKI terus memperluas akseptasi JakCard sebagai kartu uang elektronik pada berbagai moda transportasi DKI Jakarta, tiket masuk museum serta tempat wisata kelolaan Pemprov dan BUMD DKI Jakarta, hingga transaksi di berbagai merchant yang bekerjasama dengan Bank DKI.

Pada kesempatan lain, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menjelaskan bahwa penghargaan individu yang diterima Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy melengkapi total sebanyak 43 kategori penghargaan yang telah diterima Bank DKI sampai dengan Mei 2023.

“Kepemimpinan yang menginspirasi dari sosok Fidri Arnaldy, dengan pengalaman lebih dari 32 tahun di industri perbankan, jelas memberikan dampak nyata dengan berbagai prestasi yang diukir. Beliau juga seringkali menekankan pentingnya makna komunikasi visi secara jelas, serta mempersiapkan kader penerus dengan kompetinsi tinggi dan mental yang tangguh, untuk keberlangsungan Bank DKI secara jangka panjang.” puji Arie.

Lebih lanjut Arie menyampaikan bahwa “Bank DKI akan terus berinovasi, menciptakan berbagai peluang baru serta berupaya meningkatkan nilai tambah dengan berorientasi pada digitalisasi. Implementasi strategi bisnis yang berbasis pada transformasi digital dan analisis big data, bahkan tidak menutup kemungkinan kearah kecerdasan buatan/AI juga akan dilakukan sebagai strategi mencapai pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan serta wujud nyata dukungan Bank DKI mencapai cita Sukses Jakarta Untuk Indonesia,” pungkas Arie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *