Property & Bank

Islamic Bank Australia Jadi Bank Syariah Pertama di Australia

BRIS, Islamic Bank Australia
Suasana kantor Bank Syariah Indonesia (BRIS). poto Tribunnews/Herudin

Propertynbank.com – Australia akan segera menghadirkan Islamic Bank Australia, bank syariah pertamanya, yang saat ini sedang dalam tahap terbatas. Pemerintah memungkinkan pembangunan sistem dan pengujian produk sebelum 5 Juli 2024. Islamic Bank Australia telah diresmikan sebagai bank syariah pertama di negara itu, seperti yang diumumkan dalam laman resminya pada Kamis (15/2/2024).

Pemerintah Australia kini aktif mempersiapkan peluncuran perbankan syariah secara publik setelah bank tersebut memperoleh lisensi perbankan terbatas pada awal Juli 2022. Saat ini, bank tersebut beroperasi dalam status “Restricted ADI” (Authorized Deposit-taking Institution), yang memerlukan persetujuan dari Australian Prudential Regulation Authority (APRA).

Mengutip dari Bisnis Indonesia, sebelum resmi diluncurkan kepada masyarakat luas, Islamic Bank Australia harus melalui serangkaian tahapan yang ketat. Setelah berhasil memperoleh lisensi perbankan terbatas, bank tersebut akan mengadakan peluncuran terbatas yang melibatkan 50 pelanggan.

Baca Juga : Bank Syariah Harus Di Perbanyak, Ini Loh… Kata Erick Thohir

Peluncuran terbatas ini bertujuan untuk menguji produk dan layanan yang disediakan oleh bank. Kelompok 50 pelanggan tersebut termasuk staf internal bank, anggota keluarga mereka, serta teman dekat yang dipilih untuk menjadi bagian dari uji coba produk dan layanan bank syariah yang akan diluncurkan.

Jika tahapan peluncuran terbatas berhasil, Islamic Bank Australia memiliki tujuan untuk mendapatkan persetujuan dari APRA untuk diluncurkan secara resmi kepada masyarakat umum. Mereka mengharapkan pencapaian ini dapat terjadi pada tahun 2024 dan bersiap bekerja dengan cepat untuk memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk mendapatkan persetujuan tersebut.

Profil Islamic Bank Australia

Islamic Bank Australia didirikan oleh tiga belas Muslim yang memiliki tekad kuat untuk membawa konsep perbankan Islam ke Australia untuk pertama kalinya. Dengan populasi Muslim mencapai lebih dari 3% di Australia, keberadaan perbankan syariah telah lama menjadi harapan.

Baca Juga : Ekspansi di 2020, PermataBank Syariah Resmikan Tiga Kantor Baru

Berbasis di Parramatta, Sydney, Islamic Bank Australia memiliki kehadiran staf dan direktur di wilayah Western Australia, Victoria, dan Queensland. Pemegang saham bank termasuk 13 investor lokal serta Abreco Group, perusahaan berbasis di Uni Emirat Arab, yang turut serta dalam mewujudkan pendirian Islamic Bank Australia.

Pimpinan bank ini terdiri dari Dean Gillespie, seorang bankir berpengalaman di tingkat senior perbankan Australia, yang menjabat sebagai CEO, serta Anthony Wamsteker sebagai ketua. Mereka didukung oleh tim eksekutif dan dewan direksi yang kompeten, serta ahli Syariah yang diakui secara global.

Dengan misi untuk mengubah wajah perbankan Australia menjadi lebih berorientasi digital dan bertanggung jawab secara sosial, Islamic Bank Australia berkomitmen untuk memberikan pilihan dan inklusi kepada umat Islam di Australia. (Nabilla Chika Putri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *