Property & Bank

Pendaftaran Ditutup, Joko Suranto Resmi Calon Tunggal Ketua Umum REI

joko suranto
CEO Buana Kassiti, Joko Suranto, calon ketua umum DPP REI periode 2023-2026

Propertynbank.com – Hingga batas akhir pendaftaran pada 29 Mei 2023, Panitia Penjaringan Calon Ketua Umum DPP Realestat Indonesia, hanya Joko Suranto yang mendaftarkan diri sebagai calon tunggal Ketua Umum DPP REI periode 2023-2026. Dengan demikian, Ketua DPD REI Jawa Barat ini ditetapkan sebagai calon tunggal Ketua Umum DPP REI mendatang.

Ketua Panitia Penjaringan Calon Ketua Umum DPP REI Periode 2023-2026, Hervian Tahier mengatakan, ketetapan tersebut diputuskan setelah panitia penjaringan melakukan proses verifikasi dan evaluasi terhadap seluruh dokumen calon ketua umum (caketum) yang telah masuk hingga batas akhir pendaftaran.

Dijelaskan Hervian Tahier, pendaftaran caketum sudah ditutup pada 29 Mei lalu. Selanjutnya, panitia telah melakukan proses verifikasi dan evaluasi berkas dokumen caketum yang mendaftar dari tanggal 30 Mei sampai 5 Juni 2023. Dari proses pemeriksaan dan evaluasi tersebut, dinyatakan bahwa caketum tersebut telah memenuhi semua persyaratan yang ditentukan organisasi.

Baca Juga : Daftar Jadi Calon REI 1, Joko Suranto Ingin Berbuat Lebih Banyak Untuk Organisasi

“Seluruh mekanisme penjaringan sudah kami lakukan sesuai aturan organisasi termasuk sosialisasi pendaftaran caketum. Karena itu, pada hari ini secara resmi kami memutuskan hanya ada calon tunggal Ketua Umum DPP REI periode 2023- 2026 yaitu Saudara Joko Suranto yang saat ini merupakan Ketua DPD REI Jawa Barat,” ujar Hervian usai rapat paripurna panitia penjaringan di Kantor DPP REI, Jakarta, Selasa (6/6) kemarin.

Setelah penetapan ini, sambung Hervian, tahap berikutnya akan dilakukan proses sosialisasi Caketum REI yang menurut rencana akan dipusatkan di Bali pada 5 Juli 2023. Karena pemilihan kali ini hanya ada satu calon, ungkap dia, maka nantinya caketum tersebut diminta menandatangani pakta integritas sebagai komitmen untuk selalu menjaga persatuan REI termasuk memenuhi semua janji dan visi misinya.

Sementara itu, Anggota Panitia Penjaringan Calon Ketua Umum DPP REI, Moerod, berharap calon tunggal dalam pemilihan ketua umum kali ini justru menjadi momentum yang harus digunakan REI untuk menjadi semakin solid dan bersatu di masa mendatang. Menurutnya, sebagai organisasi perusahaan properti yang tertua dan terbesar di Indonesia, REI sudah sangat teruji dan matang dalam berdemokrasi. “Ayo kita gunakan ajang pemilihan ketua umum tahun ini sebagai momentum positif untuk semakin solid bersinergi dan kompak menyatukan semua kekuatan yang ada di REI,” kata Moerod.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Jenderal DPP REI, Hari Ganie mengatakan Panitia Pengarah Munas REI 2023 sedang mempersiapkan berbagai instrumen pendukung terkait pemilihan Ketua Umum REI dengan calon tunggal. “Draft tata cara pemilihan sedang disusun sesuai AD/ART dan PO REI,” ungkapnya usai menerima laporan hasil rapat evaluasi Panitia Penjaringan Calon Ketua Umum DPP REI tersebut .

Proil Joko Suranto

Saat mendaftarkan diri sebagai Calon Ketua Umum DPP REI periode 2023-2026 pada Jumat (26/5) lalu, Joko Suranto menjadi pendaftar yang pertama dan sekaligus yang terakhir. Sebagai anggota REI sejak 2009, kata Joko, dirinya ingin berbuat lebih banyak untuk organisasi dan bercita-cita menjadikan REI lebih baik dan lebih bermanfaat bagi seluruh anggota.

Joko Suranto mengaku inilah panggilan jiwa untuk menjadikan REI sebuah organisasi yang kuat. “Saya berkomitmen untuk terus menjaga semangat kekeluargaan dan kebersamaan di REI yang sudah dirawat sejak organisasi itu didirikan pada 11 Februari 1972,” ungkapnya.

Baca Juga : Target Bangun 5000 Unit Rumah Hingga Akhir Tahun, REI Bekasi Gelar Akad Massal Dengan BTN

Joko Suranto lahir 20 Januari 1969 di Desa Jetis, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Dia merupakan alumnus Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tahun 1993. Saat ini, dia adalah Ketua Yayasan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) FH UNS.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Joko Suranto yang juga Ketua DPD REI Sumatera Utara, Andi Atmoko Panggabean mengatakan sebanyak 37 DPD REI seIndonesia sudah sepakat untuk mendukung Joko Suranto sebagai nahkoda REI periode 2023-2026. “Pak Joko Suranto sudah siap untuk mewakafkan diri, waktu dan pemikirannya bagi kemajuan REI,” ujar Moko, panggilan akrabnya. Menurut Moko, sebagai pengusaha properti yang membangun di semua segmen pasar properti dari rumah subsidi hingga proyek properti komersial, Joko Suranto yang merupakan CEO Buana Kassiti itu sudah memahami betul berbagai persoalan dan hambatan regulasi yang menyulitkan pengembang. “Kita berharap pak Joko Suranto mampu menemukan solusi terbaik bagi kemajuan bisnis anggota REI di seluruh Tanah Air,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini