Property & Bank

Kenari Djaja Gelar Seminar Bertajuk Karya Cipta Terbaik Desain & Arsitektur Di Indonesia

karya cipta
Seminar karya terbaik arsitektur di Indonesia

Propertynbank.com – Karya cipta arsitektur, desainer interior, dan arsitek lansekap adalah hasil olah inspirasi dan inovasi Arsitek dan Desainer di bidang Jasa Konstruksi yang menghasilkan pembangunan dan perubahan lingkungan di sekitar kita. Saat ini Karya Cipta para ahli Indonesia telah mencapai hasil desain yang cukup tinggi dan makin berkualitas dengan dukungan teknologi modern, sehingga tidak kalah dari karya di Negara lain.

Sehingga penting sekali bila sesama kolega atau asosiasi profesi seperti IAI, HDII dan IALI, terus melakukan penilaian rutin karya cipta ini untuk mendapatkan predikat terbaik dan diketahui masyarakat.

Majalah Asrinesia dan Kenari Djaja bersama asosiasi profesi yang selalu mengikuti perkembangan produk Desain & Arsitektur, melihat karya cipta terbaik pilihan komunitas desainer dan arsitek perlu diinformasikan lebih lanjut melalui sebuah seminar tentang ‘Karya Cipta Terbaik – DESAIN & ARSITEKTUR’.

Seminar diselenggarakan secara online tanggal 11 Agustus 2022, diharapkan menjawab pertanyaan publik tentang pencapaian bangsa Indonesia di bidang Jasa Konstruksi, saat memperingati HUT Kemerdekaan R.I. ke- 77. Sebanyak 1729 orang mendaftar menjadi seminar, sebanyak 990 orang mengikuti melalui zoom dan 50 orang lewat channel Youtube.

Dipimpin moderator Arsitek I GEDE OKA SINDHU PRIBADI, IAI, AA, tiga karya terpilih, diantaranya rancangan Desain Interior sebuah Hotel Internasional di Bali karya RUDY DODO, HDII, merupakan karya cipta tahun 2020 pilihan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII). Rudy menjelaskan konsep dan beberapa kelebihan desain karya ciptanya yang mendapatkan pujian dari sesama koleganya, sebagai pilihan desain interior terbaik saat itu.

Untuk pendekatan Arsitektur Lansekap pada lingkungan kawasan bangunan industry yang berwawasan hijau di kawasan cukup luas, dirancang secara harmoni dan fungsional, sehingga memberi nilai tambah terhadap bangunan dan lingkungan sekitarnya dilakukan oleh Lanskaper DEDY GUSWANDI, IALI. Pilihan terbaik dari Ikatan Arsitek Lansekap Indonesia (IALI) ini, karena misinya berhasil diwujudkan melalui tata ruang dan penghijauannya yang selaras dengan konsep “green architecture”.

Arsitek asal Bali POPO DANES, IAI, AA yang setiap karya inovatifnya kerap mendapat penghargaan arsitektur, menampilkan pengalamannya dalam merancang hunian yang indah serasi dengan alamnya, sehingga bernilai sewa ‘mahal’. Komplek hunian pariwisata Lelewatu Resort & Spa di Nusa Tenggara Timur ini, telah menjadi incaran wisatawan mancanegara, karena desainernya yang sempt menerim anugrah ‘Kohler Bold Design Award’ dan ‘Prix Versilles’.

Dirjen CIPTA KARYA Kementerian PUPR Ir. Diana Kusumastuti, M.T., sangat menghargai pencapaian karya-karya pada desainer dan arsitek Indonesia, yang telah banyak mewarnai hasil pembangunan nasional kita di seluruh Indonesia, dan tidak kalah dengan karya dari mancanegara. Oleh sebab itu dalam program pembangunan Ibu Kota Negara baru Nusantara, Pemerintah telah mempercayakan perencanaan dan pembangunannya kepada para ahli di dalam negeri.

Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Ar. Budi Yulianto, IAI, AA, dalam sambutannya mengatakan, desain Karya Cipta yang sukses pasti akan mengangkat prestasi desainer atau arsiteknya menjadi sangat prestisius dan membanggakan bangsa. Karenanya kelebihan imajinasi dan daya inovasi para ahli lokal yang bekelas dunia ini patut diperjuangkan untuk mendapat penghargaan dari Asosiasi Profesinya, bahkan dari Negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *