Property & Bank

Lebih 20 Tahun Menekuni Bisnis Properti, Kemampuan Setia Sudah Teruji

Setia
Setia Iskandar Rusli, CMO Cipta Harmoni Lestari

Propertynbank.com – Sebuah iklan lowongan di surat kabar tahun 1998 menyebutkan, pendapatan pemasar properti bisa mencapai Rp 100 juta. Tak pelak, hal ini yang akhirnya mendorong Setia Iskandar Rusli, yang saat ini sebagai CMO Cipta Harmoni Lestari untuk menekuni bisnis properti.

Setia memulai peruntungan di industri properti sejak tahun 1999 dan bergabung dengan kantor agen properti asal Australia, Raine & Horne. Sebelumnya, dirinya menamatkan pendidikan S1 di Australia sebagai Sarjana Bisnis Marketing. Ilmu yang dia dapatkan selama menempuh pendidikan, sangat cocok dengan bidang yang digeluti sehingga bisa langsung dipraktekkan.

Setelah beberapa lama menambah pengalaman di kantor agen properti, Setia mulai melirik perusahaan developer agar kemampuannya terus meningkat. Setia sudah bergabungdengan pengembang-pengembang besar seperti Ciputra Group dan Agung Podomoro Group serta Gajah Tunggal.

Setia termasuk dalam tim inti Bersama owner pemilik lahan yang sekarang dibangun Citra Tower Kemayoran yang dikembangkan Ciputra Group. Sedangkan di Agung Podomoro Group, Setia ikut memasarkan superblok Season City, Grogol.

Bukan hanya proyek baru, Setia Rusli juga ditantang untuk menangani proyek properti yang mangkrak. Kemampuan Setia teruji, mulai dari pemasaran hingga keuangan agar proyek tersebut kembali hidup. Dia mampu memenuhi target menyelesaikan pekerjaan padahal baru setengah dari waktu yang diberikan. Hasilnya, dirinya mampu memenuhi keinginan perusahaan dengan penjualan yang over target. Padahal, proyek tersebut sudah mangkrak selama empat tahun.

Setia tidak hanya piawai menangani properti residensial, tapi juga komersial bahkan kawasan industri. Dirinya sempat pegang kawasan industri di Cikande seluas 2000 hektar yang dikembangkan oleh Modernland Realty. Setelah itu kembali pegang proyek pengembangan masterplan perumahan yang dikembangkan oleh Ciputra di Palembang, Pontianak, Balikpapan, Samarinda dan Citra Garden BMW di Tangerang.

Impian Setia Di Properti

Sebelum bergabung dengan Cipta Harmoni Lestari, Setia sempat berlabuh di Sinar Mas Land untuk menangani perumahan yang paling mewah di kawasan BSD. “Saya punya impian waktu masuk ke dunia properti itu adalah harus mampu dan mengerti properti dari semua lini, mulai A-Z. Saya sudah banyak mengenai properti, trik nya seperti apa sehingga bisa memberikan yang terbaik untuk konsumen,” tutur Setia.

Menurut Setia, mengembangkan properti itu sebenarnya bagaimana bisa memberikan konsep, produk terbaik dengan tulus. Jika hal itu sudah dapat, maka proyeknya tinggal mengikuti dan arsitek juga bisa mengikuti. Dirinya mencontohkan bagaimana konsep dan lingkungan serta keunggulan Mazenta Residence yang dapat dinikmati oleh konsumen.

“Mazenta Residence ini kalau bicara spek, memang paling banyak lebihnya dibanding yang lain untuk di kelas nya. Menurut saya ini paling worth buying untuk konsumen. Saya selalu ingin dengan value maksimal yang diberikan ke konsumen dengan mendapatkan produk yang bagus. Ekonomis itu tidak selalu dianggap murah. Padahal jika bicara kawasan, Bintaro tentu jauh lebih baik dibanding sekitarnya,” kata Setia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *