Kemenangan Bersama Melawan Pandemi Covid-19

Pasar masih membutuhkan media cetak

0
melawan pandemi
Cover Property&Bank edisi 187

Propertynbank.com – Pembaca yang mulia, dimanapun Anda berada. Doa dan harapan tetap kita panjatkan kepada Allah SWT agar kita semua diberikan kesehatan, kesejahteraan dan keberhasilan dalam segala kondisi. Semoga pandemi segera berakhir dan semua komponen masyarakat bisa kembali beraktifitas seperti sediakala.

Pembaca, berkat doa Anda semua kami kembali hadir menemui Anda. Baik melalui versi cetak, maupun versi digital. Kami harus bersyukur, sampai saat ini masih tetap setia hadir di ruang baca Anda sejak awal Covid-19 mendera dunia. Kita tahu dan turut prihatin melihat tidak sedikit bisnis dan tempat usaha sahabat-sahabat yang tadinya berkibar, harus menyerah dihantam pandemi.

Seorang sahabat sesama pengelola bisnis media mengaku saat ini harus bertahan dengan mengelola media portal karena melihat ancaman pandemi masih besar. “Sementara saya hanya kelola versi web saja dulu sambil menunggu kondisi benar-benar memungkinkan,” tutur sahabat lama ini. Ia berharap bisa kembalil menerbitkan medianya yang sempat menjadi bacaan utama pelaku usaha properti dan masyarakat.

Pembaca, tidak mudah memang menghadapi kondisi pandemi yang menggerogoti cashflow usaha ditambah melemahnya daya beli dan rendahnya keinginan perusahaan beriklan. Belum lagi rantai pasok distribusi media melalui agen-agen konvensional menghilang di hantam pandemi. Toko-toko buku yang selama ini setia menanti kehadiran media untuk masuk ke rak pajangan, juga sempat menutup pintu karena kekuatiran memegang fisik secara langsung.

Tidak sedikit brand media ternama kini hilang dari peredaran. Sebelumnya media cetak sudah kehilangan para pembacanya secara signifikan digeser media online. Kehadiran Covid-19 menjadi disrupsi yang berdampak negatif bagi para industri media cetak. Sudah kehilangan pembaca, juga kehilangan iklan. Lalu, ketika omzet perusahaan media cetak semakin menipis, akan membawa perusahaan bangkrut/tutup dan terpaksa melakukan PHK minimal pemotongan gaji karyawan.

Meski Pandemi Tetap Optimis

Untuk media cetak segmented seperti kami, semula kami optimis masih akan tetap bertahan meski tetap harus mempersiapkan pengembangan berbagai media berbasis teknologi digital. Namun, pandemi mengubahnya dengan seketika. Siap atau tidak siap kami juga harus menghadapi kondisi yang mendadak ini dengan melakukan berbagai reposisi. Baik strategi usaha, penampilan media serta dukungan media teknologi digital. Kehadiran sejumlah apps dan teknologi digital, justru menambah semangat kami untuk tetap konsisten di industri media profesional, apapun bentuknya.

Hasil riset kecil kami, ternyata masih ada celah pasar yang membutuhkan media cetak. “Bisa di simpan, di dokumentasikan serta bisa dijadikan hadiah kepada relasi,” alasan seorang pengembang muda yang menjadi cover story media ini. Kelebihan ini tidak dimiliki online. Meski begitu, pengembangan serius media digital dan media sosial juga penting dilakukan. Selain mengandalkan jaringan pemasaran digital melalui gramedia dan flatform virtual lainnya, kami juga mengembangkan web untuk mendukung masyarakat membeli media-media cetak dan digital yang kami pasarkan.

Melalui web grahajurnalis.id yang kami sebut sebagai media store dan kursus ini, masyarakat bisa belanja media digital sambil berselancar mencari pilihan beragam kursus keahlian seperti Bahasa Inggris, Pelatihan dan uji kompentensi agen properti serta kursus jurnalistik tentunya sebagai kompetensi utama kami di industri media. Tersedia beragam pilihan kursus dengan biaya sangat terjangkau dan ada yang free sebagai bentuk kontribusi kami memajukan keahlian anak bangsa lewat keterampilan profesi.

Di tengah semangat semakin terkendalinya Covid-19 dan berlalunya pandemi, tidak berlebihan jika kemenangan menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 kali ini, juga adalah kemenangan kita bersama melawan Covid-19 dan pandemi. Selamat hari raya dan selamat merayakan kemenangan kita semua.

Ir. H.Indra Utama, M.PWK
Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.