Property & Bank

Ini 5 Kota Favorit Perempuan Indonesia Saat Mencari Properti

perempuan
Rumah di kawasan Tangerang

Propertynbank.com – Dalam peringatan Hari Kartini beberapa waktu lalu, 99 Group Indonesia mengungkap pencarian properti oleh kalangan perempuan mengalami peningkatan sekitar 12 persen pada periode Januari-Februari 2023, yaitu sebesar 58,7 persen jika dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022, dimana pencari properti kalangan perempuan saat itu tercatat sebesar 46,6 persen.

Adapun lima kota terfavorit untuk pencarian properti di kalangan perempuan adalah Tangerang (31,9%), Bandung (16,7%), Jakarta Barat (15,8%), Jakarta Selatan (12,4%) dan Bekasi (6,4%).

Country Manager 99 Group Indonesia, Maria Herawati Manik, mengungkapkan, banyak perempuan saat ini telah memiliki penghasilan sendiri dengan didukung kemampuan mengelola keuangan yang baik. “Perempuan juga semakin melek properti dengan menyadari pentingnya memiliki properti sebagai potensi investasi jangka panjang,” kata dia.

Baca Juga : Usai Lebaran, Masyarakat Yang Mencari Properti Mulai Meningkat

Selain sebagai potensi investasi, kepemilikan hunian bagi perempuan juga bisa menjadi tempat tinggal yang aman dan nyaman, terutama saat memulai kehidupan keluarga baru bersama pasangannya.

Peningkatan minat ini terlihat dari data internal 99 Group. Pencarian properti oleh kalangan perempuan mengalami peningkatan sekitar 12 persen pada periode Januari-Februari 2023, yaitu sebesar 58,7 persen jika dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022, dimana pencari properti kalangan perempuan saat itu tercatat sebesar 46,6 persen.

Tren Minat Perempuan Indonesia

Sementara itu, Product and Business Ops General Manager 99 Group Indonesia, Shafirra Shikka Larasati, menjelaskan, pencarian tipe properti di kalangan perempuan sangat didominasi oleh rumah tapak (99,8%), disusul apartemen (0,2%).

“Hal ini mengindikasikan preferensi perempuan cenderung memilih rumah tapak dikarenakan beberapa alasan, seperti fleksibilitas penggunaan ruang, kebutuhan privasi yang lebih besar dan kepemilikan terhadap tanah serta area yang lebih luas dan dapat memiliki area taman,” ujarnya.

Dari sisi usia, perempuan yang aktif mencari properti didominasi kalangan usia produktif, yakni rentang usia 25-34 tahun (38,9%) dan 35-44 tahun (27,3%). Dua kelompok usia tersebut memiliki kemampuan finansial yang cukup untuk memiliki hunian. Di sisi lain, perempuan kalangan Gen-Z, juga mulai memiliki minat yang cukup tinggi dalam mencari properti, yakni sebesar 20,6 persen.

Baca Juga : Kabar Baik ! Minat Pembelian Properti Online Tumbuh 9 Persen 

“Perempuan Gen-Z mulai memasuki pasar tenaga kerja sehingga mereka berusaha membangun kemandirian finansial sekaligus mengumpulkan berbagai macam informasi yang diperlukan untuk mendapatkan hunian impian mereka. Mereka mulai menyadari pentingnya memiliki hunian sebagai aset dan potensi investasi jangka panjang,” papar Laras.

Adapun lima kota terfavorit untuk pencarian properti di kalangan perempuan adalah Tangerang (31,9%), Bandung (16,7%), Jakarta Barat (15,8%), Jakarta Selatan (12,4%) dan Bekasi (6,4%). Kelima kota ini cenderung dekat dengan pusat kota Jakarta. Hunian di dekat pusat kota bisa mendukung keseharian perempuan dalam mengakses fasilitas publik yang lebih terjangkau dan mumpuni, seperti rumah sakit, sekolah, transportasi umum, pusat perbelanjaan, tempat wisata dan tempat hiburan.

Ke depannya, 99 Group Indonesia berkomitmen untuk terus menjaga semangat Kartini. Hal Ini dikarenakan perempuan sudah memainkan peranan penting dalam keputusan pembelian properti, baik sebagai pembeli langsung maupun pengambil keputusan atas properti yang akan dipilih.

VP People 99 Group, Tina Doulat, menambahkan, perempuan Indonesia saat ini telah jauh lebih maju dan mengambil banyak peran strategis di berbagai bidang, termasuk di industri properti. Keterlibatan perempuan dalam industri properti semakin penting dan semakin banyak terlihat dalam industri ini. “Saya optimistis semangat Kartini untuk terus belajar dan mengembangkan diri dapat membantu perempuan-perempuan Indonesia untuk semakin berdaya dalam mendukung pengembangan sektor properti nasional,” tutupnya.

Pada bagian lain, Marketing Communication Manager 99 Group Indonesia Elizabeth Cornelia menyatakan, dengan mempertimbangkan perspektif dan kebutuhan perempuan dalam properti, pihaknya berusaha mengembangkan dan mempromosikan layanan, fitur, produk, kegiatan hingga konten edukasi properti yang sesuai dengan perspektif perempuan.

Baca Juga : Properti Tetap Tumbuh di 2023, Ray White Buka Kantor Baru di Pondok Indah

“Hal ini diharapkan mampu memberdayakan para perempuan pencari properti agar bisa semakin mandiri dan mendapatkan wawasan yang cukup dalam mempersiapkan diri untuk memperoleh properti impiannya,” tutup Elizabeth Cornelia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *