Property & Bank

Lindungi Agen Properti Dari Money laundering, Kemendag Imbau Anggota AREBI dan AREAI Registrasi Apps goAML

Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri,  Syailendra menghimbau Ketua Asosiasi Real Estate Broker Indoesia (AREBI)  dan Ketua Aliansi Real Estate  Agent Indonesia (AREAI) untuk meminta anggota organisasi perantara perdagangan properti ini melakukan registrasi aplikasi goAML. Pada surat tertanggal 13 September 2022,  bernomor BU.01.01/527/PDN/SD/09/2022 yang bersifat segera ini dikeluarkan dalam rangka melindungi pelaku usaha Perusahaan Perantara Perdagangan Properti (P4) dari pelaku Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Himbauan ini merujuk pada Pasal 17 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (UU TPPU), maka Agen Properti termasuk dalam jenis Pihak Pelapor Penyedia Barang dan/atau Jasa Lain yang wajib menyampaikan Laporan Transaksi dan Laporan Transaksi Keuangan Mencurigakan kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Berdasarkan Peraturan Kepala PPATK Nomor 2 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penyampaian Laporan Transaksi dan Laporan Transaksi Keuangan Mencurigakan melalui aplikasi go AML bagi Penyedia Barang dan/atau Jasa Lain, Agen Properti wajib melakukan registrasi dan pengkinian data pada aplikasi goAML.

Diketahui terdapat 10.636 dari 11.743 (90,57%) Perusahaan Properti/Agen Properti yang belum melakukan kewajiban registrasi pada aplikasi goAML berdasarkan data populasi Perusahaan Properti/Agen Properti yang dimiliki oleh PPATK pada periode Semester 1 Tahun 2022.

“Kami mengharapkan Saudara untuk secara aktif melakukan sosialisasi dan himbauan kepada seluruh anggota asosiasi agar segera melakukan registrasi aplikasi goAML,” kata Syalendra pada surat himbauan ini.  Selain untuk pemenuhan kewajiban pelaporan, kewajiban registrasi ini juga merupakan upaya perlindungan bagi Agen Properti dari pemanfaatan oleh pelaku TPPU sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 29 UU TPPU.

Surat himbauan ini ditembuskan kepada Deputi Bidang Pelaporan dan Pengawasan Kepatuhan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Sekretaris Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag dan Plt. Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa Kemendag. Untuk teknis pengisian apps goAML, dapat dipelajari pada Tutorial Pengisian pada link : bit.Iy/PetunjukTeknisgoAML

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *