Property & Bank

Makin Cantik Kota Tua Padang dan Jembatan Siti Nurbaya Di Cat Ulang

kota tuaPropertynbank :  Dalam upaya melestarikan warisan budaya di Kota Padang, PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), produsen cat Dulux, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Padang melakukan pengecatan ulang Kota Tua Padang dan mewarnai Jembatan Siti Nurbaya.

Upaya ini selain untuk memperindah kota Padang, juga sebagai upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Padang, Sumatera Barat.

Kegiatan pengecatan ini merupakan bagian dari inisiatif Let’s Colour, yang bermakna memberi warna pada kehidupan banyak orang di seluruh dunia. Hingga hari ini telah terlaksana ribuan program Let’s Colour di seluruh dunia, yang seluruhnya membuktikan kekuatan positif dari cat dan warna yang dapat mengubah hidup, semangat, suasana dan kualitas hidup masyarakat.

Peresmian wajah baru Kota Tua Padang dan Jembatan Siti Nurbaya diadakan bertepatan dengan Hari Pahlawan (10/11/2022). Melalui Hari Pahlawan, masyarakat Indonesia memperingati jasa para pahlawan yang telah gugur dan terus melanjutkan perjuangan mereka di bidang-bidang lain. Dengan semangat kepahlawanan, bangsa Indonesia senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Yudhy Aryanto, Country Commercial Head PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), menjelaskan Program Let’s Colour di kota Padang telah selesai dan menggunakan hampir 5.000 liter cat Dulux.

Lebih jauh dikatakan Yudhy, “Kami yakin akan kekuatan cat untuk mengubah kehidupan dengan mengangkat kehidupan masyarakat dan membuat lingkungan menjadi lebih menyenangkan dan indah. Merupakan kehormatan bagi kami dapat bekerja sama dengan pemerintah Kota Padang untuk melestarikan warisan budaya. Kami akan terus melestarikan lebih banyak lagi warisan budaya, termasuk arsitektur bersejarah di Indonesia untuk menjaga keindahannya dengan cat kami yang inovatif, ramah lingkungan, dan tahan lama,”ujarnya.

Sebelum peresmian, Dulux telah mengadakan pelatihan pengecatan (Dulux Painter Academy) yang diikuti oleh puluhan komunitas aplikator cat/tenaga pengecatan (painters) di Padang.

“Pelatihan ini merupakan bentuk komitmen Dulux terhadap pengembangan sumber daya manusia,”pungkas Yudhy.

Sementara itu, Hendri Septa, B. Bus. (Acc), M.I.B, Walikota Padang, mengatakan, “Salah satu upaya Pemerintah Kota Padang untuk melestarikan warisan budaya adalah melalui pengecatan ulang bangunan warisan budaya. Kami bekerja sama dengan PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) untuk mengecat ulang Kota Tua Padang dan mewarnai Jembatan Siti Nurbaya sehingga menjadi lebih indah. Kami mengucapkan terima kasih kepada PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) dan pihak-pihak terkait atas komitmen dan dukungan mereka dalam pengecatan ulang Kota Tua Padang dan memperindah Jembatan Siti Nurbaya. Dengan keindahan yang terjaga, Kota Tua Padang dan Jembatan Siti Nurbaya senantiasa menjadi tujuan wisata populer yang dapat mempromosikan pariwisata di Padang dan berkontribusi pada multi efek, terutama dalam meningkatkan perekonomian kota Padang.”

Gunawan Tedysukianto, Ketua Komunitas BakCangk dan Ketua RUM (Relawan Usaha Mikro), mengatakan, “Kota Tua Padang dan Jembatan Siti Nurbaya banyak dikunjungi oleh wisatawan. Kami optimistis bahwa dengan memperindah Kota Tua Padang dan Jembatan Siti Nurbaya, kedua ikon pariwisata di kota Padang tersebut akan memikat lebih banyak wisatawan ke Padang. Kami senang dapat berpartisipasi dalam pelestarian cagar budaya ini bersama dengan Pemerintah Kota Padang dan PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) karena kami juga dapat menunjukkan semangat kebhinekaan di Padang melalui pentas seni budaya dari berbagai komunitas lokal.”

Let’s Colour Kota tua

Sebagai hasil dari program Let’s Colour, keindahan arsitektur bangunan bersejarah di Kota Tua Padang tetap terjaga kelestariannya, dan Jembatan Siti Nurbaya yang ikonik menjadi lebih berwarna dengan menggunakan warna-warna tradisional setempat.

Cat Dulux yang digunakan dalam program Let’s Colour tersebut salah satunya adalah Dulux Weathershield Flash, yang memberikan hasil pengecatan sempurna dalam waktu lebih singkat melalui kombinasi keunggulan cat dasar dan cat dinding dalam satu produk.

Dengan cat Dulux yang inovatif, Kota Tua Padang dan Jembatan Siti Nurbaya terjaga keindahannya sehingga generasi mendatang senantiasa dapat melihat kelestariannya.

Acara peresmian wajah baru Kota Tua Padang dan Jembatan Siti Nurbaya ini juga mencerminkan nilai-nilai budaya seperti toleransi dan kebersamaan yang telah diturunkan dari generasi ke generasi di Padang. Berbagai macam pertunjukan seni budaya yang ditampilkan pada acara tersebut antara lain berbagai tarian tradisional dan barongsai.

Pengecatan ulang Kota Tua Padang dan mewarnai Jembatan Siti Nurbaya sehingga menjadi lebih indah merupakan salah satu program Let’s Colour terkini di Indonesia.

“Program Let’s Colour di Indonesia telah kami mulai sejak tahun 2016, dan telah diadakan di beberapa kota seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Palembang, Salatiga, Yogyakarta,” tutup Yudhy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *