Property & Bank

Gelar Pembelajaran Berbasis Virtual Reality, CIMB Niaga Raih Rekor MURI 

Virtual Reality
Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan (kiri) bersama Direktur Human Resorces CIMB Niaga Joni Raini (tengah) menerima Piagam Rekor MURI dari Wakil Direktur Utama MURI Osmar Semesta Susilo (kanan)

Propertynbank.com – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berhasil mencatatkan rekor baru di Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) yaitu sebagai Bank Pertama yang Menyelenggarakan Pembelajaran dengan Virtual Reality (VR) Headset. Pengakuan atas inovasi berkelanjutan CIMB Niaga dalam memanfaatkan teknologi VR untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) ini kian mengukuhkan posisi CIMB Niaga sebagai salah satu game-changer di industri perbankan di Indonesia.

Piagam Rekor MURI tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Direktur Utama MURI Osmar Semesta Susilo kepada Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan bersama Direktur Human Resorces CIMB Niaga Joni Raini bertepatan dengan Syukuran Hari Ulang Tahun CIMB Niaga ke-67 di Jakarta.

“Terima kasih kepada MURI atas apresiasi yang diberikan dan semua pihak yang mendukung digitalisasi pengembangan SDM di CIMB Niaga hingga mencapai kemajuan signifikan seperti saat ini. Penggunaan teknologi VR merupakan bagian dari perwujudan HyWork (cara kerja baru yang lebih fleksibel serta efektif dalam meningkatkan produktivitas, kolaborasi, dan hubungan sesama karyawan), khususnya pada pilar HyLearn untuk meningkatkan pengalaman training secara digital yang efektif, efisien, dan menyenangkan,” kata Joni di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Mengenal Teknologi Virtual Reality

Seperti diketahui, Virtual Reality merupakan teknologi yang mampu menciptakan simulasi dengan menghadirkan visual dan suasana tiga dimensi. Teknologi tersebut diadopsi CIMB Niaga melalui VR Headset yang menghadirkan pengalaman belajar imersif berbasis skenario, menggunakan video 360 derajat, dan konten model tiga dimensi (3D) ke dalam lingkungan pelatihan yang disimulasikan.

Saat ini Virtual Reality Headset tersedia di 325 kantor cabang CIMB Niaga yang tersebar di 95 kota di Indonesia. Melalui perangkat tersebut, sebanyak 4.500 peserta telah menyelesaikan beragam modul pembelajaran seperti pembukaan rekening baru, penanganan pengaduan nasabah, dan transaksi teller (khusus untuk frontliner), serta modul dasar untuk semua karyawan seperti fire-drill, coaching dan lainnya.  Selain itu, CIMB Niaga juga telah meluncurkan 4 VR Corner di kantor pusat dan Learning Center untuk memfasilitasi karyawan dalam mempelajari modul-modul yang tersedia atau mencoba aktivitas photo booth yang menyenangkan.

Joni menjelaskan, kemudahan pembelajaran bagi karyawan melalui Virtual Reality sejalan dengan semangat Enabling Talent yang merupakan bagian dari nilai-nilai EPICC CIMB Niaga (Enabling Talent, Passion, Integrity & Accountability, Collaboration, Customer Centricity). CIMB Niaga berkomitmen untuk memberdayakan dan mengembangkan setiap karyawan serta berupaya menjadi tempat terbaik bagi talenta-talenta yang ada.

“Kami terus berinvestasi dalam pengembangan SDM dengan memberikan kesempatan belajar baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Salah satu metode pembelajaran terbaru yaitu dengan teknologi VR. Kami berharap inovasi ini dapat meningkatkan motivasi karyawan untuk memberikan kontribusi terbaik kepada perusahaan,” ujar Joni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *