Property & Bank

Tepis Isu Resesi, Penjualan Properti Royal Tajur di Awal Tahun Meningkat 50 Persen

royal tajur
Gerbang cluster The Dunters, Royal Tajur, Bogor

Propertynbank.com – Memasuki tahun 2023, penjualan produk-produk properti di kawasan Royal Tajur, Bogor yang dikembangkan Suryamas Group meningkat 50 persen, khususnya penjualan rumah dan apartemen.

General Manager PT Tajur Surya Abadi, Hendra Gunawan yang merupakan bagian dari Suryamas Group mengatakan, penjualan ini meningkat jika dibanding 3 bulan terakhir  atau rata-rata per bulan di Quarter 4 (Q 4) 2022. Peningkatan ini, kata dia, diyakini akan terus berlanjut pada pemasaran di Q 1 2023.

Hendra Gunawan menambahkan, agresifnya konsumen dalam membelanjakan properti di Royal Tajur ini tak terlepas dari makin merendahnya kekhawatiran terhadap momok resesi ekonomi global tahun 2023 yang juga diikuti naiknya suku bunga kredit. Ternyata apa yang ditakutkan itu belum ada indikasi dan eskalasi ke sana.

”Hal ini dibuktikan dengan sebagian besar konsumen kami yang menahan closing di November dan Desember 2022, pada Januari 2023 berani belanjakan/investasikan uangnya beli rumah atau apartemen di Royal Tajur. Sebelumnya mereka khawatir isu resesi ekonomi global dan suku bunga tinggi benar terjadi. Tapi ternyata tidak segawat yang diperkirakan,” kata Hendra, Senin, 20 Februari 2023.

Oleh sebab itu, sambung Hendra, penjualan Royal Tajur tahun ini diyakini dapat tumbuh sedikitnya 25-30 persen dibanding tahun lalu. Beberapa produk unggulan dan menarik pun ditawarkan, yaitu: Cluster The Dunters Tahap 2, unit apartemen Tower B Royal Heights Apartment, rumah ready stock di Cluster Avebury dan Bradfield yang diharapkan cepat diserap pasar.

Dikatakan Hendra, per Januari 2023 penjualan rumah di Cluster The Dunters Tahap 1 telah sold out (habis terjual) dan di pertengahan Februari ini di-launching pemasaran Tahap 2. Sementara  apartemen Tower B sudah terjual sekitar 90 persen, dan pengembang menargetkan sold out pada pertengahan tahun ini.

Hendra menyarankan, di situasi yang terlihat baik dan optimis ini, merupakan saat yang tepat memutuskan membeli properti karena jika situasinya sudah booming seperti tahun 2012/2013, anda sudah terlambat mendapatkan gain yang tinggi akibat developer sudah berani kencang menaikkan harga.

“Melihat penjualan yang cukup menggembirakan di Cluster The Dunters dan Tower B Royal Heights Apartment, kami memutuskan untuk mempercepat hand over (serah terima) kepada konsumen secara bertahap untuk unit pembelian The Dunters Tahap 1 yang sudah sold out dan juga unit apartemen Tower B yang dalam PPJB masing-masing disebutkan serah terima pada Juli 2024 dan Juli 2023, kami majukan menjadi mulai bulan Maret atau 4 bulan lebih awal,” tegas Hendra.

Khusus untuk apartemen, kata Hendra, jika dibandingkan dengan proyek apartemen lain, pengembangan Royal Heights Apartment boleh dikatakan tersukses di Bogor. Sebab di saat sebagian apartemen mengalami keterlambatan serah terima, bahkan tak sedikit yang mangkrak dengan alasan dampak dari pandemi Covid-19, apartemen low-rise ini malah memajukan jadwal serah terimanya.

royal tajur
Royal Heights Apartment, Royal Tajur, Bogor

Bukan hanya itu, lanjut Hendra, pembeli di Tower A juga sudah menikmatikan keuntungan dari program rental gurentee (jaminan sewa) dua tahun dari developer. Bahkan beberapa pemilik yang menitipkan unitnya ke platform sewa menyewa mendapatkan gain lebih besar, yaitu Rp5 juta per bulan. Sementara rental gurentee dari developer fix Rp3,25 juta per bulan fix untuk unit 2 bedroom.

Sementara itu, Department Head Sales Royal Tajur, Frans Hartono menjelaskan, beberapa konsumen Royal Tajut tidak ambil program itu, tapi titipkan ke platform sewa menyewa dan hasilnya di atas Rp5 juta per bulan. Ini data selama tiga bulan terakhir yang kami dapatkan dari salah satu platform sewa menyewa unit apartemen. ”Rp5 juta itu dengan akupansi tidak tiap hari atau tidak full sebulan, hanya sekitar 50 persen saja. Bayangkan kalau tiap hari terisi,” jelasnya.

Pemilik (investor) unit 2 bedroom di Tower A ini, ungkap Frans, menyicil ke bank Rp4,7 juta per bulan, dapat hasil sewa Rp5 juta. Berarti dapat gain sedikitnya Rp300 ribu per bulan. Jadi boleh dikatakan mereka tidak lagi nyicil karena sudah dibayarkan dari hasil sewa. Beda kalau ikut program developer, mereka harus tambah sekitar Rp1 jutaan per bulan.

Royal Tajur Gelar Promo Menarik

Untuk menarik lebih banyak minat pembeli, Frans mengatakan pihaknya memberikan promo menarik khusus di bulan Februari dan Maret. Beberapa keuntungan ditawarkan bagi pembeli landed house, yaitu free biaya KPR dan akad kredit (subsidi developer), booking fee hanya Rp10 juta, dan DP 0 persen merupakan kerjasama dengan Bank rekanan.

”Jadi konsumen hanya bayar booking fee Rp10 juta, DP 0 persen, dan biaya KPR dan akad free dari program developer. Jika disetujui bank, konsumen bisa langsung nyicil. Program ini sama dengan pembelian unit apartemen Tower B. Cuma bedanya booking fee hanya Rp5 juta. Di samping itu, untuk pembelian rumah ready stock dengan harga mulai Rp.2 miliaran di Februari ini, kami ada program Banting Harga hingga 20 persen,” jelas Frans.

Frans mengatakan, program promo tersebut akan di-launching di BCA Expoversary 2023, yang berlangsung di Ice BSD City, Kab. Tangerang, 23 – 26 Februari 2023. Di pameran tersebut, Royal Tajur bekerjasama dengan BCA memberi suku bunga KPR di bawah 3 persen, yaitu 2,66 persen.

Frans menjelaskan, saat ini Royal Tajur sedang memasarkan rumah Tahap 2 di Cluster The Dunters dengan harga mulai Rp800 juta hingga Rp1,3 miliar, unit apartemen Tower B mulai Rp500 jutaan sampai Rp.800 jutaan, serta rumah ready stock mulai Rp.2 miliaran.

Perumahan Royal Tajur berada di lokasi sangat strategis di tengah kota, Jl. Raya Tajur, Kota Bogor, dekat dengan berbagai fasilitas kota dan pintu tol. Kawasannya dengan keasrian yang terjaga, pemandangan pegunungan yang eksotis (Gunung Salak dan Gede Pangrango), dan dikelilingi hutan Biotrop, sehingga memberikan suasana lingkungan yang dipenuhi dengan udara segar, sehat dan penuh kenyamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *