Property & Bank

Arus Mudik Lebaran 2023 Diprediksi Meningkat, Ini Yang Disiapkan ASTRA Tol Cipali

ASTRA Tol Cipali
Firdaus Azis, Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali

Propertynbank.com – Jelang arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2023, ASTRA Tol Cipali terus mempersiapkan semua fasilitas dan layanan agar perjalanan menjadi nyaman dan lancar. ASTRA Tol Cipali atau Infra Toll Road Cikopo-Palimanan memprediksi adanya kenaikan volume lalu lintas di Ruas Tol Cikopo-Palimanan sebesar 4,1% dibandingkan dengan tahun 2022 pada periode yang sama. Diprediksi, sebanyak 121 ribu kendaraan akan melintas di Ruas Tol Cipali pada puncak arus mudik di H-3 atau di tanggal 19 April 2023.

Firdaus Azis, Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali mengatakan, dengan tidak adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada arus mudik dan balik 2023, pihaknya selaku pengelola Ruas Tol Cipali siap memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jalan.

“Kami memprediksi peningkatan arus mudik di Tol Cipali akan meningkat 4,1% atau sebanyak 121 ribu kendaraan akan melintas pada H-3 arus mudik. Sedangkan prediksi arus balik sebanyak 139 ribu kendaraan akan melintas pada H+3 setelah lebaran,” jelas Firdaus kepada sejumlah media, di Hotel Horison, Kertajati, Jumat (14/4).

Firdaus mengungkapkan, ASTRA Tol Cipali juga telah menyelesaikan pekerjaan pelebaran lajur ke-3 di depan rest area KM 86, 102 dan 130 di tanggal 13 April 2023. Dirinya berharap pelebaran lajur ke-3 skala prioritas di di depan rest area dapat mengurai kepadatan yang terjadi. Sedangkan pelebaran pertemuan antara JasaMarga dengan ASTRA Tol Cipali akan dimulai kembali setelah lebaran.

Baca Juga : Astra Property Pinang Sinarmas Land Garap Proyek Perumahan di Selatan Jakarta

Dikatakan Firdaus, dalam mewujudkan jalan tol yang aman, nyaman dan lancar, ASTRA Tol Cipali  menyiapkan berbagai antisipasi dalam mencegah terjadinya penumpukan kendaraan dibeberapa titik seperti rest area yang menjadi lokasi favorit para pengguna jalan dalam beristirahat.

“Salah satunya dengan pengaturan waktu istirahat di rest area yang bekerjasama dengan Kepolisian wilayah apabila kapasitas daya tampung di rest area sudah memasuki 70% dengan melakukan imbauan untuk dapat beristirahat di rest area selanjutnya ataupun keluar gerbang tol terdekat agar dapat beristirahat dengan maksimal,” tegas Firdaus.

Dengan adanya peningkatan volume lalu lintas selama arus mudik lebaran 2023, kata Firdaus, ASTRA Tol Cipali juga menambah berbagai fasilitas di rest area demi meningkatkan kenyamanan pengguna jalan dengan penambahan toilet di rest area KM 86 arah Jakarta dan Cirebon sebanyak 15 bilik dan 10 urinoir serta di rest area 130 arah Jakarta dengan penambahan 32 bilik toilet.

astra tol cipali
Salah satu rest area di tol Cipali yang dikelola Astra Tol Cipali

Selain itu, imbuhnya, pihaknya juga telah meningkatkan kapasitas kantong parkir yang berada di rest area KM 86 arah Jakarta dan Cirebon di Ruas Tol Cipali sehingga mampu menampung kendaraan sampai dengan 150 kendaraan. Dan rest area KM 130 arah Jakarta dan Cirebon dapat menapung 350 kendaraan pemudik. Untuk rest area tipe A yang berada di KM 102, 101, 166 dan 164 memiliki kapasitas kantong parkir lebih dari 700 kendaraan.

ASTRA Tol Cipali Siap Berlakukan One Way

Sesuai dengan Surat Keputusan Bersama yang dikeluarkan oleh Direktur Jendral Perhubungan Darat, Kepala Korlantas Indonesia, dan Direktur Jendral Bina Marga terkait dengan Peraturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyebrangan Selama Arus Mudik dan Balik Angkutan Lebaran tahun 2023, ASTRA Tol Cipali siap mendukung pelaksanaan pemberlakuan one way di Ruas Tol Cipali yang akan dimulai di tanggal 18 April s.d 21 April mulai dari KM 71 s.d KM 414. Sedangkan untuk arus balik lebaran one way akan dimulai di tanggal 24 s.d 26 April dan 29 April s.d 2 Mei dari KM 414 s.d KM 72.

Baca Juga : Kocek Dana Sebesar 6 Triliun Astra Land Siap Bangun Proyek Ke 4

“Koordinasi terus kami lakukan dengan beberapa instansi terkait seperti Korlantas, Polda Jabar, dan Kepolisian wilayah dalam mewujudkan arus mudik dan balik yang lancar dan nyaman. Koordinasi kami lakukan terkait dengan simpul-simpul kepadatan, sarana prasarana dalam menghadapi pemberlakuan one way di Ruas Tol Cipali,” ungkap Firdaus.

Dalam mewujudkan kelancaran arus lalu lintas selama pemberlakuan one way, ASTRA Tol Cipali menyiapkan sarana dan prasarana diantaranya 5.000 rubber cone, 4 tambahan kendaran derek, 25 redaksi rambu kebutuhan contra flow dan one way, serta water barrier sebanyak 225 buah.

Menurut Firdaus, kelancaran, keamanan dan kenyamanan selama arus mudik dan balik di Ruas Tol Cipali tidak akan terwujud tanpa adanya sinergi yang baik dari Korlantas, Dishub, Polda Jabar,

Kepolisian Wilayah dan para pengguna jalan. ASTRA Tol Cipali mengimbau kepada para pengguna jalan untuk dapat melakukan mudik lebih awal di tanggal 18 April 2023 untuk menghindari kepadatan selama arus mudik. Adapun mudik lebih awal pun menjadi salah satu upaya dalam menciptakan kenyamanan selama berkendara.

Selama arus mudik dan balik lebaran 2023 pastikan kondisi kendaraan dan fisik pengemudi dalam kondisi yang prima. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan kendaraan rutin dan cek tekanan ban sebelum melakukan perjalanan. Bila kondisi fisik sudah mulai lelah dan berkendara sudah lebih dari 4 jam segera beristirahat di 8 rest area yang tersebar di area Cipali.

“Untuk informasi terupdate terkait lalu lintas selama arus mudik dan balik lebaran dapat dilihat melalui media luar ruang spanduk dan variable message sign (VMS) yang tersebar di sepanjang Tol Cipali atau melalui media sosial Instagram dan twitter @astratolcipali. Apabila Anda mengalami kendala di jalan tol, Petugas Traffic Monitoring Center (TMC) siap siaga 24 jam untuk membantu Pengguna Jalan di line telepon 0260 7600 600 atau 081 1234 7600,” pungkas Firdaus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *