Property & Bank

Untar Sampaikan Pesan Kebersamaan Dalam Perayaan Tahun Baru Imlek 2574

imlek
Pimpinan Yayasan dan Sivitas Akademika Untar dalam Perayaan Imlek tahun 2023

Propertynbank.com – Universitas Tarumanagara (Untar) menyelenggarakan perayaan tahun baru Imlek 2574 Kongzili pada Kamis (2/2/2023) lalu dengan mengangkat tema Untar untuk Indonesia Bersatu dalam Keberagaman untuk Kesejahteraan Bersama. Acara rutin tahunan ini dihadiri oleh seluruh sivitas akademika dan media, digelar di Auditorium, Kampus Untar, Jakarta.

Pada perayaan Imlek tahun ini, pesan akulturasi budaya Jawa khususnya Solo dengan Tionghoa tergambar yang dilengkapi dengan penampilan Tari Gambyong Surakarta. Pesan inklusivitas yang menggambarkan keberagaman namun tetap satu. Selain itu ditayangkan pula tayangan singkat memperkuat pesan bagaimana budaya Tionghoa berpadu dengan budaya Jawa yang kemudian dapat hidup secara harmonis dalam bingkai Indonesia.

Pada kesempatan ini Guru Besar Arsitektur Fakultas Teknik (FT) Untar Prof. Dr. Ir. Naniek Widayati Priyomarsono, M.T. menjelaskan bagaimana budaya Tionghoa memberi pengaruh pada gaya arsitektur beberapa bangunan di Kota Solo. “Hal tersebut dapat dilihat dari langgam yang mengambil ciri Tionghoa pada beberapa bangunan lama yang masih tersisa di kota Solo,” jelasnya.

Sementara Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU, AE. mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang terdiri dari suku dan budaya sangat beragam, hal ini tumbuh di lingkungan Untar. “Kita sebagai bagian dari masyarakat Indonesia harus menjaga suasana inklusif di kampus agar suasana aman dan nyaman tercipta,” tegas Rektor.

Hadiah Imlek Untar Raih Lima Bintang

Kado perayaan Imlek tahun ini adalah Untar meraih lima bintang dari QS Stars Rating, yang merupakan bintang tertinggi, untuk kategori Inclusiveness. Dikatakan Rektor Untar, hal ini merupakan bukti nyata tanggung jawab Untar kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H. menjelaskan makna filosofis dibalik tahun kelinci air. Menurut dia, Kelinci merupakan perlambang hewan lemah lembut yang memiliki filosofi sebagai hewan yang memiliki kasih sayang. “Kita bisa banyak belajar mengenai kebersamaan, persatuan, dan persahabatan,” ungkapnya.

Dalam perayaan Imlek ini, hadir juga jajaran pimpinan Yayasan Tarumanagara, para tenan di lingkungan kampus Untar. Acara disuguhkan pertunjukan seni Barongsai, serta alunan lagu Sewu Kutho dan Indonesia Pusaka dalam bahasa Mandarin.

Pertunjukan ini ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa sejarah dan kebesaran bangsa ini tak terlepas dari pengaruh berbagai budaya yang ada termasuk budaya Tionghoa. Inilah kekayaan bangsa Indonesia, keberagaman dalam kebersamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *