Property & Bank

Resmikan Kantor Baru, DPD P3RSI Jawa Timur Siap Atasi Polemik Pengelolaan Rumah Susun 

pengelolaan rumah susun
DPP P3RSI (Pusat) resmikan kantor Sekretariat DPD P3RSI Jawa Timur di Intiland Tower, Surabaya

Propertynbank.com – Permasalahan dan polemik dalam pengelolaan rumah susun di Jawa Timur saat ini sedang mencuat. Oleh karena itu, seluruh pemangku kepentingan terhadap rumah susun harus segera memberikan perhatian khusus terhadap permasalahan ini, agar hubungan antara penghuni dan pengelola tetap berjalan harmonis.

Demikian disampaikan oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Indonesia (P3RSI) Adjit Lauhatta saat meresmikan kantor Sekretariat Dewan Pengurus Daerah (DPD) P3RSI Jawa Timur (Jatim), di Intiland Tower, Surabaya beberapa waktu lalu. Hadirnya sekretariat ini, kata dia, diharapkan dapat menjawab tantangan pengelolaan rumah susun di Jawa Timur.

Menurut Adjit, beberapa persoalan rumah susun yang mengemuka antara lain masalah pembentukan Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (PPPSRS), keterlambatan serah terima unit, penyesuaian tarif iuran pemeliharaan lingkungan (IPL), dan pemutusan fasilitas dasar (listrik dan air bersih).

“Disinyalir persoalan-persoalan tersebut muncul karena kurangnya pemahaman sebagian stakeholders rumah susun atas aturan atau regulasi dengan ada. Karena itu, dipandangan perlu untuk melakukan sosialisasi terhadap regulasi rumah susun, khusus di Jawa Timur,” ungkap Adjit dalam keterangannya, Selasa (28/3).

Baca Juga : Munas P3RSI, Pemerintah Minta Pengelolaan Rusun Agar Lebih Profesional

Adjit menambahkan, saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan DPRD Jawa Timur sedang menggodog Rencana Peraturan Daerah (Raperda) Rumah Susun. Oleh karena itu, pembuatan regulasi ini harus dikawal dengan baik, supaya ke depan jika ada konflik atau permasalahan bisa ditangani dengan baik. “Kami berharap Peraturan Daerah tentang Rumah Susun ini dibuat berimbang antara semua kepentingan stakaholders rumah susun di Jawa Timur,” tukasnya.

Lebih lanjut Adjit menjelaskan, polemik yang kerap terjadi dalam pengelolaan rumah susun atau apartemen di Indonesia secara umum itu hampir sama, yakni konflik mengenai pembentukan PPPSRS, transparansi, dan kenaikan tarif IPL atau service charge. Karena itu, harus ada regulasi yang jelas agar bisa berjalan baik.

Maka dari itu, Adjit menambahkan, keberadaan kantor sekretariat DPD P3RSI Jatim ini adalah untuk mempercepat dan mengoptimalkan kinerja serta layanan pengurusan kepada anggota juga seluruh pemangku kepentingan.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Ketua DPD P3RSI Jatim, Ariyanto Hermawan mengapresiasi pihak Intiland Group yang mendukung pihaknya untuk mengoptimalkan kinerjanya dengan meminjamkan unit ruang kantor di Intiland Tower Surabaya.

“Dengan adanya Kantor Sekretariat baru ini, P3RSI Jatim siap menjembatani polemik dengan cepat yang terjadi antar penguni rumah susun (apartemen) atau antara penghuni dengan pengembang,” tegas Ariyanto.

Kendala Pengelolaan Rumah Susun

Terlebih lagi, sambung Ariyanto, selama ini masih banyak kendala yang dihadapi dalam pengelolaan rumah susun, terutama masalah kepercayaan kepada pengurus PPPSRS. Hal lain adalah kepentingan pemilik/penghuni dengan kepentingan pengembang yang belum terjembatani dengan baik.

Untuk memecahkan polemik itu, DPD P3RSI Jatim akan menggencarkan sosialisasi tentang regulasi kepada penghuni rusun. Dalam hal ini, DPD P3RSI Jatim akan menggandeng Pemerintah Kota Surabaya dan Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Jawa Timur, serta stakeholders lain.

Baca Juga : Belajar Mengelola Rusun Ke Negeri Jiran

Sementara itu, Ketua DPD REI Jawa Timur, Soesilo Efendy mengaku bahwa DPD REI Jatim sangat medukung dibentuknya DPD P3RSI Jatim. Apalagi bergerak cepat dengan meresmikan kantor. Menurutnya dengan adanya kantor, maka dapat mempercepat dan mengoptimalkan kinerja dan pelayanan pengurus DPD P3RSI Jatim kepada anggota dan secara umum kepada seluruh pemangku kepentingan.

Sebagai informasi, Kantor Sekretarian DPD P3RSI Jatim tersebut berada di Intiland Tower unit 326, Surabaya. Disamping dihadiri langsung oleh sejumlah undangan dari DPP P3RSI, DPD P3RSI Jatim, dan DPD REI Jatim, secara daring juga dihadiri Pimpinan Intiland Group Theresia Rustandi, Mantan Ketua DPP REI Setyo Maharso, dan penasihat P3RSI Mualim Wijoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *