Property & Bank

Promosi Potensi Investasi Di IKN, President FIABCI Asia Pacific Lakukan Roadshow

FIABCI
Rusmin Lawin bersama para pengusaha Real Estate di California, USA

Propertynbank.com – President FIABCI Asia Pacific Region Rusmin Lawin, melakukan terobosan dengan mendorong perkuatan jembatan bisnis antara wilayah Asia dengan kawasan Pasifik khususnya dengan beberapa Negara bagian di Amerika Utara (Amerika Serikat dan Canada). Rusmin Lawin dilantik menjadi President FIABCI Asia Pacific Region pada FIABCI 72nd World Congress yang berlangsung di Paris bulan Maret 2022 lalu.

Rusmin Lawin menjelaskan, untuk  Amerika Serikat dirinya fokus di wilayah Pacific Northwest (Oregon, Washington dan  Idaho) dan Pacific Southwest (California, Nevada, Arizona and Hawaii), dan untuk Canada dia akan garap Greater Toronto dan British Columbia.

“Strategi pengembangan investasi dengan pendekatan regional ini saya ambil setelah saya sendiri berkeliling sambil mengamati dan mencermati perkembangan wilayah Asia dan Pacific beberapa tahun terakhir ini,” jelas Rusmin Lawin dalam keterangannya kepada redaksi, Selasa (18/10).

Dikatakannya, wilayah Amerika Utara (Amerika serikat dan Canada) adalah wilayah yang memiliki konsentrasi investasi asal Asia yang paling besar di seluruh Amerika Serikat. Hal ini mengingat sejarah migrasi yang panjang dari wilayah Asia ke Amerika Serikat dan Canada. Menurut dia, ini tetap akan menjadi tempat favorit investasi bagi investor Asia.

“Sebaliknya para diaspora yang sudah berhasil biasanya juga getol berinvestasi properti di negara asalnya, jadi ini adalah semacam cross borders investment yang sudah cukup lama terjadi.

Dari pengamatan kami sewaktu berkunjung bulan lalu di daerah Greater Toronto, kami melihat sendiri perkembangan pembangjunan proyek proyek properti cukup pesat terutama di subsektor hunian dan logistik,” tegas Rusmin.

Kunjungi Sejumlah FIABCI

Rusmin Lawin memulai kunjungannya bulan September 2022 lalu dengan mengikuti acara FIABCI International Trade Mission di New York. Kemudian lanjut ke Toronto, Canada untuk bertemu dengan para pengusaha properti yang bergabung dalam FIABCI Canada.

Misi dagang dilanjutkan ke Tacoma City, Seattle untuk bertemu dengan Deputy Mayor Tacoma City dan para pengusaha real estate setempat dan diakhiri dengan kunjungan ke Brentwood Innovation Center, California. Dia mengaku mendapat sambutan hangat dari Mayor Brentwood City, Joel R. Bryant dan Public works department nya serta komunitas pengusaha real estate setempat.

Dalam kunjungan ke Amerika Utara yang berlangsung sejak tanggal 14 -26 September tersebut, Rusmin Lawin juga memanfaatkan kesempatan emas untuk mensosialisasikan Pembangunan Ibu Kota Nusantara ke para stake holders, investor dan pejabat diplomatik di KJRI Toronto.

Di Toronto, dirinya berkesempatan bertemu dengan pakar Ekologi dan Kehutanan dari University of Toronto Prof James Patrick dan pakar biodiversity dari ROM Museum Toronto Prof. Charles Darling  dalam rangka menjajaki ide inovatif dalam pengelolaaan dan pengembangan kawasan hutan IKN yang akan mencapai 75% dari total luas wilayah 256.000 ha, dimana di dalamnya terdapat sumber kandungan natural dan hayati yang begitu besar.

“Saya memang mendapat tugas khusus dari Kepala Otorita IKN Bapak Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe untuk menjajaki ide inovatif tersebut dan hasilnya sudah saya laporkan kepada beliau dalam kapasitas saya sebagai anggota Pokja IKN Kadin Indonesia,” pungkas Rusmin Lawin.

Seperti diketahui, FIABCI (International Real Estate Federation) adalah Organisasi Federasi Real Estate terkemuka di Dunia, didirikan tahun 1951, berkedudukan di Paris, yang beranggotakan berbagai organisasi dari 72 Negara. FIABCI adalah satu-satunya Organisasi Real Estate yg berafiliasi dengan PBB (UN Habitat), ECOSOC dan Bank Dunia, dan juga menjadi bagian dari penyelenggara event terkemuka Dunia seperti World Urban Forum (UN Habitat) dan Konferensi Real Estate Dunia MIPIM yang diselenggarakan di Cannes, Perancis setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *