Property & Bank

Properti di Jabodetabek Terus Menguat, Tangerang Paling Favorit Sebesar 13,7 Persen

properti di jabodetabek
Harga properti di Jabodetabek terus tumbuh

Propertynbank.com – Sektor properti di Jabodetabek dan wilayah Indonesia pada umumnya terus menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun. Tercatat bahwa Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi mengalami pertumbuhan positif. Kenaikan tahunan tertinggi terjadi di Bogor (6,6%) dan kenaikan terendah di Bekasi (1,7%).

Sementara itu, berdasarkan data pencarian yang dihimpun dalam Flash Report Rumah123.com Januari 2023 ini diketahui bahwa, Tangerang menjadi kawasan terfavorit para pencari rumah dengan persentase 13,7%. Lokasi yang strategis dan dekat dengan Ibu Kota DKI Jakarta, aksesibilitas yang baik, serta dukungan infrastruktur yang memadai adalah beberapa faktor yang membuat Tangerang begitu diminati oleh investor serta para pencari properti.

Pertumbuhan positif di properti di Jabodetabek ini terjadi seiring dengan adanya perbaikan di berbagai sektor mulai dari pandemi Covid-19 yang makin terkendali, penguatan sektor ekonomi, hingga semakin banyaknya dukungan dari pemerintah untuk sektor properti. Meskipun ada kekhawatiran terkait resesi dan pelemahan ekonomi, tetapi banyak pihak optimis Indonesia bisa bertahan menghadapi badai resesi dan sektor properti semakin menguat di tahun 2023.

Dominasi Properti di Jabodetabek

Country Manager Rumah123.com, Maria Herawati Manik, menjelaskan, properti di Jabodetabek masih akan mendominasi pasar properti primer dan sekunder yang berpengaruh terhadap perkembangan pasar properti nasional.

“Apalagi jika kita melihat kawasan Jabodetabek masih memegang peran sentral sebagai pusat ekonomi, bisnis, serta pemerintahan, meskipun dihadapkan dengan rencana pemindahan ibu kota. Membeli properti di wilayah Jabodetabek masih akan menjadi pilihan yang prospektif,” kata Maria.

Lebih dari itu, menurut Maria adanya dukungan infrastruktur yang baik ditambah dengan ketersediaan lahan yang masih luas khususnya di wilayah Depok dan Bogor, serta harga yang masih terjangkau bisa menjadikan kota-kota penyangga di sekitar ibu kota sebagai “sunrise area” yang potensial.

Fenomena pertumbuhan ini tidak hanya terjadi pada sektor properti di Jabodetabek saja, tetapi terjadi juga di kota-kota besar di Pulau Jawa serta beberapa kota besar di luar Pulau Jawa seperti di Kota Medan dan Kota Denpasar. Data Flash Report Januari 2023 dari Rumah123.com mencatat, meskipun indeks harga secara month-on-month mengalami penurunan tipis 0,6%, tetapi jika dilihat secara tahunan, sektor properti sebetulnya mengalami pertumbuhan 2,4% di tahun 2022.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *