Property & Bank

Didukung Stimulus, Sektor Properti Diyakini Tetap Tumbuh di Tahun 2023

properti
Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk, Hermawan Wijaya (paling kiri) bersama narasumber usai Talk Show mengenai Prospek Properti tahun 2023

Propertynbank.com – Menapaki tahun 2023, pengembang properti Sinar Mas Land akan terus menjalankan strategi inovasi produk dan memperhatikan tren serta kebutuhan konsumen. Selain itu, sejumlah jurus dan program menarik juga terus disiapkan.

Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk, Hermawan Wijaya mengatakan, Sinar Mas Land menyadari adanya tantangan ekonomi global maupun nasional yang bisa mempengaruhi pertimbangan masyarakat untuk membeli rumah maupun investasi di sektor properti. Namun, kata dia, pihaknya tetap memperhatikan pangsa pasar yang dapat menyerap produk properti Sinar Mas Land.

“Sebagai salah satu perusahaan properti yang berfokus pada kebutuhan konsumen, kami juga memberikan stimulus untuk mengajak masyarakat tetap melirik sektor properti di tahun 2023 dengan meluncurkan program national sales bertajuk Smart Move. Program ini memberikan subsidi bunga, subsidi DP, hingga subsidi biaya KPR dan diharapkan dapat meyakinkan konsumen untuk membeli properti idaman mereka di tahun ini,” ujar Hermawan Wijaya.

Hal tersebut disampaikan Hermawan saat Media Talkshow yang bertajuk Pertumbuhan Sektor Properti ; Peluang dan Tantangan di 2023, di BSD City, Rabu, 22 Februari 2023. Menurut dia, prospek sektor properti tahun 2023 masih akan bergerak positif sejalan dengan proyeksi IMF bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tumbuh hingga 5% di tahun 2023.

Hari Ganie, Sekretaris Jenderal Real Estate Indonesia (REI) yang hadir mewakili Totok Lusida, Ketua Umum Real Estate Indonesia mengatakan, meskipun penjualan properti di Indonesia berada pada kondisi yang baik, pihaknya melihat perlu adanya terobosan atau dukungan untuk sektor properti khususnya high-rise. “Stimulus atau kebijakan baru untuk high-rise ini sangat membantu baik untuk konsumen maupun pemerintah untuk menciptakan kota yang lebih baik,” jelasnya.

Sementara itu, Ferry Salanto selaku  Head of Research Colliers Indonesia mengatakan, indikasi adanya prospek yang lebih baik pada sektor properti di tahun 2023 dibandingkan tahun lalu, terlihat dengan berbagai pergerakan yang positif. Saat ini, kata dia, perekonomian konsumen sudah mulai bergerak ke arah yang lebih baik.

“Hal tersebut seiring dengan membaiknya penanganan dan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia. Jika sebelumnya konsumen masih menimbang-nimbang dan tidak terburu-buru untuk membeli properti, tahun ini kami rasa akan berbeda. Tahun ini dapat dikatakan sebagai momentum yang tepat, karena di tahun 2024 kemungkinan adanya ketidakpastian kembali,” tegas Ferry.

Dari sisi perbankan, Welly Yandoko selaku Executive Vice President Consumer Loan BCA, mengatakan, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) akan sepenuhnya mendukung kebijakan makroprudensial untuk sektor properti dan optimis penyaluran Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) di tahun ini.

Menurut dia, dalam rangka menjaga momentum pertumbuhan di sektor properti di tahun 2023, sejumlah kebijakan strategis yang dilakukan Pemerintah seperti kelonggaran aturan LTV/FTV sebesar 100%, dapat menyokong penjualan properti sehingga kebutuhan masyarakat akan hunian dapat terpenuhi.

“KPR BCA akan tumbuh sejalan dengan pertumbuhan kredit perbankan nasional. Hal ini didorong karena potensi bisnisnya besar di tengah jumlah backlog kebutuhan perumahan masyarakat Indonesia yang masih besar dan pembiayaan KPR masih menjadi pilihan utama dalam membeli aset properti saat ini,” tegas Welly.

Properti Premium

Kuatnya sektor properti di tahun 2023 juga mulai terlihat dari tingginya permintaan produk properti pada segmen premium di BSD City. Sinar Mas Land optimis bahwa segmen properti premium akan semakin meningkat seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian Indonesia. Salah satu produk yang dirilis diawal tahun 2023 adalah kawasan residensial terbaru yakni EONNA. Mengusung tagline “Tribute to Perfection”, hunian ini didesain dengan konsep Luxury Korean Newtro (New-Retro) Living.

Berdiri di atas lahan 12 hektare dilengkapi fasilitas clubhouse dan taman-taman bertemakan asia oriental, EONNA memasarkan klaster pertama yaitu Aerra yang menawarkan tiga tipe hunian di antaranya Tipe 10 dengan luas bangunan (LB) 325 m2, Tipe 9 dengan LB 255 m2, Tipe 8 dengan LB 192 m2. Serta luasan tanah yang bervariasi mulai dari 122 m2 hingga 325 m2.

Produk tersebut ditawarkan mulai dari Rp 4,8 miliar hingga Rp 10 miliar. Setiap unit hunian memiliki tiga lantai yang dilengkapi dengan konfigurasi 4+1+1* kamar tidur dengan ensuite bathroom di kamar utama, inner courtyard, smart home system, installation ready Electric Vehicle (EV) charger, KOHLER premium sanitary, serta carport berkapasitas hingga 3 mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *