Property & Bank

Rusun Senilai Rp 71,2 Miliar Mampu Tampung Ratusan ASN di Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan
Rusun ASN di Kalimantan Selatan

Propertynbank.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun rumah susun (Rusun) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kalimantan Selatan senilai Rp 71,2 Miliar. Rusun tersebut dibangun satu tower setinggi delapan lantai dengan jumlah hunian 92 unit, tipe 45 dan dapat menampung sebanyak 368 ASN bersama keluarganya.

“Pembangunan Rusun ini dilaksanakan untuk pemerataan pembangunan di Indonesia termasuk di Kalimantan Selatan. Kami ingin para ASN juga bisa tinggal di hunian yang layak seperti di Rusun ini,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Jakarta, Senin (31/10).

Rusun ini, imbuhnya, telah selesai dibangun dan siap dihuni oleh para ASN. Dengan tinggal di Rusun, diharapkan para ASN bisa fokus melayani masyarakat khususnya dalam melaksanakan tugas pembangunan infrastruktur dan perumahan.

Pembangunan Rusun ini mengikuti amanah Undang–Undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rusun yang menyatakan bahwa untuk memenuhi kebutuhan hunian yang layak dan terjangkau pemerintah bertanggung jawab atas pembangunan Rusun Umum, Rusun Khusus dan Rusun Negara. “Rusun ASN ini diperuntukkan kepada ASN yang berasal dari luar Kalimantan Selatan,” tandasnya.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Kalimantan II Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, H Hujurat didampingi Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Selatan, Rudi Yunanto mengatakan bahwa hampir semua unit di Rusun ini sudah terisi oleh ASN dari Ditjen Perumahan, Ditjen Cipta Karya, Balai Teknik Rawa dan BP2JK Wilayah Kalimantan Selatan.

Rusun ASN di Kalimantan Selatan

Berdasarkan data yang ada di Direktorat Jenderal Perumahan, pembangunan Rusun ASN dilaksanakan di Jalan Mistar Cokrro Kusumo, Kelurahan Sungai Besar, Kecamatan Banjarbaru Selatan, Kalimantan Selatan. Rusun tersebut dibangun satu tower setinggi delapan lantai dengan jumlah hunian 92 unit, tipe 45 dan dapat menampung sebanyak 368 ASN.

“Total biaya pembangunan Rusun sekitar Rp 71,2 miliar. Kontaktor pelaksana PT. Citra Prasasti Konsorindo KSO PT. Cipta Vera Mandiri dan manajemen konsultan PT. Virama Karya (Persero) Cabang Kalimantan,”  terangnya.

Salah satu penghuni Rusun tersebut, Abdi menyampaikan dirinya merasa nyaman selama tinggal di Rusun ASN Kalimantan Selatan. Menurutnya fasilitas yang memadai serta jarak dengan tempat kerja yang tidak terlalu jauh membuat dirinya bisa lebih fokus dalam bekerja.

“Saya kan membawa keluarga yakni istri dan anak pindah kesini. Tinggal di Rusun ini  lebih nyaman dan aman apalagi ketika harus meninggalkan keluarga saat dinas keluar kota. Jarak dari Rusun ke kantor pun juga tidak jauh hanya lima menit perjalanan dan fasilitasnya juga sangat memadai seperti pendingin ruangan dan meubelair lengkap. Selain itu kebersihan dan pengelolaan sampah juga sangat baik,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini