Property & Bank

Sama-sama di Tangerang Selatan, Ini Beda Serpong dan BSD

Writing & Video Competition 2023, serpong dan bsd
Gerbang BSD City

Propertynbank.com – Meskipun keduanya berada di Tangerang Selatan, Serpong dan BSD (Bumi Serpong Damai) BSD adalah dua hal yang berbeda. Dengan menggunakan nama yang sama yakni Serpong, masih banyak yang keliru menganggap keduanya sebagai lokasi yang sama. Padahal, Serpong dan BSD adalah dua kawasan yang berbeda dan memiliki perbedaan yang perlu diperhatikan.

BSD merupakan sebuah kawasan perumahan dan perkotaan yang terletak di kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan. Banyak yang menyebut kota tersebut dengan BSD City. Kawasan ini dikembangkan sebagai kota mandiri dengan konsep pembangunan yang terencana. BSD mencakup berbagai fasilitas dan infrastruktur, termasuk perumahan, pusat bisnis, fasilitas pendidikan, pusat perbelanjaan, rekreasi, dan berbagai fasilitas umum lainnya.

BSD City diresmikan pada tanggal 16 Januari 1989 oleh Menteri Dalam Negeri Rudini, yang menandai awal dari pembangunan kota ini. Inisiatif pembangunan kota tersebut berasal dari perusahaan properti terkemuka di Indonesia, yaitu Ciputra. Ciputra memulai pembangunan kawasan Bumi Serpong Damai dengan mendapatkan izin lokasi seluas 6.000 hektare.

Baca Juga : Tangerang Pilihan Para Property Seeker, Gading Serpong Kawasan Paling Favorit

Seiring berjalannya waktu, akses ke kawasan ini secara bertahap terbuka, dan pada saat yang sama, dibangun jalan tol bernama tol Kebun Jeruk-Tangerang-Merak. Dalam proses pembangunannya, Ciputra tidak bekerja sendirian, melainkan melibatkan konsorsium OT BSD yang terdiri dari 11 perusahaan swasta. Total investasi yang terlibat dalam proyek ini mencapai Rp. 3,2 triliun. Mereka adalah perusahaan gabungan seperti kelompok usaha Sinar Mas, Metropolitan, Salim, hingga Pembangunan Jaya.

Meski demikian, sejak tahun 2003 – 2004, kepemilikan dari Bumi Serpong Damai mengalami peralihan dan diambil alih oleh grup Sinar Mas. Hingga saat ini wilayah tersebut masih dikelola di bawah bendera Sinar Mas Land

Untuk memastikan beda Serpong dan BSD, diketahui bahwa BSD City memiliki luas yang cukup besar dan menjadi salah satu kawasan pengembangan terbesar di Indonesia. Konsep pembangunan yang terencana dengan baik, tata ruang yang modern, dan berbagai fasilitas yang disediakan membuat BSD menjadi tempat yang diminati sebagai tempat tinggal, berbisnis, dan beraktivitas.

BSD juga dikenal dengan konsep kota hijau yang menekankan pada pelestarian lingkungan dan ruang terbuka hijau. Kawasan ini terus berkembang dengan tambahan fasilitas baru untuk mendukung kebutuhan masyarakat yang tinggal dan bekerja di sana.

Ini Beda Serpong dan BSD

Sementara Serpong, sebuah kawasan yang terletak di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Indonesia yang membuat beda Serpong dan BSD. Kawasan ini mencakup berbagai kompleks perumahan, pusat perbelanjaan, pusat bisnis, serta fasilitas pendidikan dan rekreasi. Serpong terus mengalami perkembangan dan menjadi salah satu lokasi yang diminati sebagai tempat tinggal dan beraktivitas di sekitar Jakarta.

Serpong juga dikenal sebagai bagian dari wilayah yang mencakup Bumi Serpong Damai (BSD), yang merupakan sebuah kota mandiri yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land. BSD mencakup berbagai fasilitas dan infrastruktur modern, menjadikannya salah satu kawasan pengembangan terbesar di Indonesia.

Baca Juga : Harga Rumah Naik 2,9 %, Denpasar dan Tangerang Paling Diminati

Kawasan ini memiliki luas wilayah total sebesar 25,60 km persegi. Kecamatan ini terdiri dari 9 kelurahan, yakni Buaran, Ciater, Cilenggang, Lengkong Gudang, Lengkong Gudang Timur, Lengkong Wetan, Rawabuntu, Rawa Mekar Jaya, Serpong.

Sedangkan kelurahan yang memiliki luas wilayah tertinggi yaitu Kelurahan Ciater, sebesar 4,26 km². Untuk Kelurahan Serpong merupakan kelurahan dengan luas wilayah paling kecil, yaitu sebesar 1,99 km².

Jumlah penduduknya berjumlah sekitar 154.188 jiwa, 119 Rukun Warga dan 503 Rukun Tetangga. Wilayah itu diprediksi menjadi pusat perkembangan ekonomi yang potensial pasalnya hampir seluruh Kelurahan yang masuk Kecamatan Serpong merupakan sentral bisnis dan perumahan elit.

Di luar itu Kecamatan Serpong juga memiliki banyak kawasan elit termasuk di antaranya adalah BSD City, Summarecon Serpong, Alam Sutera. Selain itu, masih di sekitar kawasan tersebut juga terdapat perumahan elit Paramount Gading Serpong dan beberapa perumahan lainnya.

Sehingga kesimpulannya adalah BSD City merupakan kawasan yang terletak di wilayah Kecamatan Serpong. Sedangkan Serpong sendiri merupakan salah satu kecamatan di wilayah Tangerang Selatan. Hal ini dapat menjelaskan beda Serpong dan BSD. (Nabilla Chika Putri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *