Property & Bank

Hidupkan Kegiatan Belajar, Graha Perpustakaan Perlu Dirancang

perpustakaan
Seminar merancang Grha Perpustakaan

Propertynbank.com – Memiliki gedung perpustakaan di suatu tempat sering menjadi ukuran tingkat pendidikan dan kecerdasan masyarakat daerah setempat. Kehadiran gedung Perpustakan yang lengkap dan modern, membantu meningkatkan status pendidikan dan kesejahteraan sosial masyarakat, sehingga kehadirannya dalam suatu komunitas sangat penting.

Merancang perpustakaan modern selain perlu memiliki keunikan pada arsiteknya, juga harus menyiapkan fasilitas bagi inovasi kegiatannya, agar perpustakaan dapat melayani masyarakat dan makin diminati komunitas penggunanya.

Oleh karenanya sayembara arsitektur gedung Perpustakaan, menjadi cara terbaik untuk mendapatkan karya arsitektur perpustakaan yang dapat membanggakan perancangnya dan masyarakat di sekitarnya. Salah satu karya arsitektur yang merubah penampilan di seputar Monumen Nasional  Ibukota Jakarta, adalah Grha Perpustakaan Nasional yang dirancang berkolaborasi dengan bangunan Indisch peninggalan kolonial Belanda.

Baca Juga : Kenari Djaja Gelar Seminar Bertajuk Karya Cipta Terbaik Desain & Arsitektur Di Indonesia

Hasil karya pemenang sayembara ini disampaikan Arsitek Bagus Diwangkoro IAI dari PT Garis Rancang Bangun, yang membantu menciptakan perpustakaan modern dan terlengkap di Indonesia. Pengalaman dalam menyiapkan rancangan gedung 24 lantai didukung teknologi perpustakaan terbaru, membuat gedung ini ramai dikunjungi tamu setiap harinya. Perpustakaan kampus yang dirancang menarik dan unik disampaikan  oleh Arsitek Budiman Hendropurnomo IAI, FRAIA, dari PT Denton Corker Marshall (DCM) Jakarta.

Karya arsitektur ini merupakan pemenang sayembara gedung Perpustakaan Kampus Universitas Indonesia beberapa waktu lalu. Keunikan desainnya sebagai arsitektur Graha Perpustakaan Kampus, terletak di dalam kawasan hutan lindung dan di tepi danau. Sehingga menciptakan Keindahan dan kenyamanan yang menjadi daya tarik. Hal tersebut berhasil mengajak mahasiswa dan dosen untuk beraktivitas dan melakukan kegiatan belajar di Gedung tersebut.

Kehadiran Perpustakaan dalam sosok modern yang berhasil menghidupkan kegiatan belajar mengajar di Kampus, dan menambah kegiatan inofatif ini perlu diketahui masyarakat luas. Maka Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bersama Majalah Asrinesia dan Kenari Djaja, bersepakat mempublikaskan kedua karya hasil sayembara tersebut melalui Seminar virtual berjudul MERANCANG GRHA PERPUSTAKAAN yang berlangsung pada Kamis (14/9/2023).

Seminar virtual tersebut diikuti lebih dari 700 peserta dari profesional Arsitek dan Desainer Interior, kalangan akademisi serta masyarakat pemerhati perpustakaan dari seluruh Indonesia. dan dihadiri Perwakilan dari Perpustakaan Nasional RI, Dr. Joko Santoso, Co Founder dan CEO PT Kenari Djaja Prima Hendra B Sjarifudin, Direktur PT Kenari Djaja Prima, Hendry Sjarifudin, Pemimpin redaksi majalah ASRINESIA, Sri Murdiningsih dan Koordinator penyelenggara seminar Bambang Sutrisno, IAI. Peserta dari profesional Arsitek dan Desainer Interior, kalangan akademisi dan masyarakat pemerhati perpustakaan dari seluruh Indonesia.

Baca Juga : Kenari Djaja Ajak Arsitek Berbagi Pengalaman Bangun Resort Inspiratif

Melalui sambutannya, Koordinator penyelenggara seminar Bambang Sutrisno, IAI mengatakan penyelenggaraan Seminar virtual berjudul MERANCANG GRHA PERPUSTAKAAN bertepatan dengan bulan Arsitektur di Indonesia. Kenari Djaja Prima bersama majalah ASRINESIA tetap berupaya memperkenalkan profesi arsitek serta karyanya yang saat ini didukung oleh Perpustakan Nasional RI.

“Melalui seminar ini kita akan mengetahui peran arsitek dalam merancang ruang aktivitas masyarakat untuk mendapatkan informasi melalui perpustakaan yang modern,” ungkapnya

Perwakilan Perpustakaan, Nasional RI Dr. Joko Santoso mengapresiasi adanya Seminar virtual berjudul MERANCANG GRHA PERPUSTAKAAN. “Di bulan September ini merupakan bulan yang sangat membawa kesan bagi kalangan arsitek dan juga pustakawan serta masyarakat karena di bulan September adalah bulan kunjung perpustakaan,” ungkapnya. (Nabilla Chika Putri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *