Property & Bank

Pantai Indah Kapuk Dua Targetkan Penjualan Meningkat Hingga 12 % di 2023

Pantai Indah Kapuk Dua
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Pantai Indah Kapuk Dua

Propertynbank.com – Mengusung filosofi gaya hidup yang dinamis dan modern dengan inovasi yang dikembangkan mengikuti perkembangan pasar, PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk (PANI) yang merupakan pengembang kawasan PIK 2 percaya diri dan optimis mampu mencapai target pra penjualan atau marketing sales sebesar Rp2,13 triliun hingga akhir 2023.

Direktur Pantai Indah Kapuk Dua, Yohanes Edmond Budiman mengatakan, target ini mengalami kenaikan 12% year on year (yoy) jika dibandingkan dengan tahun 2022 lalu, dimana hanya sebesar Rp1,9 triliun. “Kuartal 1-2023 secaya yoy perusahaan sudah mencapai Rp234 miliar,” ujar Yohanes Edmond Budiman pada paparan publik (Pubex) di Swissotel Pantai Indah Kapuk, Senin (19/6).

Menurut Edmond, marketing sales sebesar Rp1,9 triliun diperoleh dari 52% dari produk komersial, 32% dari kavling komersial, dan sisanya dari residential. Pada 2021 lalu, sambung dia, perusahaan baru mendapat marketing sales Rp1,7 triliun. Jumlah ini berasal dari 34% produk komersial, 33% kavling komersial dan sisanya residential.

Baca Juga : Sambut HUT Jakarta ke-496 Agung Sedayu Group Hadirkan Batavia PIK

Sebelumnya, PANI merupakan produsen pengalengan hasil laut dan jasa gudang beku. Setelah itu, 80% atau 328 juta saham PANI telah diambil alih oleh PT Multi Artha Pratama (MAP) pada Oktober 2021 lalu. Seperti diketahui, MAP merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengembang properti di Pantai Indah Kapuk (PIK).

Maka, setelah MAP masuk sebagai pemegang saham mayoritas, PANI diversifikasi portofolio usaha menjadi pengembang properti. Perjalanan ini disponsori Agung Sedayu Group dan Salim Group. PANI yang semula berpusat di daerah Tangerang kemudian mengubah fokus bisnisnya menjadi pengembang properti di Jakarta Utara, di Pantai Indah Kapuk dua (PIK2).

Penunjukkan Presdir Pantai Indah Kapuk Dua

Dalam kesempatan tersebut, Sugianto Kusuma yang merupakan pendiri Agung Sedayu Grup (ASG), diangkat menjadi Presiden Direktur (Presdir) PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk. Keputusan ini disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), yang digelar pada Senin (19/6) tersebut.

Menurut Sugianto Kusuma, pihaknya akan memegang komitmen kepada seluruh pemangku kepentingan dan menjalankan strategi usaha yang telah dirancang sedemikian rupa. Diketahui, PANI berhasil mengakuisisi lahan sekitar 762 hektare yang terletak strategis di PIK 2 dan terus mengusahakan target prapenjualan tahun 2023 bisa tercapai 100% di akhir tahun nanti.

Baca Juga : PIK 2 Hadirkan EDUCITY, Pusat Pendidikan dengan Fasilitas Lengkap

Per 31 Mei 2023, MAP tercatat menggenggam 88,07% saham PANI dan masyarakat sebanyak 11,93%. Dengan begitu, ASG dan Salim Group, pengembang properti ternama dan grup bisnis global berbasis di Asia menjadi sponsor dan pemegang saham pengendali PANI melalui Multi Artha Pratama.

“Saya mendorong terus inovasi cemerlang untuk menciptakan pasar yang optimal di PIK2 dan profitabilitas yang sustain tanpa mengorbankan kepercayaan konsumen. Dengan upaya dan sumber daya kita bersama,” sambung Sugianto Kusuma.

Selain itu, dirinya juga berharap, para pemegang saham dapat melihat pertumbuhan nilai kapitalisasi pasar yang berkelanjutan di setiap kuartal. Aguan pun optimistis dengan prospek bisnis PANI ke depan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *