Property & Bank

Minat Masyarakat Tinggi, YMSML Kembali Gelar Program Berantas Buta Al-Qur’an di Balikpapan

YMSML
Grand Launching Program Berantas Buta Al-Qur’an 2023 di Marketing Gallery Grand City Balikpapan

Propertynbank.com – Ramadan merupakan bulan suci penuh kemuliaan serta keberkahan. Terdapat banyak keutamaan dan keistimewaan di bulan Ramadan sehingga bisa menjadi momentum terbaik bagi umat islam untuk meningkatkan kualitas diri. Salah satunya dengan cara mempelajari, membaca dan mengamalkan Al-Qur’an.

Sehubungan dengan tingginya minat dan antusiasme masyarakat Kota Balikpapan terhadap program Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ), Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) kembali menyelenggarakan program cara cepat membaca Al-Qur’an tersebut di Balikpapan. Program ini bekerja sama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Balikpapan dan Yayasan Mama Papa yang diluncurkan pada Sabtu (8/4) di gedung Marketing Office Grand City Balikpapan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kegiatan BBQ tahun ini merupakan yang kelima kali sejak diluncurkan pertama kali pada 2018. Setelah sukses dengan program BBQ tahun 2018, 2019, 2021, dan 2022 yang memberikan training of trainers (ToT) kepada 894 ustaz dan guru mengaji dari 249 masjid/musala/TPA di BSD City, Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, Grand Wisata Bekasi, dan Grand City Balikpapan.

Ketua Yayasan Muslim Sinar Mas Land Bambang Setiawan mengatakan, Program BBQ dilaksanakan sebagai salah bentuk kegiatan corporate social responsibility (CSR) perusahaan di bidang keagamaan bagi masyarakat di sekitar lingkungan proyek Sinar Mas Land.

“Setelah sukses dengan program BBQ pada 2022 lalu di Kota Balikpapan khususnya wilayah utara dan selatan, kali ini kami kembali menyelenggarakan program tersebut di tiga wilayah berbeda yakni Balikpapan bagian barat, tengah, dan timur. Kami harap melalui program BBQ ini dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi sehingga dapat membantu mengurangi jumlah buta aksara Al-Qur’an umat Islam di Indonesia,” kata dia.

Baca Juga : Ratusan Anak di Balikpapan Ikuti Lomba Baca Al-Qur’an dari YMSML

Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Balikpapan – Muslikh Umar menyampaikan, pihaknya sangat mendukung dan berterima kasih kepada YMSML yang telah kembali mempercayakan tim BKPRMI Balikpapan untuk menjadi bagian dari pengenalan cara cepat membaca Al-Qur’an kepada umat muslim di wilayah Kota Balikpapan Kalimantan Timur.

“Kolaborasi ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan mengajarkan Al-Qur’an dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendekatan agama, sehingga kelak diharapkan akan mampu mencetak generasi Indonesia yang cerdas, memiliki pengetahuan agama yang baik, serta dilandasi moral dan akhlak yang mulia,” jelasnya.

Program BBQ memberikan pelatihan atau training of trainers (ToT) secara intensif kepada ustaz dan guru mengaji selama 3 jam. Selama pelatihan, para peserta juga dibekali buku panduan dan alat peraga agar mudah memahami metode tersebut. Selanjutnya, ustaz atau guru mengaji tersebut akan menerapkan metode pengajaran dengan sistem Mama Papa kepada anak didik mereka.

Pada hari Sabtu, 8 April 2023, program BBQ secara resmi dimulai dan akan ditutup bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober 2023. Dalam puncak acara tersebut juga akan diselenggarakan lomba baca Al-Qur’an antar anak didik dari 50 masjid yang telah mengikuti program BBQ dengan kategori usia 4-15 tahun dan total hadiah sebesar Rp48 juta. Pada tahun-tahun sebelumnya, puncak acara BBQ yakni lomba baca Al-Qur’an dengan metode Mama Papa diikuti 3.704 murid taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) di sekitar kawasan BSD City, Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *