Thursday , November 26 2020
Home / Indeks Berita / Untuk Pembangunan Rumah MBR RTRW Harus Jelas

Untuk Pembangunan Rumah MBR RTRW Harus Jelas

PropertiBERITA PROPERTI-Untuk membangun kawasan perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) diperlukan penetapan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang tepat. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan pembangunan rumah bagi masyarakat yang tidak mampu itu dapat terpenuhi dengan baik.

Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Deddy Permadi mengatakan, adanya zona kuning atau kawasan khusus untuk perumahan juga harus dipatuhi oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat sehingga pemanfaatannya sesuai dengan peruntukkan yakni perumahan. “RTRW untuk daerah perumahan MBR itu sangat penting. Jadi pemerintah bisa fokus untuk membangun perumahan di daerah yang sudah ditetapkan sebelumnya,” ujarnya.

Menurut Deddy, sulit rasanya bagi pemerintah untuk membangun perumahan khususnya untuk MBR jika tidak ada lokasi yang pasti. Saat ini, setiap Pemda tentunya sudah memiliki zona-zona kuning untuk perumahan sehingga jika itu dipatuhi dengan baik maka program perumahan bisa berjalan dengan baik.

Lebih lanjut, Deddy menjelaskan, adanya keterlibatan kementerian terkait seperti Kementerian Agraria dan Tata Ruang untuk penetapan lokasi perumahan di daerah sangatlah dibutuhkan. Namun kenyataan yang ada saat ini, zona-zona kuning tersebut sekarang sudah penuh dengan permukiman penduduk sehingga sulit diperoleh lokasi yang pas untuk perumahan.

Check Also

Jelang Akhir Tahun, Paramount Land Raih Tiga Penghargaan Dari Event Berbeda

PROPERTI – Paramount Land berhasil meraih tiga penghargaan menjelang akhir tahun 2020 ini yaitu, Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 174

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link