Sunday , August 9 2020
Home / Breaking News / Antisipasi Penyebaran COVID-19, Pengelola Pusat Belanja Pilih Tutup

Antisipasi Penyebaran COVID-19, Pengelola Pusat Belanja Pilih Tutup

Penurupan sejumlah pusat belanja guna mengantisipasi penyebaran Covid – 19 (poto : tribunnews.com)

UMUM – Virus corona (COVID-19) telah berdampak pada beragam aktivitas ekonomi, diantaranya pada pusat perbelanjaan atau mal. Sejumlah operator mal di Jakarta memilih untuk menutup sementara sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Penutupan mal dan pusat perbelanjaan ini juga sebagai respons terhadap Surat Edaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Nomor 155/SE/2020 tentang Penutupan Sementara Kegiatan Operasional Industri Pariwisata Dalam Upaya Kewaspadaan Terhadap Penularan Covid-19.

BACA JUGA :   ISPI Luncurkan Cluster Atlanta, Sold Out Dengan Singkat

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alexander Stefanus Ridwan menyebut dampak Covid-19 membuat penurunan pembelian di beberapa mall di Jakarta terjadi sebesar 70% atau lebih. Pihaknya mengusulkan memberikan kemudahan pada tenan, salah satunya keringanan membayar biaya sewa selama tiga bulan mulai April hingga Juni.

Summarecon Mall Kelapa Gading, Bekasi dan Serpong misalnya, berupaya untuk memutus rantai penularan virus dengan menutup sementara mulai 25 Maret – 7 April 2020. Namun, untuk tetap memenuhi kebutuhan pokok masyarakat di situasi sulit ini, maka tenant-tenant yang menyediakan kebutuhan pokok masyarakat dapat tetap buka, dengan jam operasional pukul 11.00 – 18.00 WIB.

BACA JUGA :   Jual Rp 102/Saham Diamond Citra Propertindo Melantai di BEI

“Sehubungan dengan ditetapkannya penyebaran virus COVID-19 sebagai bencana non-alam dengan status keadaan darurat bencana di Indonesia, maka kesehatan dan keamanan bagi seluruh penyewa, pengunjung dan karyawan yang berada di lingkungan Summarecon Mall Bekasi adalah menjadi perhatian utama dan tanggung jawab bersama,” kata Center Director Summarecon Mall Ugi Cahyono, lewat keterangan pers-nya pada Selasa (24/3/2020).

Sementara Plaza Indonesia yang dikelola oleh PT Plaza Indonesia Realty Tbk (PLIN) memutuskan untuk tutup sementara dari 25 Maret 2020 hingga 3 April 2020. Meski demikian, beberapa ritel kebutuhan dasar di sana masih dibuka seperti TheFoodHall Supermarket, Guardian, GNC, Century dan Natural Farm.

BACA JUGA :   Basuki Hadimuljono: Kualitas Jasa Konsultan Harus Terus Ditingkatkan

Demikian pula untuk layanan perbankan, semua ATM yang berada di basement mal masih beroperasi dan Money Changer tersedia BBC & Dua Sisi. Namun, jam buka operasionalnya terbatas dari pukul 11.00 hingga pukul 17.00 WIB saja.

Lippo Mall Puri berencana menutup beberapa gerai di sana mulai 23 Maret sampai 5 April 2020 mendatang. Adapun toko-toko di Lippo Mall Puri yang bakal tutup sementara sampai 5 April mendatang adalah Kidzoona, Miniapolis, Timezone, Element Family Fun, Cinema XXI, Meiso Reflexology, Wonderkids, Nest Spa, Tropica Land, Nano Reflexology, Minizoo Ride, Gold’s Gym, dan Fitness First. Mal ini dikelola oleh Grup Lippo melaui induk emiten properti PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR).

BACA JUGA :   2014, Target Produksi Mobil Mencapai 1,4 juta unit

Senayan City menutup sementara beberapa gerainya mulai 23 Maret- 5 April 2020. Adapun gerai di Senayan City yang bakal tutup sementara adalah Lollipop’s Playland and Cafe, Q Billiard, Rabbithole KTV & Lounge, Senayan City XXI, dan Meiso Reflexology.

Penutupan sementara mulai 26 Maret hingga 8 April 2020 juga dilakukan PT Agung Sedayu Ritel Indonesia (ASRI). “Kecuali supermaket dan farmasi tetap beroperasi,” ujar Indriani Dewi Utami, Media & Public Relation ASRI pada Jumat (27/3). Adapun supermarket dan farmasi akan tetap beroperasi mulai pukul 11.00WIB – 22.00WIB.

BACA JUGA :   Rusun Khusus Nelayan di Lombok Timur Jadi Tempat Isolasi Covid-19

Adapun keputusan tersebut berlaku di Pik Avenue, Grand Galaxy Park dan Mall of Indonesia. Dengan adanya penutupan sementara pusat perbelanjaannya pihaknya belum mau buka-bukaan atas insentif yang akan diberikan kepada para tenannya. Perusahaan masih terus berupaya mendukung langkah pemerintah dalam memerangi persebaran Covid-19.

Sementara, terdapat juga mal yang memutuskan hanya memangkas jam operasional, di antaranya adalah Mal Grand Indonesia, yang per 23 Maret hanya beroperasi 9 jam untuk Senin sampai Jumat dari pukul 11.00 sampai pukul 20.00 WIB. Sementara untuk Sabtu dan Minggu dari pukul 11.00 sampai 21.00.

BACA JUGA :   IPEX 2017, Pikko Tawarkan Properti Siap Huni

Terdapat juga mal Central Park yang menetapkan membatasi operasional mereka, mulai 11.00-20.00 WIB, dari 23 Maret- 5 April 2020. Gerai di Central Park yang bakal tutup sementara adalah CGV, RISE, Inul Vista Family KTV. Central Park dan Senayan City dikelola oleh emiten properti PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN). (Artha Tidar)

Berikut daftar mall yang tutup yang redaksi peroleh dari sejumlah informasi :

  1. Plaza Indonesia
  2. Mal Kelapa Gading
  3. Mal Taman Anggrek
  4. PIK Avenue
  5. Mall of Indonesia
  6. FX Senayan
  7. Central Park
  8. Lippo Mall Puri
  9. Senayan City
  10. Sarinah
  11. Golden Trully
  12. Gajah Mada Plaza
  13. Kemang Village
  14. PlazaSemanggi
  15. Kramat Jati
  16. Cibubur Junction
  17. Depok Town Square
  18. Esa Genangku
  19. Pluit Village

Tangerang

  1. Summarecon Mall Serpong
  2. Bintaro Jaya Xchange Mall

Bekasi, Karawang, Cikarang

  1. Summarecon Bekasi
  2. Mega Mall Bekasi
  3. Mds Grandmall

4..Mds Blu Plaza

  1. Mds Cikarang
  2. Mds Revo
  3. Grand metropolitan bekasi
  4. Metropolitan Mall Bekasi

Bogor

  1. Citrus Botani
  2. Ekalokasari
  3. Cibinong City Mall
  4. Mds Kebon Raya Bogor
  5. Metropolitan Mall Cileungsi

Bandung

  1. Paris Van Java
  2. Cihampelas Walk
  3. Paskal Hypersquare
  4. Yogya Ciwalk
  5. BIP

Gresik

1.Mds Gresik

2.Mds Lippo Gresik

Bali

  1. Beach Walk
  2. Lippo Kuta Icon
  3. Bali Galeria

Makasar

  1. Nipah Mall
  2. Mall Ratu Indah

Samarinda

  1. Big Mall Samarinda

Banjarmasin:

  1. Duta Mall Banjarmasin
  2. Pentacity Balikpapan

3.Balikpapan Superblok

Singkawang

Mall Singkawang

Lombok

Lombok epicentrum

Malang

Sarinah

Check Also

REI Kejagung

REI Rangkul Kejagung Kawal Proses Perizinan Pembangunan Rumah MBR

PROPERTI – Masalah perizinan masih menjadi salah satu penghambat bagi pengembang, khususnya yang membangun rumah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 172

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link