Sunday , November 1 2020
Home / Nasional / Ekonomi / BII PIJAR Bikin UKM Bankabel

BII PIJAR Bikin UKM Bankabel

Edukasi dan pendampingan amat dibutuhkan bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam mempercepat akses ke perbankan. Karenanya, PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) sengaja meluncurkan layanan perbankan mikro PIJAR (Pilihan Bijak Mitra Usaha).

Selain PIJAR, pada kesempatan yang sama BII juga meluncurkan produk program Sahabat BPR dan menandatangani kerjasama dengan sembilan BPR, disaksikan Ketua Humas Persatuan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Arifin Mukti di kantor pusat BII di Senayan, Jakarta. Ini merupakan komitmen dalam mengembangkan perbankan mikro.

Presiden Direktur BII Taswin Zakaria, menjelaskan BII PIJAR merupakan konsep community empowerment banking yang berkualitas dengan jalan membentuk, membina dan mengembangkan komunitas mikro, baik secara langsung maupun kemitraan dengan pihak ketiga. Kemitraan ini melalui pemberian edukasi pengelolaan usaha dan keuangan sehingga pelaku usaha mikro berkesempatan mengakses lembaga keuangan/perbankan (bankable).

Melalui Pola Langsung, BII melakukan penetrasi pasar secara langsung melalui pembentukan unit-unit mikro di pusat kegiatan segmen mikro yang berperan sebagai intermediator. Dalam kaitan dengan strategi ini, BII menyediakan program pembiayaan dan penghimpunan dana untuk mendukung pengembangan usaha mikro kecil sesuai kebutuhan nasabah.

Sementara melalui Pola Kemitraan, BII memberikan dukungan kepada mitra BPR dan Koperasi yang tersebar di seluruh Indonesia melalui pola kerja sama strategis bernama Sahabat BPR. Produk program ini bertujuan untuk mendukung peningkatan industri BPR melalui sistem layanan yang terintegrasi, baik dari sisi transaksi, portofolio pendanaan dan pembiayaan serta pendapatan bagi BPR.

Melalui Sahabat BPR, BII menyediakan sistem layanan, yang terdiri dari fasilitas pembiayaan, giro bisnis, ATM Co-Branding serta one stop solution untuk mendukung transaksi perbankan yang aman dan nyaman serta untuk mengelola arus kas bernama Corporate On Line Banking (CoOL Banking) System.

“Sejalan dengan misi BII humanizing financial service, kami ingin bersama-sama melakukan pengembangan UKM di Indonesia, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan penetrasi langsung, BII PIJAR akan menitiberatkan pada pemberdayaan komunitas dan menciptakan nilai tambah bagi ekosistem yang berada di dalamnya,” kata Taswin Zakaria.

Di jelaskan Taswin, BII PIJAR merupakan layanan solusi usaha mikro, yang tidak hanya menitikberatkan pada pembiayaan, namun juga pada pendanaan dan jalur pembayaran. Dengan demikian, produk dan jasa yang diberikan BII PIJAR akan memberdayakan komunitas dengan jalan membentuk, membina, memberikan kemudahan terhadap akses perbankan.

Check Also

BI Pangkas Lagi Suku Bunga Acuan, Analis : Sektor Properti Jadi Menarik

EKONOMI – Bank Indonesia (BI) kembali memangkas suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) …

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 174

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link