Wednesday , April 14 2021
Home / Breaking News / BTN Dukung Pengembang Bangun Perumahan Ramah Lingkungan

BTN Dukung Pengembang Bangun Perumahan Ramah Lingkungan

Prosesi peresmian Masjid Kassiti dan Penanaman Hutan Kota di Buana Cicalengka Raya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

INFO PERBANKAN – Rumah sehat dan ramah lingkungan belakangan semakin diminati dan menjadi tren, terlebih di tengah pandemi saat ini.

Oleh karena itulah, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menyatakan dukungannya untuk pembiayaan hunian atau perumahan ramah lingkungan. Salah satu konsep yang dikembangkan perumahan ramah lingkungan atau green housie adalah dengan mengembangkan hutan kota dalam kompleks perumahan.

BACA JUGA :   Stanchart Perkuat Kerjasama Dengan Hong Kong Disneyland

“Selain mendukung pembiayaan perumahan, Bank BTN juga siap membantu para developer yang ingin mengembangkan konsep perumahan ramah lingkungan. Bank BTN juga siap menyalurkan bantuan berupa kegiatan corporate social responsibility (CSR), sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat,” ujar Direktur Bank BTN Hirwandi Gafar, Senin, (22/3).

Hirwandi menyampaikan hal tersebut saat peresmian Masjid Kassiti dan Penanaman Hutan Kota di Buana Cicalengka Raya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Bank BTN, kata dia, membantu kegiatan yang fokus pada bantuan sarana dan prasarana guna mendukung bidang pelestarian alam. Dirinya mengapresiasi atas dibangunnya fasilitas Hutan Kota di Perumahan Buana Cicalengka Raya.

BACA JUGA :   Bank BTN Optimis Kinerja Tumbuh Lebih Baik Pasca Implementasi PSAK 71

Kegiatan tersebut, sambung Hirwandi, akan memberikan kenyamanan bermukim, serta dapat dijadikan sebagai sarana edukatif dan rekreatif bagi masyarakat. Menurutnya, pengembangan perumahan tetap harus menjaga keseimbangan lingkungan.

“Pembangunan Hutan Kota ini dapat merupakan suatu upaya untuk mengembalikan dan meningkatkan efektivitas lahan agar dapat berfungsi dengan baik dan secara optimal. Sebagai pengatur tata air untuk mencegah banjir maupun untuk melindungi lingkungan, yaitu mencegah timbulnya pencemaran,” katanya.

Hirwandi menuturkan, perseroan selama ini telah menyarankan kepada para pengembang yang membangun rumah dan mendapatkan kredit dari Bank BTN untuk menerapkan konsep satu rumah satu pohon. Diharapkan dengan konsep tersebut perumahan akan terlihat hijau.

BACA JUGA :   Ekonomi Melemah, BTN Ajak Developer Bersinergi Perkuat Sektor Properti

Dikatakan Hirwandi, tahun 2020 merupakan tahun yang cukup sulit bagi kita semua. Bangsa Indonesia mengalami cobaan yang luar biasa akibat Covid19 yang hampir meluluhlantahkan ekonomi secara nasional. Seluruh sektor industri hampir secara umum mengalami kontraksi akibat pandemic tersebut. “Namun di tahun 2021 ini, kita berharap pandemic akan segera dapat diatasi seiring dengan program vaksinasi nasional yang sudah dilakukan oleh pemerintah. Tahun ini kita harus optimistis bahwa perekenomian dapat segera pulih,” jelasnya.

Untuk tahun 2021, lanjutnya, menjadi momentum untuk semua sektor industri bangkit. Bank BTN juga optimistis bisnis perseroan akan tumbuh positif. Pemerintah telah banyak melakukan kebijakan untuk bagaimana ekonomi nasional dapat segera pulih. Seperti misalnya kebijakan terkait dengan stimulus melalui kebijakan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dampaknya sudah dirasakan oleh banyak sektor industri dan diharapkan dapat mengalir positif pada penguatan sektor ekonomi secara nasional.

BACA JUGA :   Soelaeman, Semangat Perubahan Anggota REI

“Bank BTN bersyukur pada masa pandemi tahun lalu masih mencatatkan kinerja yang positif. Ini adalah karena fokus bisnis perusahaan di bidang pembiayaan perumahan yang masih tetap bertumbuh walaupun di masa pandemi,” ujarnya.

Hirwandi menegaskan, kinerja positif BTN juga berkat dukungan seluruh stakeholder dan mitra kerja yang sangat loyal kepada Bank BTN, seperti PT Buana Kassiti yang telah menjadi mitra kerja Bank BTN selama ini. Tercatat sekitar 5.400 unit rumah sudah dibangun oleh Buana Kassiti Grup dengan nilai kredit mencapai sekitar Rp660 Milyar.

Check Also

Pastikan Efektif Juli 2021, PPDPP Nyatakan SiPetruk Sudah Bisa Diunduh

PROPERTI – Walaupun masih muncul pro dan kontra dikalangan pengembang properti, Badan Layanan Umum (BLU) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 177

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link