Property & Bank

Bukukan Laba Rp1,8 Triliun di 2023, CTRA Bagikan Dividen Rp389 Miliar

CTRA
Jajaran Direksi CTRA usai pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST)

Propertynbank.com – PT Ciputra Development Tbk dengan kode saham CTRA akan membagikan dividen tunai kepada pemegang saham total sebesar Rp389 miliar, atau Rp21 per saham. Dividen tunai ini adalah 21% dari alokasi penggunaan laba bersih tahun buku 2023.

Direktur Utama CTRA Candra Ciputra mengatakan, pihaknya sangat bangga selama tahun 2023 CTRA berhasil mencatatkan rekor tertinggi marketing sales sepanjang sejarah perusahaan sebesar Rp10,2 triliun, sementara pendapatan dan laba bersih tercatat masing-masing sebesar Rp9,3 triliun dan Rp1,8 triliun.

“Pencapaian berhasil diraih karena adanya komitmen dari seluruh manajemen dan karyawan Grup Ciputra dalam meningkatkan performa kerja di tengah tantangan perekonomian. Selama tahun 2023 kami berhasil meluncurkan 3 proyek baru dan lebih dari 9 klaster/ruko baru di proyek-proyek yang telah berjalan. Gencarnya peluncuran proyek dan klaster ini karena kami terus berupaya untuk tetap agresif menjaga momentum pertumbuhan bisnis,” ujar Candra usai pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), di Ciputra Artpreneur Jakarta, Rabu, 19 Juni 2024.

Baca Juga : Bukukan Laba Bersih Ciputra Development Bagi Dividen Rp157,5 Miliar

Dikatakan Candra, proyek baru yang telah diluncurkan oleh CTRA yakni CitraGarden Serpong, Citra City Sentul dan CitraGarden Bintaro. Sedangkan Klaster baru yang diluncurkan selama tahun 2023 antara lain klaster Rochester Park – klaster Sentosa Cove – ruko Orchard Avenue di CitraLand Gama City Medan.

“Kemudian, klaster Pelican Hill – klaster Attic House – ruko One Arcade di CitraLand Surabaya, klaster Aeroville Extension – klaster Forris Private – ruko The Garden – ruko Aeroprime di CitraGarden City Jakarta, klaster Varenna dan Le Sentier di CitraRaya Tangerang, ruko C-Walk di CitraLand City Losari Makassar,” tegas Candra.

Sementara itu, Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan CTRA Tulus Santoso menambahkan, sangat menyenangkan dengan dibukukannya marketing sales pada triwulan 1 – 2024 sebesar Rp3,3 triliun yang telah mencapai 30% dari target tahun 2024 yang ditetapkan sebesar Rp11,2 triliun. Pencapaian 30% ini, kata dia, lebih tinggi dibandingkan pencapaian pada triwulan pertama di tahun-tahun sebelumnya yang rata-rata sebesar 24%.

Baca Juga : Ini Pencapaian 40 Tahun Grup Ciputra

“Kami optimistis tren positif ini dapat diteruskan hingga mencapai target marketing sales tahun 2024. Faktor pendukung yang kami miliki antara lain karena Ciputra memiliki reputasi sebagai perusahaan yang baik dan terpercaya sehingga menjadi pilihan utama bagi pelanggan. Hal ini akan terus kami jaga dengan dukungan dari jajaran manajemen yang berpengalaman dan inovasi produk yang berkesinambungan,” ungkap Tulus.

Proyek Baru CTRA

Pada kesempatan yang sama, Head of Investor Relations CTRA Aditya Ciputra Sastrawinata menjelaskan, untuk mendukung pencapaian target marketing sales tahun 2024, CTRA meluncurkan proyek baru dan juga klaster baru di  proyek yang sedang berjalan. Dari triwulan 2-2024 sampai akhir tahun, CTRA akan meluncurkan 1 proyek baru, CitraLand Gresik Kota di Jawa Timur, dan berbagai peluncuran klaster dan ruko baru di proyek yang sedang berjalan seperti di CitraGarden Serpong, CitraLand Gama City Medan, Citra City Sentul, dan CitraLand Surabaya.

“Secara total sampai akhir tahun, kami rencana akan meraih antara Rp3,5 dan Rp4,0 triliun dari peluncuran-peluncuran baru tersebut, dan sisanya akan datang dari penjualan stok. Selain itu, kami juga akan memaksimalkan insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP) yang berlaku hingga akhir tahun 2024,” tutup Aditya Ciputra Sastrawinata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *