Untar Kembali Gelar Lomba Karya Ilmiah, Ini Dia Pemenangnya

0
Ir. H. Indra Utama, salah satu pemenang terfavorit dalam kategori pasca sarjana pada Lomba Karya Ilmiah ke XX Fak. Teknik Universitas Tarumanagara

UMUM : Kemajuan teknologi dapat dianggap sebagai kemajuan peradaban suatu bangsa. Disamping itu kemajuan teknologi juga dapat mendorong kemajuan dan perkembangan ekonomi suatu bangsa yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan bangsa.

Kemajuan teknologi juga harus dudukung oleh semangat dan kemampuan dari generasi muda. Terutama dalam menciptakan produk-produk yang inovatif dan kemampuan mahasiswa dalam berkreatifitas untuk menghadapi peluang-peluang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

[irp]

Karya ilmiah mahasiswa menjadi salah satu barometer dari sebuah hasil proses pembelajaran mahasiswa selama menempuh studi di perguruan tinggi. Sebagai bagian dari institusi pendidikan tinggi, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara memiliki berkepentingan untuk memantau dan menggali kemampuan mahasiswa dalam menghasilkan berbagai karya ilmiah sebagai salah satu tolak ukur hasil proses pembelajaran.

Dalam rangka berkontribusi untuk meningkatkan daya saing bangsa, prioritas jalan perubahan menuju Indonesia yang mandiri dalam bidang teknologi, mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

[irp]

Guna mendukung Riset dan Inovasi Teknologi di kalangan mahasiswa dalam Era Industri 4.0, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara (FT Untar) kembali menggelar Lomba Karya Ilmiah XX.

Penyelenggaraan LKIM XX Tahun 2021 mengambil tema “APLIKASI RISET DAN INOVASI ERA INDUSTRI 4.0” yang telah diselenggarakan secara Daring (Online) Via Microsoft Teams pada tanggal 22 Juli 2021.

 

Menurut Ketua Panitia Lomba Karya Ilmiah XX Dr. Ir. Erwin Siahaan, M.Si. bahwa total proposal  yang disampaikan mahasiswa tingkat S1, S2 dan S3 sebanyak 76 usulan perancangan dan penelitian.

[irp]

Dekan Fakultas Teknik Untar, Harto Tanujaya, S.T., M.T., Ph.D., menjelaskan diselenggarakannya Lomba Karya Ilmiah Fakultas Teknik ini dimaksudkan agar mahasiswa terbiasa menulis artikel menggunakan metode ilmiah yang baik dan benar, serta termotivasi untuk menjadi kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ide-idenya.

“berbekal kajian dari berbagai penelitian sebelumnya, diharapkan lomba ini memberi manfaat kedepannya,” pungkasnya.

[irp]

Rektor Untar, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan dalam sambutannya mengatakan, “Lomba merupakan salah satu media publikasi berbagai karya yang dihasilkan mahasiswa dan dosen. Mengingat perguruan tinggi membutuhkan karya mahasiswa dalam bentuk penelitian untuk meningkatkan reputasi. Tradisi lomba menjadi hal yang sangat baik karena hasilnya dapat dinikmati masyarakat,” jelasnya  

Dikatakan pula bahwa lomba karya ilmiah sejalan dengan tujuan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “Kegiatan ini sejalan dengan Program MBKM dimana mahasiswa, sesuai Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi, menghasilkan karya yang dapat di rekognisi untuk kemudian dikonversikan menjadi bagian dari implementasi MBKM.”

[irp]

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang.

Kategori Perancangan:

Juara 1 : Immanuel Beckham

Juara 2 : Calvin

Juara 3 : Ribka Giovanni.

Kategori Penelitian:

Juara 1 :   Arjun Indru Moorjani

Juara 2 : Merupakan kelompok yang terdiri dari Priska Stefani,

Joshua Marcell Iglecia, Putralim.

Juara3 : Aurellia Kharisty Tjusila.

Kategori Pascasarjana: 

Juara 1 : Tri Suyono

Juara 2 : Saiful Anwar Juara 3 Endah Murtiana Sari.

Kategori Favorite:

Juara 1 : Chelsea Taurusia Chandra

Juara 2 : Kelompok oleh Irvine Sebastian, Novan Satyawardhana,

   Moch Risky Dwi Hervyanto

Juara 3 : Willy

Juara 4 : Kelompok oleh Michelle Rusli, Glenda Vania, Joseph Tjandra Azriel

Juara 5 : Ony Frengky Rumihin

Juara 6 : Indra Utama 

[irp]

Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa (LKIM) merupakan ajang rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara. Melalui pelaksanaan LKIM XX Tahun 2021, diharapkan dapat meningkatkan motivasi pengelola, staf pengajar, serta mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara untuk lebih berpartisipasi secara aktif dan bersama-sama dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam karya nyata.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan mengucapkan kepada para pemenang, teruslah berkarya untuk kemajuan pendidikan Indonesia.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 181

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link