Saturday , October 31 2020
Home / Breaking News / Mal Ciputra Jakarta Gelar Edukasi Deteksi Kanker Payudara

Mal Ciputra Jakarta Gelar Edukasi Deteksi Kanker Payudara

DSC_0223Sebagai rangkaian program “Happiness Is Me, Pink Ribbon Campaign”, Mal Ciputra Jakarta mengelar kegiatan Edukasi Deteksi Dini SADARI (Periksa Payudara Sendiri) di SMKN 51 Bambu Apus, Jum’at (10/10/2014). Acara ini merupakan hasil kerja sama Mal Ciputra Jakarta dengan PT Mandom Indonesia Tbk (Pixy) dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta. Kegiatan ini menjadi puncak dari kampanye kanker payudara yang digelar sejak tanggal 21 Maret hingga 26 Oktober 2014.

“Kami sangat bersyukur atas dukungan dari berbagai pihak terhadap penyelenggaraan program ini. Sebagai puncak acara, Mal Ciputra Jakarta bersama Pixy dan YKI DKI Jakarta menyelenggarakan Edukasi SADARI massal bagi lebih dari 3.000 karyawan, pelajar, dan pengunjung perempuan. Kegiatan ini diharap akan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kesehatan payudara, ” ujar Ferry Irianto, General Manager Mal Ciputra Jakarta.

Kegiatan edukasi SADARI ini dibantu tim dokter dan instruktur dari YKI DKI Jakarta, serta diikuti para siswi SMKN 51, SMKN 58, dan SMKN 24 Bambu Apus , Jakarta Timur. Jika ada peserta yang terdeteksi benjolan, YKI DKI Jakarta menyediakan mobil Mamografi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Dokter Purnomo dari YKI DKI Jakarta menjelaskan cara-cara mendeketsi kanker payudara yang mudah dan cepat. Pertama berdiri menghadap cermin lalu angkat kedua tangan ke belakang kepala dan gerakkan kedepan dan belakang. Kemudian tekan sekeliling payudara dengan empat jari searah jarum jam. Metode menekan ada tiga, yaitu memutar, zigzag, dan kedalam-keluar. Jika ada benjolan atau keluar cairan, segera periksa ke dokter. Lakukan deteksi ini setiap bulan, satu minggu setelah menstruasi.

“Penyebab kanker belum diketahui, tapi faktor resikonya bisa karena keturunan, hormon yang berlebih, dan konsumsi makanan berbahan kimia seperti MSG, juga makanan yang mengandung banyak lemak,” imbuh Dokter Purnomo.

Para siswi sangat antusias selama edukasi berlangsung, Kepala Sekolah SMKN 51 juga sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Suatu kebanggaan bagi SMKN 51 dapat turut terlibat dalam kegiatan edukasi kesehatan payudara dan deteksi dini. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi bekal para siswi dalam memelihara kesehatan payudara,” tutur Idawati, Kepala Sekolah SMKN 51.

Sebagai bentuk dukungan dan kepedulian terhadap penderita serta pejuang kanker payudara, Mal Ciputra Jakarta dan Pixy juga melakukan kegiatan “pengumpulan cap bibir dan kata-kata motivasi” pada selembar Pink Note yang dibagikan ke peserta.

“Kanker payudara kini berada di urutan nomer satu penyebab kematian perempuan Indonesia, karenanya Pixy sangat mendukung kegiatan ini,” kata Tiurma Rondang Sari, Direktur PT Mandom Indonesia Tbk.

Check Also

jokowi

Selesai Dalam 5 Tahun , Jokowi Resmikan Jembatan Teluk Kendari Senilai Rp 804 miliar

NASIONAL – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Teluk Kendari sepanjang 1,34 Km yang secara …

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 174

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link