Wednesday , September 30 2020
Home / Breaking News / Garap Gurihnya Bisnis Properti, Ini Deretan Proyeknya Pertamina 

Garap Gurihnya Bisnis Properti, Ini Deretan Proyeknya Pertamina 

Pertamina
Banyak bisnis anak usaha Perusahaan migas pelat merah yakni PT Pertamina (Persero), yang tak berkaitan dengan lini bisnis utamanya yakni usaha hulu dan hilir migas. (poto : jilbabbackpacker.com)

EKONOMI – Menteri BUMN Erick Thohir akhirnya melakukan pembenahan pada beberapa anak dan cucu perusahaan milik negara. Salah satunya yakni PT Pertamina (Persero). Perusahaan migas pelat merah ini jadi sorotan, karena memiliki anak cucu perusahaan yang terbilang gemuk, bahkan jumlahnya mencapai 142 perusahaan.

Banyak bisnis anak usaha Pertamina ini tak berkaitan dengan lini bisnis utamanya yakni usaha hulu dan hilir migas. Bisnis anak usaha Pertamina di luar sektor energi sangat beragam dari mulai rumah sakit, hotel, bandara, maskapai penerbangan, properti, asuransi, hingga minimarket. Usaha di luar sektor migas didasari karena perusahaan perlu memaksimalkan asetnya, terutama tanah.

BACA JUGA :   Hingga Juli, Apernas Bangun 3.000 Unit Rumah MBR

Properti jadi satu dari sekian banyak usaha yang relatif cukup ekspansif yang digarap anak usaha Pertamina, PT Patra Jasa. Perusahaan ini sebenarnya bukan pendatang baru di dunia properti. Patra Jasa telah puluhan tahun mengelola hunian elit (residential) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Berikut deretan apartemen mewah dan properti lainnya garapan Patra Jasa di sejumlah daerah di Indonesia yang dirangkum dari laman resmi Patra Jasa.

Patraland Amarta
Hunian mewah ini berlokasi di Yogyakarta, tepatnya di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Mudal, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Apartemen ini menawarkan kelas hunian yang beragam mulai dari studio, satu kamar, hingga tipe premium yang memiliki dua kamar tidur. Di apartemen ini, Patra Jasa menawarkan konsep harmoni desain modern dengan sentuhan tradisional Jawa dan menawarkan pemandangan Gunung Merapi. Harga unitnya ditawarkan mulai dari Rp 600 juta.

Patraland Urbano
Properti garaoan Patrajasa ini berada di Kota Bekasi, dengan konsep mendekatkan diri dengan transportasi publik atau Transit Oriented Development (TOD). Lokasinya terbilang strategis karena berada di jantung Kota Bekasi dan berada hanya selemparan batu dari Stasiun Bekasi. Apartemen menawarkan 3 unit yakni studio, 1 kamar, dan dua kamar dengan harga yang ditawarkan mulai dari Rp 600 juta.

BACA JUGA :   Sentra Timur Ground Breaking Tower Sapphire

Patraland Soho
Soho Patra Park Cirebon merupakan proyek superblok di Cirebon. Berada di atas lahan seluas 43.000 meter persegi, area ini menyatukan hotel bintang 4, gedung pendukung, fasilitas publik, dan area komersial. Patra Park Cirebon dibangun di lokasi yang sangat strategis di Kota Rebon tersebut, tepatnya berada di Jalan Tuparev Kota Cirebon.

Perumahan Puri Jayasri
Di luar apartemen, Pertamina lewat Patra Jasa juga melakukan penetrasi bisnis properti sebagai pengembang perumahan di Serpong. Sebagai pendatang baru, perusahaan telah menyelesaikan pembangunan Puri Jayasri Housing Complex sebagai proyek pertamanya yang unitnya terjual habis pada 2017. Sementara itu, Patra Jasa juga tengah menggarap proyek properti lainnya seperti Patra Comfort Dumai dan Arkananta Apartemen.

Selain apartemen dan perumahan, Pertamina juga memiliki bisnis hotel yang masih dikelola oleh PT Patra Jasa. Bukan sembarang hotel, jaringan hotel anak perusahaan ini terbilang cukup besar dengan kelas hotel bintang 4 dan 5. Beberapa hotel yang dikelola Pertamina antara lain The Patra Bali Resort & Villas, Patra Semarang Hotel and Convention, Patra Comfort Bandung Hotel, Patra Comfort Jakarta Hotel, Patra Comfort Anyer Beach Resort, dan Patra Comfort Parapat Lake Resort. (Artha Tidar)

Check Also

permata bank

PermataBank Dukung Upaya Pemerintah Putus Rantai Penyebaran COVID-19

INFO PERBANKAN – Dalam upaya mendukung pemerintah Indonesia untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 173

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
cover majalah
close-link