Sunday , August 9 2020
Home / Properti / Peran Property Advisory Sangat Dibutuhkan

Peran Property Advisory Sangat Dibutuhkan

PROPERTI-Dalam mengembangkan sebuah proyek properti, dibutuhkan masukan dari orang-orang atau lembaga yang paham tentang properti. Apalagi, penyegelan maupun pembongkaran bangunan atau gedung bermasalah yang saat ini marak terjadi, secara umum terjadi dikarenakan ketidakpahaman dan minimnya informasi mengenai ketentuan-ketentuan fungsi dan regulasi serta perencanaan pembangunan yang tepat dan sesuai dengan tujuan berinvestasi properti.

Herynan Rimba, Advisor Properti dari PT Pusat Jaringan Properti, mengemukakan, pengembangan suatu properti selayaknya membutuhkan peran penasehat properti, yang kompeten memberikan arahan atau advice terhadap perencanaan dan pengembangan suatu properti, agar sesuai ketentuan-ketentuan fungsi dan regulasi serta perencanaan pembangunan yang tepat.

“Apabila bangunan sudah disegel atau bahkan terlanjur dibongkar, tentu ini akan merugikan pemilik, investor atau bahkan konsumen properti. Kejadian seperti itu cermin bahwa masyarakat luas saat ini belum banyak memahami berinvestasi properti secara tepat, bahkan terjadi saat di mana sektor properti tengah booming,” kata Herynan.

Untuk mencegah itu terjadi, lanjut Herynan, perlu kiranya pengembangan properti sejak awal diarahkan oleh penasehat properti agar pembangunan sesuai ketentuan. Tidak hanya itu, kata Herynan, peran advisor properti dalam pengembangan properti yakni menjembatani ketimpangan informasi, agar menghindari bangunan dikembangkan tidak sesuai fungsi dan peruntukan.

Sementara itu, Eka Saputera, Analis dari PT Pusat Jaringan Properti, menjelaskan penyegelan dan pembongkaran gedung atau bangunan yang terjadi pada dasarnya dikarenakan persyaratan awal pembangunan tidak dipenuhi. Selain itu kata Eka, pengelola pembangunan tidak mengurus sejumlah ketentuan yang disyaratkan pada proses pembangunan.

“Apabila penyegelan atau bahkan pembongkaran sudah terjadi, kerugiannya akan berdampak luas tidak hanya pada pemilik, atau investor tetapi juga penyewa dan pekerja,” kata Eka.

Check Also

intiland surabaya

Dipasarkan Mulai Rp 1,2 Miliar, Intiland Rilis Dandelion di Graha Natura

PROPERTI – PT Intiland Development Tbk (Intiland; DILD) meluncurkan Dandelion, klaster hunian terbaru di kawasan perumahan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 172

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link