Property & Bank

Pererat Hubungan Antar Lembaga, Lemhannas RI Kunjungi IKN

Lemhannas
Peserta PPRA LXVII Lemhannas RI melakukan kunjungan ke Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN)

Propertynbank.com – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) mempererat hubungan antar kelembagaan. Hal ini ditandai dengan kunjungan sejumlah pejabat tinggi dan peserta Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXVII tahun 2024 Lemhannas RI di IKN pada Kamis (13/6/24).

Kunjungan Lemhannas RI yang dipimpin oleh Khasan Effendy ini, disambut oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Hubungan Masyarakat Otorita IKN, Firmananur, di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) IKN.

Dalam sambutannya, Khasan mengucapkan terima kasih dan merasa terhormat atas sambutan baik dari pihak Otorita IKN. Ia juga menyampaikan kunjungan tersebut bertujuan untuk memperat hubungan kelembagaan dengan pihak Otorita IKN, serta meningkatkan kerja sama strategis guna menghasilkan solusi bersama untuk tantangan ketahanan wilayah yang akan dihadapi ke depan. Ini diharapkan menjadi awal hubungan baik kedua belah pihak.

Baca Juga : Bangun Gedung di IKN, Presiden Jokowi Apresiasi Bank BTN 

Dalam agenda tersebut, Kepala Biro SDM dan Humas Otorita IKN, Firmananur juga menyampaikan progres pembangunan di IKN. Kunjungan tersebut diakhiri dengan peninjauan Command Center IKN. “Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan membawa manfaat besar bagi kedua belah pihak dalam upaya memperkuat ketahanan nasional,” tutup Firmananur.

Persiapan HUT RI ke 79

Sebelumnya, Plt. Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Raja Juli Antoni, mengadakan kunjungan kerja ke Kantor Otorita IKN di Balikpapan untuk pertama kalinya. Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau secara langsung fasilitas dan ruangan kerja serta bertemu dengan staf yang bertugas di kantor tersebut pada Kamis (13/06/2024).

Selama kunjungannya, Plt. Wakil Kepala berkesempatan untuk berinteraksi dengan staf dan memberikan arahan terkait peningkatan kinerja dan efisiensi operasional. “Saya sangat menghargai dedikasi dan kerja keras tim di Kantor Otorita IKN Balikpapan untuk menunjang semangat visi besar Pak Basuki Hadimuljono dan saya,” ujar Raja Juli Antoni.

Pada Rabu (12/06/2024), Raja Juli Antoni juga melakukan kunjungan ke beberapa lokasi pembangunan strategis di Nusantara. Lokasi-lokasi yang dikunjungi antara lain Masjid Negara, Tol Segmen 6A dan 6B, serta Pemukiman Pengendali Banjir Sungai Sepaku. Dalam kunjungannya, Plt. Wakil Kepala menekankan pentingnya percepatan pembangunan infrastruktur dan penyelesaian pembebasan lahan untuk memastikan semua lokasi berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Baca Juga : Jelang HUT Kemerdekaan RI, Begini Persiapan di OIKN

Selain itu, Raja Juli Antoni melakukan koordinasi dengan perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di tiap lokasi pembangunan untuk mempercepat proses pembangunan dan pembebasan lahan di Nusantara. “Kolaborasi dengan Kementerian PUPR dan Kementerian ATR/BPN sangat krusial. Kita harus memastikan bahwa semua lokasi infrastruktur strategis berjalan lancar dan tepat waktu untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan Nusantara dan di saat yang sama masyarakat menerima kompensasi yang memuaskan,” kata Raja Juli Antoni.

Kunjungan Raja Juli Antoni ke Nusantara juga sebagai bentuk percepatan persiapan fasilitas untuk menyelenggarakan Upacara 17 Agustus Kemerdekaan Republik Indonesia di Nusantara. Upacara tahun ini rencananya akan dilaksanakan di dua tempat, yaitu Jakarta dan Nusantara, sebagai simbol transisi di mana kita siap menyambut Nusantara sebagai ibu kota baru, tanpa melupakan jasa Jakarta sebagai ibu kota negara yang lama.

“Kami dari Otorita IKN 100 persen mendukung dan menyiapkan penyelenggaran Upacara 17 Agustus Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Nusantara. Nantinya upacara ini akan menjadi upacara transisi, dimana penyelenggaran upacara digelar di Nusantara dan Jakarta. Ini sebagai bentuk transisi bahwa kita siap menyambut ibu kota negara yang baru yaitu Nusantara, tetapi tidak melupakan peran dan jasa Kota Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia sebelumnya,” ucap Raja Juli Antoni.

Kunjungan ini merupakan bagian dari komitmen Otorita IKN untuk terus memantau dan mengevaluasi perkembangan pembangunan di Nusantara, serta memastikan bahwa semua lokasi yang sedang berjalan dapat selesai dengan baik dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *