PostgreSQL Conference 2021, Ajang Bertemunya Ahli Open Source Kelas Dunia

0

 

 

PostgreSQL
Dok Foto

Propertynbank : PostgreSQL yang merupakan gabungan komunitas para expert PostgreSQL di seluruh dunia, secara rutin mengadakan konferensi yang dikenal dengan nama PostgreSQL Conference. Tahun ini, bertindak sebagai tuan rumah pada konferensi virtual ini adalah PostgresConf.CN dan PGConf.Asia.

Seiring berjalan waktu, era digital telah merubah gaya hidup masyarakat. Perkembangan yang begitu cepat menuntut update informasi secara rutin.  Sehinga mau tidak mau masyarakat harus memperolehnya dari ahli di bidangnya.

Disisi lain, Potensi ekonomi digital juga semakin tinggi. Hal ini sebagai dampak dari perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin paham teknologi. Data menjadi “new oil” yang sangat penting di era digital. Imbasnya, lalu lintas data yang terjadi harus terus mendapat perhatian dan dukungan terbaik agar bisa sesuai harapan. Pusat pengembangan data atau data center harus dibekali dengan sistem pengembangan data terbaik, berkualitas dan menyeluruh.

“Sesuai dengan konsep “global expert, online connection”, kami mengundang ahli, akademisi, pengembang dan seluruh pihak terkait untuk hadir pada acara virtual “PostgresConf.CN & PGConf.Asia 2021” yang dilaksanakan dari tanggal 14 – 17 Desember 2021. Banyak insight dan pengetahuan yang bisa didapat dalam konferensi tersebut,” jelas Julyanto Sutandang, CEO PT. Equnix Business Solutions.

PGConference 2021 ini akan menghadirkan para ahli PostgreSQL dari manca negara seperti Bruce Momjian, PostgreSQL Global Core Team, VP of EnterpriseDB USA; Joshua D.Drake, Chairman of PostgresConf.ORG, U.S.A. CEO of Command Prompt Inc; Peter Zaitsev, CEO of Percona; dan Tatsuo Ishii, Steering Committee countries. Co-Founder of JPUG. Author of pgpool. Branch Manager of SRA OSS, Inc. Japan. Untuk mendapatkan informasi terkait topik serta jadwal pembicara, dapat mengakses https://2021m-postgresconf.cn/en

PostgreSQL merupakan RDBMS open source tercanggih di dunia, dikembangkan lebih dari 30 tahun oleh komunitas global yang terdiri dari ribuan pengguna, kontributor, perusahaan, dan organisasi. Beberapa waktu lalu mereka meluncurkan produk paling inovatif, PostgreSQL 14.

PostgreSQL Inovasi Sistem Manajemen

Sebuah inovasi sistem manajemen database open source yang lebih memudahkan dan mempercepat proses pengelolaan data, dari perolehan, pengolahan dan analisis, diseminasi, hingga keamanaannya. Aneka fitur modernnya akan memudahkan developer dan administrator mengelola aplikasi dan data.

Untuk informasi, PT Equnix Business Solutions (Equnix) merupakan perusahaan lokal penyedia jasa solusi teknologi informasi (TI) berbasis software Open Source, terutama PostgreSQL dan Linux. Equnix mampu mendeliver design solusi bisnis yang bersifat tailor made atau customized sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Beroperasi sejak 2007, Equnix berpegang teguh pada visi dan misinya.

Julyanto menjelaskan, Visi Equnix menjadi pemain utama jasa solusi TI untuk kelas bisnis enterprise di tanah air dan memperkuat otonomi Indonesia atas solusi TI yang bebas dari vendor lock-in, baik dalam hal software maupun hardware. Adapun misi Equnix, yakni menyediakan solusi TI yang canggih, solid, dan sehat, berbasis teknologi Open Source yang telah terbukti.

Selain itu tambahnya, Equnix juga menyediakan pengembangan dan kustomisasi solusi TI kelas dunia.  Gabungan huruf e dan x di awal dan akhir kata Equnix mencerminkan filosofi perusahaan ini, yakni expertise, experience, dan exposure. Tiga hal ini merupakan pilar utama penyedia solusi TI berbasis Open Source. Hingga saat ini, Equnix telah memiliki lebih dari 50 klien perusahaan skala menengah besar dan berhasil menyelamatkan devisa negara lebih dari Rp 300 miliar.

Sementara, PostgreSQL merupakan sistem database Open Source yang sudah dikembangkan secara aktif selama lebih dari 30 tahun dengan arsitektur yang telah terbukti dan memiliki reputasi kuat untuk keandalan dan integritas data.

PostgreSQL adalah salah satu jenis perangkat lunak database yang paling banyak digunakan. Penggunanya juga bermacam-macam mulai dari orang biasa sampai perusahaan raksasa. Untuk peformanya sudah tidak perlu diragukan karena sistem database yang dimiliki PostgreSQL sangat kuat dalam urusan relasi dan open source.

PostgreSQL berjalan pada seluruh sistem operasi besar termasuk Linux, UNIX (AIX, BSD, HP-UX, SGI IRIX, macOS, Solaris, Tru64), dan Windows. “PostgreSQL besifat Open Source sehingga bebas digunakan, dimodifikasi, dan didistribusikan oleh siapapun serta dalam bentuk apapun, baik tertutup maupun terbuka,” tutupnya.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.