Friday , January 22 2021
Home / Indeks Berita / Tutup Tahun, Untar Raih Lima Bintang QS Stars untuk Online Learning Untar

Tutup Tahun, Untar Raih Lima Bintang QS Stars untuk Online Learning Untar

Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan

UMUM – Pandemi Covid-19 berdampak pada jalannya proses perkuliahan di Perguruan Tinggi, Untar salah satunya. Kondisi tersebut membuat perkuliahan yang tadinya tatap muka langsung (luring) harus berubah dengan cepat menjadi perkuliahan daring atau online.

Penyesuaian tersebut hanya bisa berjalan efektif jika ada teknologi digital yang inovatif serta kesiapan sistem perkuliahan dari Perguruan Tinggi. Atas dasar itulah Untar menerapkan perkuliahan daring selama masa pandemi berlangsung.

BACA JUGA :   Beradaptasi Dengan Kenormalan Baru, Begini Strategi Sari Pacific Jakarta

Kebijakan perkuliahan daring ini mulai diterapkan Untar sejak dikeluarkannya Surat Edaran Rektor Untar No. 744-R/2314/UNTAR/III/2020 yang berisi kebijakan pembelajaran dan ujian secara online untuk mahasiswa yang mulai diterapkan Senin (16/3). Pembelajaran dan ujian secara online selain merupakan bentuk dukungan atas kebijakan pemerintah juga untuk pencegahan semakin meluasnya penyebaran Covid-19.

Untar di penghujung tahun 2020 menggenapkan serangkaian prestasi yang diperolehnya dengan meraih Lima Bintang QS Stars untuk kategori online learning dari Lembaga Internasional pemeringkatan Universitas di seluruh dunia, QS Star. Penilaian menitikberatkan pada tiga komponen utama, yaitu: Student-Faculty Engagement, Student Interaction, dan Student Services and Technology.

BACA JUGA :   BNI Life Raih Inovasi Digital Terbaik Teropong Public Relatiion Award 2020

“Untar juga terus melakukan inovasi dalam berbagai bidang, khususnya dalam pelaksanaan merdeka belajar dan kampus merdeka, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang makin bereputasi sesuai dengan kebutuhan industri dan dunia professional. Hal ini juga selaras dengan berbagai borang isian dalam memperoleh QS Rating 5 bintang online e-learning. Semoga pencapaian ini dapat lebih meningkatkan reputasi Untar sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan mampu mewujudkan reputasi tingkat internasional yang telah dicanangkan Untar sejak tahun 2019, “ jelas Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan.

Hal ini menunjukkan kesiapan Untar tidak hanya dari sistem teknis tapi juga kesiapan dosen dan tenaga pendidik dalam menghadapi perubahan signifikan yang terjadi, khususnya dalam hal perkuliahan. Inovasi teknis sistem perkuliahan Untar didukung oleh layanan teknologi digital Microsoft Teams, Office 365, dan Lintar. Kesiapan Untar memfasilitasi mahasiswa untuk menempuh perkuliahan online juga diperkuat dengan komitmen seluruh sivitas akademika Untar.

“Koordinasi, komunikasi, dan teknis kerja dilaksanakan dengan menggunakan sistem aplikasi online yang disediakan oleh Universitas Tarumanagara dan/atau aplikasi lain yang disepakati,” ungkap Rektor.

BACA JUGA :   Hasil RUPSLB, Suprajarto Gantikan Maryono Duduki Posisi Dirut Bank BTN

Capaian ini merupakan salah satu capaian internasionalisasi yang diraih Untar. Sebelumnya, Untar masuk ke dalam QS World University Rankings dengan mendapatkan peringkat Top 30 Universitas Terbaik di Indonesia, dan Top 11 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia pada QS Asian University Rankings 2021.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua Pimpinan, Dosen dan Mahasiswa serta semua tenaga kependidikan yang telah berkolaborasi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga Untar berhasil mendapatkan 5 bintang dari QS untuk online e-learning. Pencapaian ini merupakan salah satu bukti bahwa kegiatan akademik dan non-akademik di Untar telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku dan merujuk pada standar internasional. Kami terus berusaha memberikan layanan terbaik kepada semua dosen, mahasiswa, alumni dan pemangku kepentingan lainnya. QS 5 bintang untuk online e-learning ini menjadi pemicu bagi Untar untuk terus meningkatkan kualitas layanan di semua bidang,” kata Rektor.

BACA JUGA :   Taman Anggrek Kebun Raya Bogor Ditata Jadi Pusat Konservasi Terintegrasi

Menginjak usia ke-61 Untar senantiasa berusaha menjadi lebih baik tidak hanya bagi institusi semata tapi turut mendukung mencerdaskan kehidupan bangsa melalui slogan “Untar untuk Indonesia.”

Terus berinovasi selama pandemi, Untar juga meraih sederet prestasi yang telah berhasil dicapai, seperti; Peringkat ke-31 PT Terbaik Nasional, Peringkat ke-7 PTS Terbaik Indonesia, Peringkat ke-3 PTS Terbaik di lingkungan LLDIKTI Wilayah 3, Peringkat Pertama PTS dengan Kehumasan Terbaik dan Terproduktif di LLDIKTI Wilayah 3, Peringkat 2 PTS Skor Kinerja Penelitian Tertinggi oleh LLDIKTI Wilayah 3, serta meraih Rekor Muri untuk Penyelenggaraan Pertukaran Mahasiswa Nasional secara Daring dengan PT Terbanyak, Rekor Muri untuk Penyelenggara Lomba Pesta Paduan Suara Gerejawi Nasional Pertama secara Virtual, serta Penyelenggara Pertukaran Mahasiswa Internasional secara daring lintas benua.

Check Also

Pemerintah Perbaiki Rumah dan Bangunan Terdampak Gempa di Sulbar

UMUM – Presiden Joko Widodo menyatakan, untuk gedung-gedung pemerintahan yang rusak dan roboh akan dibangun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 175

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link