Untar Gandeng Media Bangun Reputasi

0
(ki-ka) Kepala Humas Untar Paula T Anggarina, Kepala LLDIKTI III Agus Setyo Budi dan Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU, ASEAN Eng

UMUM – Perguruan tinggi sangat membutuhkan media guna mempublikasikan karya-karya ilmiah yang dihasilkan oleh seluruh civitas akademika. Sehingga, tujuan dari karya-karya ilmiah yang tentunya sangat berguna bagi kemaslahatan masyarakat dapat terwujud.

Oleh karena itu, Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU, ASEAN Eng., memberikan aprsesiasi kepada media yang telah bekerja sama dan mendukung seluruh kegiatan Untar selama ini. Kehadiran media dengan mempublikasi kegiatan dan program yang dijalankan, sangat membantu dalam membangun reputasi Untar.

“Potensi yang kami miliki, tentu tidak akan muncul ke publik tanpa ada pertanyaan dari media lalu kemudian dipublikasikan. Dengan adanya pancingan pertanyaan dari media, bisa membuat kami menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Agustinus pada acara Media Gathering dengan tema Humas Bersinergi, PTS Bereputasi, Sabtu (11/12).

Rektor Untar mencontohkan berita yang saat ini sedang viral, yakni mengenai sumur resapan di DKI Jakarta yang banyak dikritik oleh berbagai kalangan. Salah satunya adalah Pakar Geoteknik Untar Chaidir Makarim mengkritik keras pembangunan sumur resapan tersebut. Informas ini tentu saja memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

Menurut Rektor, masih banyak lagi potensi-potensi yang lain yang bisa digali dengan memanfaatkan kerjasama dan kolaborasi dengan media. Sehingga, masyarakat maupun pemerintah bisa lebih mengeksplorasi seluruh program dan kegiatan yang dilakukan oleh perguruan tinggi, khususnya kampus Untar.

“Kami di Untar sangat terbuka untuk terus berkolaborasi sehingga potensi-potensi yang dimiliki oleh Untar dapat dimanfaatkan oleh pembangunan nasional. Saat ini yang sangat aktif melakukan kolaborasi seperti Fakultas Psikologi yang rutin tayang di stasiun televisi, lalu Fakultas Kedoteran yang begitu kuat dengan Laboratoriumnya, seperti melayani vaksinasi, test PCR dan lainnya,” tegas Agustinus.

Begitu juga dengan Fakultas dan Prodi lainnya yang memang harus ditampilkan ke hadapan publik sehingga masyarakat tahu bahwa bangsa Indonesia juga memiliki kualitas yang tinggi dalam berbagai bidang. Maka, sambung Rektor, inilah fungsi dari media yang bisa mengangkat dan memberitakannya dengan cepat dan akurat.

Pada kesempatan tersebut, Rektor juga menyampaikan terimakasih kepada LLDIKTI III yang terus mendukung kegiatan Untar, khususnya program kerja Humas. Karena, kata dia, pihak perguruan tinggi membutuhkan arahan dari pemerintah agar semua aktifitas yang dilakukan di dalam kampus sesuai dengan harapan dan berjalan di jalur yang benar.

Sementara itu, terkait dengan kegiatan Humas di dalam perguruan tinggi Kepala LLDIKTI III Agus Setyo Budi memberikan sejumlah strategi yang harus dilakukan guna mencapai indikator kinerja yang bagus. Diantaranya adalah pemanfaatan kanal media konvensional, media komunitas dan media baru seperti TV, Radio, media sosial, laman dan Podcast.

Selain itu, kata Agus Setyo, Humas di perguruan tinggi memang harus menjalin hubungan dengan media seperti menyiapkan Press Release maupun menyelenggarakan Press Conference. Humas juga bisa membentuk jaringan komunikasi dengan sesama pergurun tingg, alumni dan komunitas lainnya.

“Sinergi dan kolaborasi dengan sesama perguruan tinggi, mitra dan industri harus dilakukan guna meningkatkan kinerja Humas. Disamping itu, juga harus rajin membuat kampanye digital, melibatkan dosen dan mahasiswa menjadi influecers kampus, promosi perguruan tinggi melalui acara pameran,” tutur Agus Setyo.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.