Untar Gelar Dua Agenda Penting di Awal November, Apa Saja?

Acara ini rangkaian dari Dies Natalis ke-62 Untar

0
PMN 2021 sebagai bentuk implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

UMUMUniversitas Tarumanagara (Untar) menggelar dua program sekaligus di awal November 2021, yaitu Untar untuk UMKM (8 & 11 November) dan Pertukaran Mahasiswa Nasional (PMN) (8 November – 2 Desember).

Program kegiatan Untar untuk UMKM merupakan bentuk kepedulian Untar terhadap para pelaku UMKM khususnya di masa pandemic yang berawal dari ajang promosi gratis bagi sivitas akademika dan alumni pemilik bisnis melalui platform media sosial Untar sebagai media promosi.

Program kegiatan Untar untuk UMKM berlanjut dengan memberi pembekalan secara mendalam bagi para mahasiswa dan masyarakat umum pemilik UMKM, dari berbagai penjuru di Indonesia. Dengan mendatangkan para praktisi expert sesuaibidangnya, diharapkan semakin memantapkan para pemula menjalankan bisnisnya.

Sementara itu, bersamaan dengan acara Untar untuk UMKM, digelar PMN 2021 yang berlangsung kurang lebih 3 minggu diikuti oleh 600 peserta dari 25 perguruan tinggi di Indonesia. Sebagai bentuk implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), para mahasiswa diberikan kesempatan mendengarkan para praktisi mengajar di kampus, memberikan pembekalan terkait bisnis dengan mengasahnya secara berkelompok yang dituangkan dalam bentuk pembuatan paper ilmiah atau pitching ide bisnis.

Dalam menerapkan program MBKM, Untar akan selalu memberikan yang terbaik bagi mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, ketrampilan, dan pengalaman, salah satunya melalui penyelenggaraan kegiatan yang mengasah kemampuan menjadi entrepreneur handal.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU, ASEAN Eng., mengatakan bahwa kini Untar yang merupakan salah satu universitas swasta tertua berusia 62 tahun, acara ini merupakan rangkaian dari Dies Natalis ke-62. Bagi Untar, kata dia, kebangkitan ekonomi dan UMKM sangatlah penting karena UMKM penggerak ekonomi Indonesia.

Untar siap membantu dalam mengedepankan dengan segala potensi yang dimiliki untuk sungguh-sungguh mengembangkan UMKM bersama pemerintah. Untar  mendukung kolaborasi dengan berbagai pihak untuk melahirkan banyak entrepreneur muda yang nantinya akan menciptakan lapangan kerja di Indonesia,” ujar Rektor.

Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Dr. Ir. Heru Dewanto, S.T., M.Sc.(Eng), IPU, ASEAN Eng., mengatakan menurut data di tahun 2019 bahwa 99,9 persen unit usaha adalah UMKM yang dapat menyerap banyak sekali tenaga kerja di Indonesia. Hal ini penting bagi pembangunan nasional.

“Oleh karenanya UMKM tidak boleh selalu berada di level yang sama, melainkan harus terus bertumbuh dan semakin besar, sehingga UMKM dapat membangun dan mempertahankan keunggulan kompetitif terhadap para pesaing bisnis melalui inovasi, dan kolaborasi. Kewirausahaan sangatlah membutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk terus berkembang,” papar Heru.

Kedua acara yang mengangkat tema “Level Up Your Business” memiliki tujuan agar meningkatkan potensi UMKM di Indonesia melalui pembekalan beserta praktik langsung. Tidak tanggung-tanggung, Untar menggandeng Global Entrepreneurship Network Indonesia dengan menghadirkan 6 pembicara sekaligus yaitu Founder and CEO of Impactner School and Head of Startup Hurdle Jakarta Edy Wihardja, CEO of Kumpul dan President of Indonesian Coworking Association Faye Wongso, Head of Indonesia Digital

Marketing Association dan Founder of DIMIA.id, dePlaza.id, dan Techfor.id Dian Martin, President dan BOD Pop Legal Indonesia dan Head of Legal Department Indonesia Cloud Computing Association Dimas Prasojo, Direktur Akses Pembiayaan Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Hanifah Makarim, dan Managing Director di GlobalEntrepreneurship Network Indonesia dan Technical Advisor FIABCI-Indonesia serta The International Real Estate Federation Ivan Sandjaja.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 182

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link