Wednesday , September 30 2020
Home / Indeks Berita / 336 Rumah Terdampak Bencana di Kuningan Peroleh Program BSPS

336 Rumah Terdampak Bencana di Kuningan Peroleh Program BSPS

rumah sederhana
Bantuan bedah rumah di Kuningan

BERITA PROPERTI – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya membantu masyarakat yang terdampak bencana alam melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Salah satu lokasi pembangunan rumah terdampak bencana alam melalui program BSPS atau bedah rumah yang dilaksanakan adalah di Kabupaten Kuningan sebanyak 336 unit.

“Kementerian PUPR tetap berkomitmen untuk memberikan bantuan pembangunan rumah bagi masyarakat terdampak bencana alam seperti yang terjadi di Kabupaten Kuningan. Ini wujud negara hadir untuk menyediakan rumah yang layak huni bagi masyarakat,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Dadang Rukmana saat melakukan kunjungan kerja ke lokasi pembangunan rumah yang menerima BSPS Pembangunan Baru Berbasis Komunitas Masyarakat Terdampak Bencana di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Kamis (5/12) kemarin.

BACA JUGA :   Kartika Residence Hunian Dengan Kemudahan Akses dan Fasilitas

Menurut Dadang, penyediaan papan yang layak huni merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi dengan baik. Untuk itu, adanya kerusakan rumah masyarakat akibat terdampak bencana alam seperti tanah longsor dan pergeseran tanah di Kabupaten Kuningan harus segera ditangani dengan baik.

Pogram BSPS, imbuh Dadang, kini merupakan salah satu program yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Meskipun dana BSPS yang disalurkan tidak terlalu banyak, tapi dampak yang dirasakan langsung oleh masyarakat sangatlah besar. “Kami memberikan dana BSPS untuk pembangunan rumah baru senilai Rp 35 juta per unit rumah. Bantuan itu untuk stimulan agar masyarakat juga bisa membangun rumahnya dengan keswadayaan yang dimilikinya,” katanya.

Di Kabupaten Kuningan, kata Dadang, program BSPS disalurkan untuk pembangunan baru berbasis komunitas yang terdampak bencana alam tanah longsor yang terjadi sekitar bulan April lalu. Jumlah alokasinya sebanyak 336 unit rumah yang tersebar di enam kecamatan.

BACA JUGA :   Adaptasi Kebiasaan Baru Diyakini Dukung Sektor Perumahan Bangkit

Lokasi pembangunannya berada di Desa Cipakem Kecamatan Maleber (163 unit), Desa Cimara Kecamatan Cibereum (69 unit), Desa Kutawaringin Kecamatan Selajambe (30 unit), Desa Pinara Kecamaran Ciniru (30 unit), Desa Margabakti Kecamatan Kadugede (13 unit), Desa Jabranti Kecamatan Karangkancana (31 unit).

Lebih lanjut, Dadang berharap bantuan perumahan ini bisa membantu masyarakat agar bisa tinggal di rumah yang layak huni. Apalagi rumah mereka kebanyakan rusak berat akibat tanah longsor. “Bangunan rumah masyarakat yang direlokasi berkat BSPS sangat baik dan Pemkab Kuningan serta masyarakat di Desa Cimara juga sangat pro aktif. Kami harap kegiatan seperti ini bisa direplikasi di daerah lain,” tandasnya.

Bupati Kuningan Acep Purnama menyatakan, dari hasil pendataan yang dilakukan Pemkab Kuningan, ada sekitar 1.000 unit rumah yang mengalami kerusakan akibat bencana tanah longsor. Hal itu menyebabkan masyarakat harus mengungsi sementara ke lokasi yang aman.

BACA JUGA :   REI Rangkul Kejagung Kawal Proses Perizinan Pembangunan Rumah MBR

“Adanya bantuan BSPS dari Kementerian PUPR ini sangat membantu masyarakat kami untuk membangun kembali rumahnya di lokasi yang telah kami sediakan. BSPS juga mendorong masyarakat untuk bergotong royong dalam membangun rumahnya,” terangnya.

Acep menjelaskan, berdasarkan data yang ada di daerah Kuningan masih ada sekitar 303 rumah yang rusak berat dan masih membutuhkan bantuan perumahan dari pemerintah. Untuk itu, pihak Pemkab Kuningan juga telah menyiapkan lokasi di sejumlah wilayah untuk lokasi pembangunan rumah. “Kami harap Kementerian PUPR bisa menambah kembali jumlah bantuan BSPS untuk 303 rumah yang masih rusak berat,” katanya.

Check Also

permata bank

PermataBank Dukung Upaya Pemerintah Putus Rantai Penyebaran COVID-19

INFO PERBANKAN – Dalam upaya mendukung pemerintah Indonesia untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 173

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
cover majalah
close-link